PERHITUNGAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
1.
Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan
|
|
|
|
|
|
|
1.1.
Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan
-
Mengidenifikasi
lembaga-lembaga pemerintah desa
-
Mengidentifikasi
lembaga-lembaga pemerintah kecamatan
-
Menjelaskan
tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintah desa
|
|
|
|
|
|
|
1.2.
Menggambarkan
struktur organisasi desa dan pemerintahan Kecamatan
-
Membuat
bagan struktur organisasi pemerintah desa
-
Membuat
bagan struktur organisasi pemerintah kecamatan
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
2.
Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten,
-
Menyebutkan
lembaga-lembaga pemerintah kabupaten,
-
Menjelaskan
tugas dan tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintahan kabupaten /
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Menggambarkan
struktur organisasi kabupaten,
-
Membuat
bagan struktur organisasi pemerintahan desa
-
Membuat
bagan struktur organisasi kecamatan
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
3.
Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat
|
|
|
|
|
|
|
3.1.
Mengenal
lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR,
DPR, Presiden, MA, MK, BPK, dan lain-lain
-
Mengidentifikasi
lembaga-lembaga pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR, Presiden, MAK,
MK dan BPK
-
Menjelaskan
tugas lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat
-
Menjelaskan
tanggung jawab lembaga-lembaga negara tingkat pusat
|
|
|
|
|
|
|
3.2.
Menyebutkan
organisasi pemerintahan tingkat pusat seperti Presiden, wakil presiden dan
para menteri
-
Membuat
bagan struktur organisasi pemerintah tingkat pusat seperti presiden wakil
presiden dan para menteri
-
Menjelaskan
tugas pemerintahan tingkat pusat
menjelaskan tanggung jawab pemerintah tingkat pusat
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : IV (Empat) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
4.
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya
|
|
|
|
|
|
|
4.1.
Memberikan
contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya
-
Menjelaskan
arti globalisasi
-
Mengidentifikasi
contoh-contoh globalisasi di lingkungan
-
Membandingkan
kehidupan masyarakat lingkungan sebelum dan sesudah globalisasi
|
|
|
|
|
|
|
4.2.
Mengidentifikasi
jenis budaya
-
Menjelaskan
jenis-jenis budaya
-
Mengidentifikasi
kebudayaan
|
|
|
|
|
|
|
4.3.
Menentukan
sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya
4.4.
Menentukan
sikap terhadap pengaruh globalisasi
-
Mengidentifikasi
perilaku yang negatif akibat globalisasi
-
menunjukkan
sikap menolak akibat perilaku yang negatif dari pengaruh globalisasi
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
1.
Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
|
|
|
|
|
|
1.1
Mendiskripsikan Negara Kesatuan Republik
-
Menyebutkan
kapan
-
Menuliskan
isi Teks Proklamasi
-
Menyebutkan
presiden dan wakil presiden
-
Menyebutkan
bunyi pasal 1 ayat 1 tentang negara
-
Mendefinisikan
tenggang : merdeka, berdaulat
-
Menemutunjuk-kan
batas wilayah
-
menyebutkan
negara-negara yang langsung berbatasan dengan
-
Dapat
menyanyikan lagu dari Sabang sampai Merauke menceritakan makna lagu di atas
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menjelaskan
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik
-
Menyebutkan
batas-batas wilayah
-
Menyebutkan
batas-batas wilayah
-
Menunjukkan
batas laut teritorial
-
Menunjukkan
batas laut continental
-
Menggambar-kan
peta
-
Menunjukkan
zona ekonomi eksklusif melalui gambar pada peta
-
Memberi
tanda batas negara yang bersinggungan langsung dengan
|
|
|
|
|
|
|
1.3
Menunjukkan
contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
-
Menyebutkan
pulau yang hilang dikawasan
-
Menyebutkan
contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari luar
-
Menyebutkan
contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari dalam
-
Menjelaskan
betapa pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa kita dalam menjaga keutuhan
wilayah NKRI
-
Menyanyikan
lagu Satu Nusa Satu Bangsa
-
Menyebutkan
keanekaragaman suku bangsa
-
Menjelaskan
pentingnya Ikrar Sumpah Pemuda pada masa sebelum kemerdekaan
-
Mengartikan
semboyan Bhineka Tunggal Ika
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
2.
Memahami
perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan
daerah
-
Menyebutkan
pasal 1 ayat 3 UUD 1945 bahwa Negara
-
Menunjukkan
pentingnya peraturan perundangan
-
Menunjukkan
untuk siapa peraturan perundang-undangan dibuat
-
Menuliskan
sanksi jika melanggar hukum
-
Menyebutkan
sumber hukum penyusunan peraturan perundang-undangan
-
Menuliskan
Tap MPR tentang sumber hukum, dan tata urutan peraturan perundang-undangan
-
Menuliskan
tata urutan perundang-undangan di
-
Menyebutkan
bahwa UUD 1945 adalah bentuk peraturan perundang-undangan yang tertinggi
sebagai hukum dasar
-
Menjelaskan
pengertian amandemen
-
Menuliskan
peraturan yang sifatnya dibuat oleh pusat
-
Menuliskan
peraturan yang sifatnya dibuat oleh daerah
-
Menyebutkan
apa yang dimaksud Tap MPR
-
Menyebutkan
siapa yang berhak menetapkan Undang-undang
-
Menjelaskan
apa yang dimaksud dengan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang
-
Memberikan
contoh tentang peraturan pemerintah
|
|
|
|
|
|
|
2.2
Memberikan
contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak,
anti korupsi, lalu lintas, larangan merokok
-
Menuliskan
pengertian arti korupsi
-
Menyebutkan
lembaga yang bertugas untuk menyelidiki perkara korupsi
-
Menyebutkan
pidana yang dijatuhkan kepada para koruptor
-
menuliskan
UURI anti korupsi no. 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana
korupsi
-
Menuliskan
lama pidana dan denda bagi pelanggar korupsi
-
Menuliskan
UU No. 14 Tahun 1992 pasal 26 ayat 1
-
Menyebutkan
tempat penye-brangan bagi pejalan kaki
-
Memberikan
contoh akibat pengguna jalan bila tidak menaati peraturan lalu lintas
-
Menuliskan
sanksi jika melanggar peraturan lalu lintas
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
3.
Memahami
kebebasan berorganisasi
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Mendeskripsikan
pengertian organisasi
-
Menyebutkan
arti organisasi
-
Membedakan
arti organisasi pemerintah dengan non pemerintah
-
Menuliskan
sekurang-kurangnya 2 pengurus dalam organisasi
-
Menuliskan
pasal 28E ayat 3 tentang setiap orang mempunyai kebebasan berserikat,
berkumpul, dan mengeluarkan pendapat
-
Menyebutkan
siapa saja yang terlibat dalam organisasi
-
Menyebutkan
salah satu asas yang terdapat dalam organisasi
|
|
|
|
|
|
|
3.2
Menyebutkan
contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
-
Menyebutkan
contoh organisasi di sekolah
-
Menuliskan
struktur organisasi di sekolah
-
Menulis
tugas dan kewajiban tiap pengurus
-
Menuliskan
sifat-sifat pengurus yang baik
-
menyebutkan
beberapa bentuk organisasi di masyarakat
-
menuliskan
ketua RT/RW di wilayahnya
-
Membedakan
organisasi bentukan pemerintah dan berdiri secara alami
|
|
|
|
|
|
|
3.3
Menampilkan
peran serta dalam memilih organisasi di sekolah
-
Menuliskan
tujuan organisasi di sekolah
-
Menyebutkan
tugas ketua dalam organisasi
-
Menyebutkan
tugas sekretaris dalam organisasi
-
Menyebutkan
tugas bendahara dalam organisasi
-
Menyebutkan
peranan komite sekolah dalam organisasi sekolah
-
menunjukkan
peran serta organisasi di sekolah
-
Menjelaskan
perlunya kita sebagai manusia menjadi anggota organisasi
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : V (Lima) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
4.
Menghargai
keputusan bersama
|
|
|
|
|
|
|
4.1
Mengenal
bentuk-bentuk keputusan bersama
-
Menyebutkan
hakekat musyawarah
-
Menyebutkan
musyawarah mengutamakan kepentingan bersama dari pada pribadi
-
Menjelaskan
bahwa hasil pemufakatan menjadi keputusan bersama
-
Menyebutkan
asas-asas dalam musyawarah
-
Menyebutkan
tiga aturan dalam musyawarah
-
Menyebutkan
nilai-nilai positif yang dapat diambil pada musyawarah
|
|
|
|
|
|
|
4.2
Mematuhi
keputusan bersama
-
Menyebutkan
bahwa musyawarah adalah cara menyelesaikan setiap perbedaan pendapat/
perselisihan
-
Menjelaskan
makna kemufakatan dari hasil musyawarah
-
Menunjukkan
bahwa hasil musyawarah adalah untuk kepentingan bersama
-
Menjelaskan
cara mengambil keputusan bersama
-
Menyebutkan
arti dari demokrasi Pancasila yaitu keputusan diambil didasarkan musyawarah
untuk mufakat
-
Menjelaskan
keputusan bersama dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa
-
Menulis
cara-cara voting
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
1.
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
|
|
|
|
|
|
|
1.1
Mendeskripsikan
nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-
Menceritakan
proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-
Menjelaskan
arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
-
Menyebutkan
tokoh yang terlibat dalam perumusan Pancasila
-
Menuliskan
perbedaan rancangan rumusan Dasar Negara dari para tokoh
-
Menyebutkan
tokoh Nasional Panitia sembilan
-
Menjelaskan
rumusan Dasar Negara yang sah dan benar
-
Meneladani
nilai juang proses perumusan Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menceritakan
secara singkat nilai keber-samaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
-
Menceritakan
nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
-
Menyebutkan
tokoh-tokoh penting yang berperan dalam perubahan Piagam Jakarta
-
Mendiskusikan
nilai –nilai kebersamaan dalam kegiatan sehari-hari
-
Menunjukkan
sikap mengutamakan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi
-
Menyebutkan
cara menerima hasil keputusan bersama
|
|
|
|
|
|
|
1.3
Meneladani
nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses peru-musan Pancasila
sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari.
-
Mengidentifikasi
nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari
-
Berperilaku
menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan
-
Menyebutkan
perilaku yang dapat kita teladani dari para pejuang Perumusan Pancasila
-
Menuliskan
contoh penerapan nilai juang tokoh perumusan Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
-
Menjelaskan
makna dari Pembukaan UUD 1945
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 1 ( Satu)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
2.
Memahami sistem pemerintahan Republik
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Menjelaskan
proses Pemilu dan Pilkada
-
Menjelaskan
asas Pemilu di Indonesia
-
Menuliskan
waktu pelaksanaan Pemilu di Indonesia yang telah terjadi sembilan kali
-
Menyebutkan
undang-undang tentang pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden
-
Menjelaskan
mengenai tata cara pemungutan suara
-
Menuliskan
latar belakang perlunya Pilkada secara langsung
-
Menyebutkan
pasal-pasal yang menjiwai pelaksanaan Pilkada secara langsung
-
Menuliskan
mekanisme terhadap pelaksanaan Pilkada
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Mendeskripsikan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen
-
Menuliskan
lembaga-lembaga negara menurut UUD 1945 hasil amandemen
-
Menyebutkan
pasal-pasal UUD 1945 yang terkait dengan tugas Presiden
-
Menjelaskan
susunan keanggotaan MRP
-
Menggambarkan
struktur ketata-negaraan
-
Mendiskusikan
tugas-tugas lembaga Negara
|
|
|
|
|
|
|
2.3.
Mendeskripsikan
tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
-
Menjelaskan
tujuan dibentuk-nya Pemerintahan
-
Menjelaskan
hubungan pemerintah pusat dengan daerah sesuai UU No. 32 tahun 2004
-
Menunjukkan
perbedaan pemerintah sentralistik dan desentralistik
-
Menuliskan
keuntungan penerapan asas desentralisasi dalam pemerintah NKRI
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
3.
Memahami peran
|
|
|
|
|
|
|
3.1.
Menjelaskan
pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
-
Dapat
menjelaskan pentingnya kerja sama antara negara-negara di kawasan Asia
Tenggara
-
Dapat
menyebutkan paling sedikit 3 kerja sama negara di kawasan Asia Tenggara
-
Dapat
menyebutkan
-
Dapat
menceritakan tujuan didirikan-nya ASEAN
-
Dapat
menunjukkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam Globe
-
Dapat
menyebutkan tempat penanda-tanganan Deklarasi Bangkok
-
Dapat
menceritakan latar belakang terbentuknya ASEAN
-
Dapat
menunjukkan pada peta 3 Negara di kawasan Asia Tenggara yang bukan anggota
ASEAN
-
Dapat
menggambarkan peta kawasan Asia Tenggara
|
|
|
|
|
|
|
3.2.
Memberikan
contoh peran
-
Dapat
menuliskan
-
Dapat
menyebutkan 2 (dua) kerjasama
-
Dapat
menceritakan kerjasama dalam bidang ekonomi
-
Dapat
menjelaskan kerjasama ekstradisi
-
Dapat
menyebutkan keuntungan negara
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : ......................................... Kelas/semester : VI (Enam) 2 ( Dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : 2009/2010
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Komplek-sitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Pemahaman
Konsep
|
Penerapan
|
||
4.
Memahami peranan politik luar negeri
|
|
|
|
|
|
|
4.1.
Menjelaskan
politik luar negeri
-
Dapat
menyebutkan politik luar negeri Negara
-
Dapat
menjelaskan arti politik luar negeri
-
Dapat
menyebutkan usaha pemerintah
-
Dapat
membuat kesimpulan politik luar negeri
-
Dapat
menyebutkan arti Blok Barat dalam percaturan politik dunia
-
Dapat
menyebutkan arti Blok Timur dalam percaturan politik dunia
-
Dapat
meng-gambar negara-negara penggagas GNB
-
Dapat
menyebut-kan negara
|
|
|
|
|
|
|
4.2.
Memberikan
contoh peranan politik luar negeri
-
Dapat
menyebutkan tugas pasukan Garuda
-
Dapat
menuliskan negara tujuan Pasukan Garuda
-
Dapat
menyebutkan
-
Dapat
menceritakan peran serta
-
Dapat
menuliskan
-
Dapat
menceritakan peranan politik
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SD/MI
........................................................
NIP / NIK .........................
|
|
................................,
................
Guru
Mata Pelajaran PKN
........................................................
NIP / NIK .........................
|
2020 escape titanium | Vitanium Art
BalasHapus2020 escape hypoallergenic titanium earrings titanium. Our detailed analysis on interior design, interior design, concept design, elements titanium nipple jewelry and titanium easy flux 125 construction of titanium bike the micro touch trimmer city's interior.