RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SD
Negeri Bontojai
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : II
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar
C.
Indikator
a.kognitif
-
Proses : - Menyimak penjelasan
guru
Produk : - menyebutkan sifat bangun datar persegi dan persegi
panjang
- membuat gambar persegi dan persegi panjang
- menghitung luas dan keliling bangun datar
persegi dan persegi panjang
b.
afektif
: Melakukan
komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat
-Melakukan kerja sama .
b. psikomotor
Terampil
dalam mengerjakan tugas
D. Tujuan
Pembelajaran**
a.
kognitif
§ setelah menyimak
penjelasan guru siswa dapat, menyebutkan perbedaan sifat yang dimiliki oelh
bangun datar persegi dan persegi panjang.
§ siswa dapat menggambarkan
bentuk persegi dan persegi panjang
§ siswa dapat menghitung
luas dan keliling persegi dan persegi panjang
b.
afektif
dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, murid dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi bertanya dan berpendapat
-
dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, murid
dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok
psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa
terampil menyelesaikan soal
E.
Materi
ajar
Sifat bangun datar persegi dan
persegi panjang
F.
Metode
/ model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
FASE
|
KEGIATAN
GURU
|
Fase 1
(10 menit)
|
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai pada pembelajaran dan memotivasi siswa belajar
|
Fase 2
(15 menit)
|
Guru menyampaikan informasi kepada murid baik dengan peragaan (demonstrasi)
atau teks
|
Fase 3
(10 menit)
|
Guru membagi murid
menjadi lima kelompok secara heterogen
|
Fase 4
(20 menit)
|
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada
saat mereka megerjakan tugas
|
Fase 5
(10 menit)
|
Guru mengetes penguasaan materi murid dan
mengevaluasi hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil
kerjanya
|
Fase 6
(5 menit)
|
Guru memberikan penghargaan dan menutup pelajaran
|
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 hal.124-126.
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menyebutkan sifat bangun datar persegi dan persegi panjang
o
Membuat gambar persegi dan persegi panjang
o
Menghitung luas dan keliling persegi dan persegi panjang
|
Tugas kelompok
|
Isian
|
o
Tuliskan sifat dari :
a.
Persegi
b.
Persegi panjang
o
Gambarlah bangun persegi dan persegi panjang !
o
Hitunglah ! pada bangun persegi diketahui sisinya 5.ditanyakan
berapa luas dan kelilingnya
o
Hitunglah ! diketahui panjangnya 12 dan lebar 6 .ditanyakan
berapa luas dan kelilingnya !
|
Makassar, 1 Juni 2012
Mahasiswa
ASTRIANI NUR
Nim. K
105403 698 09
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas V
DRS. ARIFIN HJ.YULIATI
Nip. 19561231
197801 1 027 Nip. 19620727 198206 2 002
Komentar
Posting Komentar