Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Pengalaman
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1.
IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.
IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar
tetap sehat
3.
PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4.
Matematika : Menggunakan pengukuran
waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan :
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara : Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa,
pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca : Memahami teks
pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi,
dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari.
Kompetensi Dasar :
1. IPS
:
·
Menceritakan pengalaman
·
Menceritakan kasih sayang antar
anggota keluarga.
2. IPA :
·
Mengenal cara menjaga lingkungan
agar tetap sehat
3. PKN :
·
Memberikan contoh
hidup rukun melalui kegiatan di rumah
maupun di sekolah.
4. Matematika :
·
Menentukan waktu (
pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)
5. Bahasa Indonesia
:
·
Membedakan bunyi bahasa
·
Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang sesuai.
·
Membaca nyaring suku kata dan kata
dengan lafal yang tepat.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Menidentifikasi fungsi tubuh
dalam melaksanakan gerak di tempat.
·
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
I. Tujuan
Pembelajaran** :
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan..
·
Siswa dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua.
·
Siswa dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
·
Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan
sekolah..
·
Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
·
Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukundan tidak rukun..
·
Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
·
Siswa dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang
dan malam hari.
·
Siswa dapat mengurutkan nama –nama hari, bulan dan membaca jam pas.
·
Siswa dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.
·
Siswa dapat mendeklamasikan puisi.
·
Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami..
·
Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal
yang benar.
·
Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan
bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·
Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah
tempat
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa masa kecil
·
Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah..
·
Hidup rukun dalam perbedaan.
·
Satuan pengukuran.
·
Pengucapan bunyi
·
Puisi anak
·
Membaca nyaring.
·
Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·
Unsur-unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi
iringan tari..
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat
peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati dua gambar rumah yang bersih dan
kotor.
F Menyatakan pendapatnya tentang gambar yang ditampilkan.
F Menjelaskan kegiatan yang dilakukan orang
tua pada pagi hari.
F Menjelaskan sikap yang dapat menjaga
kerukunan dalam keluarga.
F Menjelaskan sikap yang tidak terpuji yang dapat
menghancurkan kerukunan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membedakan dan memilih gambar mana yang
disukai.
F Melalui cerita yang disampaikan guru siswa
termotivasi untuk menjelaskan cara membersihkan rumah.
F Menyebutkan keuntungan dari membersihkan
lingkungan rumah.
F Melalui model/ gambar yang menceritakan
hidup rukun, siswa menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
F Melalui cerita guru, siswa termotivasi
untuk menyebutkan contoh kegiatan yang dilakukan anak-anak pada pagi hari.
F Mengisi tabel kegiatan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui alat, siswa mendengarkan suara
binatang.
F Melalui motivasi guru, siswa mengingat
kembali peristiwa yang menyenangkan.
F Menceritakan peristiwa yang menyenangkan
yang diabadikan melalui foto.
F Menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada
siang hari oleh anak-anak.
F Menjelaskan kegiatan yang dilakukanorang tua pada
siang hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama binatang yang ditiru suaranya.
F Memperagakan gerakan binatang yang ditiru
suaranya.
F Memberikan pendapat pada cerita yang
disampaikan.
F Membuat tabel kegiatan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh
kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui tiruan suara binatang,
siswa menjelaskan ciri-ciri dari binatang yang ditiru suaranya.
F Memperagakan gerakan binatang
yang ditiru suaranya.
F Menyususuntabel kegiatan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mealui motivasi guru siswa dapat
mendeklamasikan lagu anak.
F Mendeklamasikan lagu anak tanpa melihat
catatan.
F Mendeklamasikan lagu anak secara klasikal.
F Melalui pengalaman dan penjelasan guru,
siswa menyebutkan nam –nama hari secara berurut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan
pada tiap-tiap hari.
F Menjelaskan kegiatan sekoalh pada hari-hari
tertentu.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeklamasikan lagu anak dengan suara nyaring secara
individual.
F Mengungkapkan perasaan ketika mendeklamasikan lagu
tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat daftar kegiatan siswa setiap hari.
F Menyusun rencana kegiatan pada hari-hari
tertentu.
F Mengerjakan soal latihan.
F Mmeberikan pendapat ketika temannya
berdeklamasi.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menceritakan isi puisi / deklamasi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan gerakan melompat, pada
gerakan tari yang diiring tepukan.
F Memperagakan gerakan melenggang pada
gerakan tari yang diiringi tepukan.
F Memperagakan gerakan melangkahkan kaki
pada gerakan tari yang diiringi tepukan
F Melakukan tanya jawab tentang deklamsi
tersebut.
F Membuat kesimpulan tentang isi puisi/ lgu
yang dideklamasikan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kerugian bila kita tidak rukun dengan
anggota keluarga atau teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui contoh peragaan membersihkan
kelas, siswa termotivasi untuk menjelaskan manfaat dari membersihkan sekolah.
F Memperagakan cara membersihkan kelas.
F Menyebutkan bagian kelas yang dapat
dibersihkan.
F Setelah mendengarkan cerita dalam gambar,
siswa membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
F Mendiskusikan sikap yang baik agar tetap
terjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
F Melalui pengalaman dan penjelasan guru,
siswa menyebutkan nama bulan dalam setahun.
F Menuliskan nama bulan kelahiran anggota keluarganya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui cerita guru, siswa termotivasi
untuk mennyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di sekolah.
F Mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika
temannya bercerita.
F
Melalui
pengalaman, siswa dapat menjelaskan tentang kasih sayang orang tua tidak ada
yang menggantikannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bukti kasih sayang orang tua
terhadap anaknya.
F Menyebutkan sikap yang terpuji seorang
anak kepada orang tuanya.
F Mengucapkan doa yang khusus untuk orang
tua.
F Menyusun kegiatan, peristiwa pada tiap
bulannya.
F Menuliskan nama bulan kelahiran temannya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati kartu huruf yang sudah
dipelajari dan dirangkai menjadi kata.
F Membacanya dengan suara nyaring.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun huruf tambahan y,g,j dengan huruf
yang sudah dipelajari.
F Membuat kata yang baru, yang disusun dari
huruf lama dan huruf baru.
F Membaca susunan kata yang digabung menjadi
kalimat sederhana.
F Menyebutkan nama bulan dalam setahun
secara berurut dari bulan ke satu sampai bulan ke dua belas tanpa ada yang
terlewat.
F Menyebutkan jumlah hari pada tiap
bulannya.
F Menyebutkan nama bulan yang jumlahnya 30 hari.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
empat 2 x 35 menit. ( Bahasa
Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dengan suara nyaring gabungan
kata-kata yang ditulis di papan tulis.
F Menjelaskan kegunaan jam sebagai penunjuk waktu.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat kalimat baru dari huruf-huruf yang
sudah dipelajari.
F Melalui pengalaman dan penjelasan dari
guru, siswa mengenal jam analog.
F Menyebutkan macam-macam jam yang dikela siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat yang didiktekan guru dengan suara yang
nyaring dan lafal yang benar.
F Membaca kaliamt yang didiktekan secara
klasikal dan individual.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengamati jam analog yang mempunyai jarum
detik, menit dan jam.
F Mengamati angka yang tertera pada jam.
F Mengamati perputaran jarum jam pada tiap deti,
menit dan jam.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menebalkan kata dan kalimat sederhana dengan
menggunakan huruf lepas dan sambung.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan gerakan-gerakan tiruan kupu kupu sambil diiringi lagu.
F Memperagakan grakan –gerakan tiruan burung
sedang terbang sambil diiringi lagu.
F Menjiplak dan menebalkan bentuk gambar dan
huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, l ,g, j, dan y
F Menjiplak dan menebalkan suku katadan kata
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca tanda waktu yang ditunjukkan
denganjarum jam analog.
F Membaca jarum jam secara individual
dan klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Setelah menyampaikan berbagai penjelasan,
siswa menyebutkan alat-alat yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah dan
sekolah.
F Membubuhkan jarum jam pada gambar jam.
F Menyampaikan contoh dari akibat tidak menjaga
kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan bahwa sesama anggota keluarga harus
menjaga kasih sayang dan saling menghormati.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kembali kata, kalimat
sederhana dari papan tulis atau
buku dengan tulisan lepas yang rapi dan
terbaca.
F Menuliskan kembali kata, kalimat
sederhana dari papan tulis atau
buku dengan tulisan sambung yang rapi
dan bentuk huruf yang benar.
F Menceritakan tentang kasih sayang antara
anggota keluarga .
F Menyebutkan bukti-bukti kasih sayang
mereka kepada kita.
F Menggambar jam sesuai denga kegiatan yang
ditunjukkan oleh gambar.
F Melengkapi gambar jam dengan membubuhkan jarum
pendek
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menggambar jam dengan peletakan jarum dan
penulisan angka dengan tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kembali kalimat sederhana yang
ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas.
F Menuliskan kembali kalimat sederhana yang
ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf sambung.
F Menggambar jam sesuai dengan kegiatan yang
ditukis oleh guru.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
empat 2 x 35 menit. ( Bahasa
Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang menceritakan
kegiatan sehari-hari di rumah .
F Membaca jam dengan menggunakan model jam analog.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
berdasarkan gambar yang diamati.
F Menggambar jam dengan meletakkan jarum pendek dan jarum
panjang dengan tepat.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan
sehari-hari di pasar .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menggambar jam dengantepa dalam peletakan
jarum pendek dan jarum panjang.
F Membuat jam mainan yang dapat digunakan
untuk model.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar
yang diamati.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan
sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan gerakan tiruan bunga yang
bergoyang sambil diiring musik
F Mmperagakan gerakan tiruan pohon bergoyang
sambil diiringi musik.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
berdasarkan gambar yang diamati.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit
Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD
, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan.
Alat Peraga :
F Gambar makanan sehat dan makanan tidak
sehat..
F Gambar keluarga dari majalah / foto
keluarga.
F Kartu huruf, kartu kata, kalimat
F gambar dan model jam analog.
F selendang, rebana.
F Gambar alat kebersihan..
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. IPS :
·
Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
·
Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·
Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.
2. IPA :
·
Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·
Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
·
Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
3. PKN :
·
Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·
Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·
Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.
4. Matematika :
·
Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan
malam hari.
·
Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
·
Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
·
Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding)
jam pas.
·
Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
·
Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·
Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan
gerak dan mimik yang sesuai.
·
Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·
Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat
sederhana.
·
Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·
Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku
dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru
dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Melengkapi kalimat yang belum
selesai sesuai dengan gambar
6. Seni Budaya dan
Keterampilan. :
·
Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·
Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
·
Mengidentifikasi gerak tiruan hewan
yang dapat terbang
·
Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1. IPS :
·
Ceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
·
Jelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·
Ceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.
2. IPA :
·
Jelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·
lakukanlah perawatan kebersihan di sekolah.
·
Sebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
3. PKN :
·
Ceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·
Bandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·
Jelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.
4. Matematika :
·
Sebutkanlah contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang,
dan malam hari.
·
Sebutkanlah mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
·
Sebutkanlah Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
·
Jelaskanlah membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog (
jam dinding) jam pas.
·
Gambarkanlah jam sesuai dengan
kegiatan
·
Tentukanlah letak jarum jam pada
gambar jam dengan tepat.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Bedakanlah berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·
Sebutkanlah puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak
dan mimik yang sesuai.
·
Bagaimana cara mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·
Bagaimana cara Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata,
kata –kata dan kalimat sederhana.
·
Bagaimana cara Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·
Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Bagaimana cara Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan
tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·
Bagaimana cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis
yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf
tegak bersambung.
·
Bagaimana cara Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
6. Seni Budaya dan
Keterampilan. :
·
Sebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·
Jelaskanlah gerak kaki dan tangan
sesuai fungsinya.
·
Jelaskanlah gerak tiruan
hewan yang dapat terbang
·
Jelaskanlah gerak tiruan tumbuhan.
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
I. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas
I
( …………………...………
)
NIP/NIK : …………………
|
Komentar
Posting Komentar