Langsung ke konten utama

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )



 PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM



Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010



STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
1.               Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan






1.1.         Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan
-        Mengidenifikasi lembaga-lembaga pemerintah desa
-        Mengidentifikasi lembaga-lembaga pemerintah kecamatan
-        Menjelaskan tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintah desa






1.2.         Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintahan Kecamatan
-        Membuat bagan struktur organisasi pemerintah desa
-        Membuat bagan struktur organisasi pemerintah kecamatan






 RATA-RATA






 RATA-RATA KESELURUHAN









              
Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................













PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM




Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Komplek-sitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
2.               Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi






2.1.         Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi
-        Menyebutkan lembaga-lembaga pemerintah kabupaten, kota
-        Menjelaskan tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintahan kabupaten / kota dan provinsi






2.2.         Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi
-        Membuat bagan struktur organisasi pemerintahan desa
-        Membuat bagan struktur organisasi kecamatan







 RATA-RATA 






 RATA-RATA KESELURUHAN 










Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................



PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM




Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Komplek-sitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
3.               Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat






3.1.         Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dan lain-lain
-        Mengidentifikasi lembaga-lembaga pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MAK, MK dan BPK
-        Menjelaskan tugas lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat
-        Menjelaskan tanggung jawab lembaga-lembaga negara tingkat pusat






3.2.         Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat seperti Presiden, wakil presiden dan para menteri
-        Membuat bagan struktur organisasi pemerintah tingkat pusat seperti presiden wakil presiden dan para menteri
-        Menjelaskan tugas pemerintahan tingkat pusat  menjelaskan tanggung jawab pemerintah tingkat pusat






 RATA-RATA 






 RATA-RATA KESELURUHAN 









Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................






PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM



Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Komplek-sitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
4.               Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya






4.1.         Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya
-        Menjelaskan arti globalisasi
-        Mengidentifikasi contoh-contoh globalisasi di lingkungan
-        Membandingkan kehidupan masyarakat lingkungan sebelum dan sesudah globalisasi






4.2.         Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional
-        Menjelaskan jenis-jenis budaya Indonesia
-        Mengidentifikasi kebudayaan Indonesia yang ditampilkan di luar negeri






4.3.         Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya
4.4.         Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi
-        Mengidentifikasi perilaku yang negatif akibat globalisasi
-        menunjukkan sikap menolak akibat perilaku yang negatif dari pengaruh globalisasi






 RATA-RATA 






 RATA-RATA KESELURUHAN 








Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................



























PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM



Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : V (Lima) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010



STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
1.               Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)






1.1           Mendiskripsikan  Negara Kesatuan Republik Indonesia
-        Menyebutkan kapan Indonesia diproklamirkan menjadi negara Merdeka
-        Menuliskan isi Teks Proklamasi
-        Menyebutkan presiden dan wakil presiden
-        Menyebutkan bunyi pasal 1 ayat 1 tentang negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik
-        Mendefinisikan tenggang : merdeka, berdaulat
-        Menemutunjuk-kan batas wilayah Indonesia  sebelah timur, tengah dan barat
-        menyebutkan negara-negara yang langsung berbatasan dengan Indonesia
-        Dapat menyanyikan lagu dari Sabang sampai Merauke menceritakan makna lagu di atas






1.2           Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-        Menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia secara geografis
-        Menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia secara astronomis
-        Menunjukkan batas laut teritorial
-        Menunjukkan batas laut continental
-        Menggambar-kan peta Indonesia dengan kertas kalkir (menjiplak atlas yang ada)
-        Menunjukkan zona ekonomi eksklusif melalui gambar pada peta
-        Memberi tanda batas negara yang bersinggungan langsung dengan Indonesia






1.3           Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-        Menyebutkan pulau yang hilang dikawasan Kalimantan karena kurangnya pengawasan ketat oleh bangsa kita
-        Menyebutkan contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari luar
-        Menyebutkan contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari dalam
-        Menjelaskan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa kita dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI
-        Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
-        Menyebutkan keanekaragaman suku bangsa
-        Menjelaskan pentingnya Ikrar Sumpah Pemuda pada masa sebelum kemerdekaan
-        Mengartikan semboyan Bhineka Tunggal Ika






 RATA-RATA






 RATA-RATA KESELURUHAN









              
Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................








PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM




Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : V (Lima) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010



STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Komplek-sitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
2.               Memahami perundang-undangan tingkat pusat dan daerah






2.1           Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
-        Menyebutkan pasal 1 ayat 3 UUD 1945 bahwa Negara Indonesia adalah negara hukum
-        Menunjukkan pentingnya peraturan perundangan
-        Menunjukkan untuk siapa peraturan perundang-undangan dibuat
-        Menuliskan sanksi jika melanggar hukum
-        Menyebutkan sumber hukum penyusunan peraturan perundang-undangan
-        Menuliskan Tap MPR tentang sumber hukum, dan tata urutan peraturan perundang-undangan
-        Menuliskan tata urutan perundang-undangan di Indonesia
-        Menyebutkan bahwa UUD 1945 adalah bentuk peraturan perundang-undangan yang tertinggi sebagai hukum dasar
-        Menjelaskan pengertian amandemen
-        Menuliskan peraturan yang sifatnya dibuat oleh pusat
-        Menuliskan peraturan yang sifatnya dibuat oleh daerah
-        Menyebutkan apa yang dimaksud Tap MPR
-        Menyebutkan siapa yang berhak menetapkan Undang-undang
-        Menjelaskan apa yang dimaksud dengan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang
-        Memberikan contoh tentang peraturan pemerintah






2.2           Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan merokok
-        Menuliskan pengertian arti korupsi
-        Menyebutkan lembaga yang bertugas untuk menyelidiki perkara korupsi
-        Menyebutkan pidana yang dijatuhkan kepada para koruptor
-        menuliskan UURI anti korupsi no. 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi
-        Menuliskan lama pidana dan denda bagi pelanggar korupsi
-        Menuliskan UU No. 14 Tahun 1992 pasal 26 ayat 1
-        Menyebutkan tempat penye-brangan bagi pejalan kaki
-        Memberikan contoh akibat pengguna jalan bila tidak menaati peraturan lalu lintas
-        Menuliskan sanksi jika melanggar peraturan lalu lintas






  RATA-RATA
RATA-RATA KESELURUHAN










Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................



























PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM




Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : V (Lima) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Komplek-sitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
3.               Memahami kebebasan berorganisasi






3.1           Mendeskripsikan pengertian organisasi
-        Menyebutkan arti organisasi
-        Membedakan arti organisasi pemerintah dengan non pemerintah
-        Menuliskan sekurang-kurangnya 2 pengurus dalam organisasi
-        Menuliskan pasal 28E ayat 3 tentang setiap orang mempunyai kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat
-        Menyebutkan siapa saja yang terlibat dalam organisasi
-        Menyebutkan salah satu asas yang terdapat dalam organisasi






3.2           Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
-        Menyebutkan contoh organisasi di sekolah
-        Menuliskan struktur organisasi di sekolah
-        Menulis tugas dan kewajiban tiap pengurus
-        Menuliskan sifat-sifat pengurus yang baik
-        menyebutkan beberapa bentuk organisasi di masyarakat
-        menuliskan ketua RT/RW di wilayahnya
-        Membedakan organisasi bentukan pemerintah dan berdiri secara alami






3.3           Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah
-        Menuliskan tujuan organisasi di sekolah
-        Menyebutkan tugas ketua dalam organisasi
-        Menyebutkan tugas sekretaris dalam organisasi
-        Menyebutkan tugas bendahara dalam organisasi
-        Menyebutkan peranan komite sekolah dalam organisasi sekolah
-        menunjukkan peran serta organisasi di sekolah
-        Menjelaskan perlunya kita sebagai manusia menjadi anggota organisasi






 RATA-RATA 






 RATA-RATA KESELURUHAN 













Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................

















PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM


Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : V (Lima) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Komplek-sitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
4.               Menghargai keputusan bersama






4.1           Mengenal bentuk-bentuk keputusan  bersama
-        Menyebutkan hakekat musyawarah
-        Menyebutkan musyawarah mengutamakan kepentingan bersama dari pada pribadi
-        Menjelaskan bahwa hasil pemufakatan menjadi keputusan bersama
-        Menyebutkan asas-asas dalam musyawarah
-        Menyebutkan tiga aturan dalam musyawarah
-        Menyebutkan nilai-nilai positif yang dapat diambil pada musyawarah






4.2           Mematuhi keputusan bersama
-        Menyebutkan bahwa musyawarah adalah cara menyelesaikan setiap perbedaan pendapat/ perselisihan
-        Menjelaskan makna kemufakatan dari hasil musyawarah
-        Menunjukkan bahwa hasil musyawarah adalah untuk kepentingan bersama
-        Menjelaskan cara mengambil keputusan bersama
-        Menyebutkan arti dari demokrasi Pancasila yaitu keputusan diambil didasarkan musyawarah untuk mufakat
-        Menjelaskan keputusan bersama dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa
-        Menulis cara-cara voting






 RATA-RATA






 RATA-RATA KESELURUHAN 








 

Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................


PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM




Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : VI (Enam) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010



STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
1.               Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.






1.1           Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-        Menceritakan proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-        Menjelaskan arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-        Menyebutkan tokoh yang terlibat dalam perumusan Pancasila
-        Menuliskan perbedaan rancangan rumusan Dasar Negara dari para tokoh
-        Menyebutkan tokoh Nasional Panitia sembilan
-        Menjelaskan rumusan Dasar Negara yang sah dan benar
-        Meneladani nilai juang proses perumusan Pancasila






1.2           Menceritakan secara singkat nilai keber-samaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
-        Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-        Menyebutkan tokoh-tokoh penting yang berperan dalam perubahan Piagam Jakarta
-        Mendiskusikan nilai –nilai kebersamaan dalam kegiatan sehari-hari
-        Menunjukkan sikap mengutamakan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi
-        Menyebutkan cara menerima hasil keputusan bersama






1.3           Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses peru-musan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari.
-        Mengidentifikasi nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari
-        Berperilaku menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan
-        Menyebutkan perilaku yang dapat kita teladani dari para pejuang Perumusan Pancasila
-        Menuliskan contoh penerapan nilai juang tokoh perumusan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
-        Menjelaskan makna dari Pembukaan UUD 1945






 RATA-RATA






 RATA-RATA KESELURUHAN










Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................







 









PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM



Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : VI (Enam) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Komplek-sitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
2.               Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.      






2.1.         Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada
-        Menjelaskan asas Pemilu di Indonesia
-        Menuliskan waktu pelaksanaan Pemilu di Indonesia yang telah terjadi sembilan kali
-        Menyebutkan undang-undang tentang pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden
-        Menjelaskan mengenai tata cara pemungutan suara
-        Menuliskan latar belakang perlunya Pilkada secara langsung
-        Menyebutkan pasal-pasal yang menjiwai pelaksanaan Pilkada secara langsung
-        Menuliskan mekanisme terhadap pelaksanaan Pilkada






2.2.         Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen
-        Menuliskan lembaga-lembaga negara menurut UUD 1945 hasil amandemen
-        Menyebutkan pasal-pasal UUD 1945 yang terkait dengan tugas Presiden
-        Menjelaskan susunan keanggotaan MRP
-        Menggambarkan struktur ketata-negaraan Indonesia berdasarkan UUD 1945 yang telah diamandemen
-        Mendiskusikan tugas-tugas lembaga Negara






2.3.         Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
-        Menjelaskan tujuan dibentuk-nya Pemerintahan
-        Menjelaskan hubungan pemerintah pusat dengan daerah sesuai UU No. 32 tahun 2004
-        Menunjukkan perbedaan pemerintah sentralistik dan desentralistik
-        Menuliskan keuntungan penerapan asas desentralisasi dalam pemerintah NKRI






  RATA-RATA






 RATA-RATA KESELURUHAN  







Mengetahui,
Kepala SD/MI


........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN


........................................................
NIP / NIK .........................



























PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM


Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : VI (Enam) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Komplek-sitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
3.               Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.






3.1.         Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
-        Dapat menjelaskan pentingnya kerja sama antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara
-        Dapat menyebutkan paling sedikit 3 kerja sama negara di kawasan Asia Tenggara
-        Dapat menyebutkan lima tokoh pendiri ASEAN
-        Dapat menceritakan tujuan didirikan-nya ASEAN
-        Dapat menunjukkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam Globe
-        Dapat menyebutkan tempat penanda-tanganan Deklarasi Bangkok
-        Dapat menceritakan latar belakang terbentuknya ASEAN
-        Dapat menunjukkan pada peta 3 Negara di kawasan Asia Tenggara yang bukan anggota ASEAN
-        Dapat menggambarkan peta kawasan Asia Tenggara






3.2.         Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara  di Asia Tenggara.
-        Dapat menuliskan lima Negara pencetus di tandatangani-nya Deklarasi Bangkok
-        Dapat menyebutkan 2 (dua) kerjasama Indonesia dan Thailand
-        Dapat menceritakan kerjasama dalam bidang ekonomi
-        Dapat menjelaskan kerjasama ekstradisi
-        Dapat menyebutkan keuntungan negara Indonesia yang strategis






 RATA-RATA 






 RATA-RATA KESELURUHAN 









Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................


PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM


Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : VI (Enam) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA PENENTUAN KKM
Hasil KKM dalam Aspek
KKM %
Komplek-sitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Pemahaman Konsep
Penerapan
4.               Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.






4.1.         Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.
-        Dapat menyebutkan politik luar negeri Negara Indonesia
-        Dapat menjelaskan arti politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif
-        Dapat menyebutkan usaha pemerintah Indonesia mewujudkan perdamaian dunia
-        Dapat membuat kesimpulan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif
-        Dapat menyebutkan arti Blok Barat dalam percaturan politik dunia
-        Dapat menyebutkan arti Blok Timur dalam percaturan politik dunia
-        Dapat meng-gambar negara-negara penggagas GNB
-        Dapat menyebut-kan negara Yugoslavia yang terpecah belah (Serbia, Kroasia, Bosnia Herzegovina)






4.2.         Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional
-        Dapat menyebutkan tugas pasukan Garuda
-        Dapat menuliskan negara tujuan Pasukan Garuda
-        Dapat menyebutkan lima tokoh pendiri Gerakan Non Blok (GNB)
-        Dapat menceritakan peran serta Indonesia dalam APEC (Asia Pasific Economy Cooperation)
-        Dapat menuliskan lima negara yang melaksanakan KTT Gerakan Non Blok
-        Dapat menceritakan peranan politik Indonesia dalam percaturan Internasional






 RATA-RATA 






 RATA-RATA KESELURUHAN 








Mengetahui,
Kepala SD/MI



........................................................
NIP / NIK .........................

................................, ................
Guru Mata Pelajaran PKN



........................................................
NIP / NIK .........................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A.     Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.      Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar C.     Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melak

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   V Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A. Standar  Kompetensi :              Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun A.     Kompetensi Dasar     Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar B.      Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat                                      -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melakukan kerja sama . c. psikomotor Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi