Langsung ke konten utama

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   V/ 2
Pertemuan Ke                   :   II
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun
B.     Kompetensi Dasar
 Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar

C.    Indikator
a.kognitif
-       Proses    :  -  Menyimak penjelasan guru
                     Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang
                                      - membuat gambar persegi dan persegi panjang
                                    - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang

        b. afektif
                    : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat
                     -Melakukan kerja sama .
b.   psikomotor
Terampil dalam mengerjakan tugas
D.    Tujuan Pembelajaran**
a.      kognitif
§  setelah menyimak penjelasan guru siswa dapat, menyebutkan perbedaan sifat yang dimiliki oelh bangun datar persegi dan persegi panjang.
§  siswa dapat menggambarkan bentuk persegi dan persegi panjang
§  siswa dapat menghitung luas dan keliling persegi dan persegi panjang
b.      afektif
dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, murid dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi bertanya dan berpendapat
-      dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, murid dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok
psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa terampil menyelesaikan soal




E.     Materi ajar
Sifat bangun datar persegi dan persegi panjang
F.     Metode / model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
FASE
KEGIATAN GURU
Fase 1
(10 menit)

Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran dan memotivasi siswa  belajar
Fase 2
(15 menit)
Guru menyampaikan informasi kepada  murid baik dengan peragaan (demonstrasi) atau teks
Fase 3
(10 menit)

Guru membagi murid  menjadi lima kelompok secara heterogen
Fase 4
(20 menit)

Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka megerjakan tugas
Fase 5
(10 menit)

Guru mengetes penguasaan materi murid dan mengevaluasi hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil kerjanya
Fase 6
(5 menit)
Guru memberikan penghargaan dan menutup pelajaran

H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 hal.124-126.
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menyebutkan sifat bangun datar persegi dan persegi panjang
o  Membuat gambar persegi dan persegi panjang
o  Menghitung luas dan keliling persegi dan persegi panjang
Tugas kelompok

Isian

o  Tuliskan sifat dari :
a.       Persegi
b.      Persegi panjang
o  Gambarlah bangun persegi dan persegi panjang !
o  Hitunglah ! pada bangun persegi diketahui sisinya 5.ditanyakan berapa luas dan kelilingnya


o  Hitunglah ! diketahui panjangnya 12 dan lebar 6 .ditanyakan berapa luas dan kelilingnya !

                        Makassar,   1 Juni  2012
                        Mahasiswa

                                                                                                ASTRIANI NUR
                                                                                                Nim. K 105403 698 09


  Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas V



DRS. ARIFIN                                                                       HJ.YULIATI
Nip. 19561231 197801 1 027                                                  Nip. 19620727 198206 2 002


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   V Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A. Standar  Kompetensi :              Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun A.     Kompetensi Dasar     Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar B.      Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat                                      -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melakukan kerja sama . c. psikomotor Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi