Langsung ke konten utama

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   V/ 2
Pertemuan Ke                   :   V
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit

A. Standar  Kompetensi :          
   Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun
A.    Kompetensi Dasar    
Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar
B.     Indikator
a. kognitif
-       Proses    :  -  Menyimak penjelasan guru
                     Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat
                                     -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya
        b. afektif
                    : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat
                     -Melakukan kerja sama .
c. psikomotor
Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun datar yang diperlihatkan
C.    Tujuan Pembelajaran**      
a. pengetahuan Produk
§  siswa dapat menyebutkan sifat dari belah ketupat
§  siswa dapat menuliskan nama setiap bangun datar yang telah diperlihatkan
a.      pengetahuan proses
§  Dengan diberikan penjelasan,sifat dapat menyebutkan sifat dari bangun datar belah ketupat
§  Dengan diperlihatkan gambar,siswa dapat menetukan nama setiap gambar.
b.      afektif
dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi bertanya dan berpendapat
-      dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok
a.       psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa terampil menyelesaikan soal
D.    Materi Ajar   
Sifat Belah Ketupat



E.     Metode/ model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
( waktu )
Fase
KEGIATAN GURU
Kegiatan   1
( 10 menit )
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
1. pembacaan doa
2. mengabsen siswa
3. memotivasi siswa
4. menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan 2
(15 menit)
Menyajikan informasi
Guru menyampaikan informasi kepada murid baik dengan peragaan (demonstrasi) atau teks
Kegiatan 3
(10 menit)
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar
Guru membagi murid  menjadi lima kelompok secara heterogen
Kegiatan  4
(20 menit)

Membimbing kelompok
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka megerjakan tugas,
Kegiatan 5
(10 menit)
Evaluasi
Guru mengetes penguasaan materi murid dan mengevaluasi hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil kerjanya
Kegiatan 6
(5 menit)
Penghargaan
Guru memberikan penghargaan  ( misalnya dalam bentuk pujian)dan menutup pelajaran
     
G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .bab.4 hal. 130
H.    Penilaian
            Soal  :
           
1.      Sebutkan sifat dari belah ketupat !
2.      Sebutkan nama –nama bangun datar berikut .
Kunci Jawaban :

1. sifat dari belah ketupat adalah :
 a. mempunyai empat sisi sama panjang
b. mempunyai  empat sudut ,yaitu duasudut lancip dan dua sudut tumpul.
c. sudut yang berhadapan sama besar.

2. persegi panjang, jajaran genjang,segitiga siku-siku, layang-layang,
     Segitiga sama sisi,trapezium,belah ketupat,dan belah ketupat



                                                                                                Makassar, 13 Juni  2012

                                                                                    Mahasiswa



                                                                                     ASTRIANI NUR                   
                                                                                      Nim. K. 105403 698 09

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas V



DRS.ARIFIN                                                                        HJ.YULIATI
Nip. 19561231 197801 1 027                                     Nip. 19620727 198206 2 002

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A.     Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.      Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar C.     Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melak

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi