PERHITUNGAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
1.
Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
|
|
|
|
|
|
|
1.1.
Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan
-
Mengidenifikasi
lembaga-lembaga pemerintah desa
-
Mengidentifikasi
lembaga-lembaga pemerintah kecamatan
-
Menjelaskan
tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintah desa
|
|
|
|
|
|
|
1.2.
Menggambarkan
struktur organisasi desa dan pemerintahan Kecamatan
-
Membuat
bagan struktur organisasi pemerintah desa
-
Membuat
bagan struktur organisasi pemerintah kecamatan
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
2.
Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten,
-
Menyebutkan
lembaga-lembaga pemerintah kabupaten,
-
Menjelaskan
tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintahan kabupaten /
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Menggambarkan
struktur organisasi kabupaten,
-
Membuat
bagan struktur organisasi pemerintahan desa
-
Membuat
bagan struktur organisasi kecamatan
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
3.
Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat
|
|
|
|
|
|
|
3.1.
Mengenal
lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR,
DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dan lain-lain
-
Mengidentifikasi
lembaga-lembaga pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MAK,
MK dan BPK
-
Menjelaskan
tugas lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat
-
Menjelaskan
tanggung jawab lembaga-lembaga negara tingkat pusat
|
|
|
|
|
|
|
3.2.
Menyebutkan
organisasi pemerintahan tingkat pusat seperti Presiden, wakil presiden dan
para menteri
-
Membuat
bagan struktur organisasi pemerintah tingkat pusat seperti presiden wakil
presiden dan para menteri
-
Menjelaskan
tugas pemerintahan tingkat pusat
menjelaskan tanggung jawab pemerintah tingkat pusat
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
4.
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya
|
|
|
|
|
|
|
4.1.
Memberikan
contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya
-
Menjelaskan
arti globalisasi
-
Mengidentifikasi
contoh-contoh globalisasi di lingkungan
-
Membandingkan
kehidupan masyarakat lingkungan sebelum dan sesudah globalisasi
|
|
|
|
|
|
|
4.2.
Mengidentifikasi
jenis budaya
-
Menjelaskan
jenis-jenis budaya
-
Mengidentifikasi
kebudayaan
|
|
|
|
|
|
|
4.3.
Menentukan
sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya
4.4.
Menentukan
sikap terhadap pengaruh globalisasi
-
Mengidentifikasi
perilaku yang negatif akibat globalisasi
-
menunjukkan
sikap menolak akibat perilaku yang negatif dari pengaruh globalisasi
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
1.
Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
|
|
|
|
|
|
1.1
Mendiskripsikan Negara Kesatuan Republik
-
Menyebutkan
kapan
-
Menuliskan
isi Teks Proklamasi
-
Menyebutkan
presiden dan wakil presiden
-
Menyebutkan
bunyi pasal 1 ayat 1 tentang negara
-
Mendefinisikan
tenggang : merdeka, berdaulat
-
Menemutunjuk-kan
batas wilayah
-
menyebutkan
negara-negara yang langsung berbatasan dengan
-
Dapat
menyanyikan lagu dari Sabang sampai Merauke menceritakan makna lagu di atas
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menjelaskan
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik
-
Menyebutkan
batas-batas wilayah
-
Menyebutkan
batas-batas wilayah
-
Menunjukkan
batas laut teritorial
-
Menunjukkan
batas laut continental
-
Menggambar-kan
peta
-
Menunjukkan
zona ekonomi eksklusif melalui gambar pada peta
-
Memberi
tanda batas negara yang bersinggungan langsung dengan
|
|
|
|
|
|
|
1.3
Menunjukkan
contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
-
Menyebutkan
pulau yang hilang dikawasan
-
Menyebutkan
contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari luar
-
Menyebutkan
contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari dalam
-
Menjelaskan
betapa pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa kita dalam menjaga keutuhan
wilayah NKRI
-
Menyanyikan
lagu Satu Nusa Satu Bangsa
-
Menyebutkan
keanekaragaman suku bangsa
-
Menjelaskan
pentingnya Ikrar Sumpah Pemuda pada masa sebelum kemerdekaan
-
Mengartikan
semboyan Bhineka Tunggal Ika
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
2.
Memahami
perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan
daerah
-
Menyebutkan
pasal 1 ayat 3 UUD 1945 bahwa Negara
-
Menunjukkan
pentingnya peraturan perundangan
-
Menunjukkan
untuk siapa peraturan perundang-undangan dibuat
-
Menuliskan
sanksi jika melanggar hukum
-
Menyebutkan
sumber hukum penyusunan peraturan perundang-undangan
-
Menuliskan
Tap MPR tentang sumber hukum, dan tata urutan peraturan perundang-undangan
-
Menuliskan
tata urutan perundang-undangan di
-
Menyebutkan
bahwa UUD 1945 adalah bentuk peraturan perundang-undangan yang tertinggi
sebagai hukum dasar
-
Menjelaskan
pengertian amandemen
-
Menuliskan
peraturan yang sifatnya dibuat oleh pusat
-
Menuliskan
peraturan yang sifatnya dibuat oleh daerah
-
Menyebutkan
apa yang dimaksud Tap MPR
-
Menyebutkan
siapa yang berhak menetapkan Undang-undang
-
Menjelaskan
apa yang dimaksud dengan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang
-
Memberikan
contoh tentang peraturan pemerintah
|
|
|
|
|
|
|
2.2
Memberikan
contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak,
anti korupsi, lalu lintas, larangan merokok
-
Menuliskan
pengertian arti korupsi
-
Menyebutkan
lembaga yang bertugas untuk menyelidiki perkara korupsi
-
Menyebutkan
pidana yang dijatuhkan kepada para koruptor
-
menuliskan
UURI anti korupsi no. 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana
korupsi
-
Menuliskan
lama pidana dan denda bagi pelanggar korupsi
-
Menuliskan
UU No. 14 Tahun 1992 pasal 26 ayat 1
-
Menyebutkan
tempat penye-brangan bagi pejalan kaki
-
Memberikan
contoh akibat pengguna jalan bila tidak menaati peraturan lalu lintas
-
Menuliskan
sanksi jika melanggar peraturan lalu lintas
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
3.
Memahami
kebebasan berorganisasi
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Mendeskripsikan
pengertian organisasi
-
Menyebutkan
arti organisasi
-
Membedakan
arti organisasi pemerintah dengan non pemerintah
-
Menuliskan
sekurang-kurangnya 2 pengurus dalam organisasi
-
Menuliskan
pasal 28E ayat 3 tentang setiap orang mempunyai kebebasan berserikat,
berkumpul, dan mengeluarkan pendapat
-
Menyebutkan
siapa saja yang terlibat dalam organisasi
-
Menyebutkan
salah satu asas yang terdapat dalam organisasi
|
|
|
|
|
|
|
3.2
Menyebutkan
contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
-
Menyebutkan
contoh organisasi di sekolah
-
Menuliskan
struktur organisasi di sekolah
-
Menulis
tugas dan kewajiban tiap pengurus
-
Menuliskan
sifat-sifat pengurus yang baik
-
menyebutkan
beberapa bentuk organisasi di masyarakat
-
menuliskan
ketua RT/RW di wilayahnya
-
Membedakan
organisasi bentukan pemerintah dan berdiri secara alami
|
|
|
|
|
|
|
3.3
Menampilkan
peran serta dalam memilih organisasi di sekolah
-
Menuliskan
tujuan organisasi di sekolah
-
Menyebutkan
tugas ketua dalam organisasi
-
Menyebutkan
tugas sekretaris dalam organisasi
-
Menyebutkan
tugas bendahara dalam organisasi
-
Menyebutkan
peranan komite sekolah dalam organisasi sekolah
-
menunjukkan
peran serta organisasi di sekolah
-
Menjelaskan
perlunya kita sebagai manusia menjadi anggota organisasi
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
4.
Menghargai
keputusan bersama
|
|
|
|
|
|
|
4.1
Mengenal
bentuk-bentuk keputusan bersama
-
Menyebutkan
hakekat musyawarah
-
Menyebutkan
musyawarah mengutamakan kepentingan bersama dari pada pribadi
-
Menjelaskan
bahwa hasil pemufakatan menjadi keputusan bersama
-
Menyebutkan
asas-asas dalam musyawarah
-
Menyebutkan
tiga aturan dalam musyawarah
-
Menyebutkan
nilai-nilai positif yang dapat diambil pada musyawarah
|
|
|
|
|
|
|
4.2
Mematuhi
keputusan bersama
-
Menyebutkan
bahwa musyawarah adalah cara menyelesaikan setiap perbedaan pendapat/
perselisihan
-
Menjelaskan
makna kemufakatan dari hasil musyawarah
-
Menunjukkan
bahwa hasil musyawarah adalah untuk kepentingan bersama
-
Menjelaskan
cara mengambil keputusan bersama
-
Menyebutkan
arti dari demokrasi Pancasila yaitu keputusan diambil didasarkan musyawarah
untuk mufakat
-
Menjelaskan
keputusan bersama dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa
-
Menulis
cara-cara voting
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
1.
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
|
|
|
|
|
|
|
1.1
Mendeskripsikan
nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-
Menceritakan
proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-
Menjelaskan
arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
-
Menyebutkan
tokoh yang terlibat dalam perumusan Pancasila
-
Menuliskan
perbedaan rancangan rumusan Dasar Negara dari para tokoh
-
Menyebutkan
tokoh Nasional Panitia sembilan
-
Menjelaskan
rumusan Dasar Negara yang sah dan benar
-
Meneladani
nilai juang proses perumusan Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menceritakan
secara singkat nilai keber-samaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
-
Menceritakan
nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-
Menyebutkan
tokoh-tokoh penting yang berperan dalam perubahan Piagam Jakarta
-
Mendiskusikan
nilai –nilai kebersamaan dalam kegiatan sehari-hari
-
Menunjukkan
sikap mengutamakan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi
-
Menyebutkan
cara menerima hasil keputusan bersama
|
|
|
|
|
|
|
1.3
Meneladani
nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses peru-musan Pancasila
sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari.
-
Mengidentifikasi
nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari
-
Berperilaku
menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan
-
Menyebutkan
perilaku yang dapat kita teladani dari para pejuang Perumusan Pancasila
-
Menuliskan
contoh penerapan nilai juang tokoh perumusan Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
-
Menjelaskan
makna dari Pembukaan UUD 1945
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
2.
Memahami sistem pemerintahan Republik
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Menjelaskan
proses Pemilu dan Pilkada
-
Menjelaskan
asas Pemilu di Indonesia
-
Menuliskan
waktu pelaksanaan Pemilu di Indonesia yang telah terjadi sembilan kali
-
Menyebutkan
undang-undang tentang pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden
-
Menjelaskan
mengenai tata cara pemungutan suara
-
Menuliskan
latar belakang perlunya Pilkada secara langsung
-
Menyebutkan
pasal-pasal yang menjiwai pelaksanaan Pilkada secara langsung
-
Menuliskan
mekanisme terhadap pelaksanaan Pilkada
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen
-
Menuliskan
lembaga-lembaga negara menurut UUD 1945 hasil amandemen
-
Menyebutkan
pasal-pasal UUD 1945 yang terkait dengan tugas Presiden
-
Menjelaskan
susunan keanggotaan MRP
-
Menggambarkan
struktur ketata-negaraan
-
Mendiskusikan
tugas-tugas lembaga Negara
|
|
|
|
|
|
|
2.3.
Mendeskripsikan
tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
-
Menjelaskan
tujuan dibentuk-nya Pemerintahan
-
Menjelaskan
hubungan pemerintah pusat dengan daerah sesuai UU No. 32 tahun 2004
-
Menunjukkan
perbedaan pemerintah sentralistik dan desentralistik
-
Menuliskan
keuntungan penerapan asas desentralisasi dalam pemerintah NKRI
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
3.
Memahami peran
|
|
|
|
|
|
|
3.1.
Menjelaskan
pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
-
Dapat
menjelaskan pentingnya kerja sama antara negara-negara di kawasan Asia
Tenggara
-
Dapat
menyebutkan paling sedikit 3 kerja sama negara di kawasan Asia Tenggara
-
Dapat
menyebutkan
-
Dapat
menceritakan tujuan didirikan-nya ASEAN
-
Dapat
menunjukkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam Globe
-
Dapat
menyebutkan tempat penanda-tanganan Deklarasi Bangkok
-
Dapat
menceritakan latar belakang terbentuknya ASEAN
-
Dapat
menunjukkan pada peta 3 Negara di kawasan Asia Tenggara yang bukan anggota
ASEAN
-
Dapat
menggambarkan peta kawasan Asia Tenggara
|
|
|
|
|
|
|
3.2.
Memberikan
contoh peran
-
Dapat
menuliskan
-
Dapat
menyebutkan 2 (dua) kerjasama
-
Dapat
menceritakan kerjasama dalam bidang ekonomi
-
Dapat
menjelaskan kerjasama ekstradisi
-
Dapat
menyebutkan keuntungan negara
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
4.
Memahami peranan politik luar negeri
|
|
|
|
|
|
|
4.1.
Menjelaskan
politik luar negeri
-
Dapat
menyebutkan politik luar negeri Negara
-
Dapat
menjelaskan arti politik luar negeri
-
Dapat
menyebutkan usaha pemerintah
-
Dapat
membuat kesimpulan politik luar negeri
-
Dapat
menyebutkan arti Blok Barat dalam percaturan politik dunia
-
Dapat
menyebutkan arti Blok Timur dalam percaturan politik dunia
-
Dapat
meng-gambar negara-negara penggagas GNB
-
Dapat
menyebut-kan negara
|
|
|
|
|
|
|
4.2.
Memberikan
contoh peranan politik luar negeri
-
Dapat
menyebutkan tugas pasukan Garuda
-
Dapat
menuliskan negara tujuan Pasukan Garuda
-
Dapat
menyebutkan
-
Dapat
menceritakan peran serta
-
Dapat
menuliskan
-
Dapat
menceritakan peranan politik
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
Komentar
Posting Komentar