Langsung ke konten utama

PENGEMBANGAN RPP TAMALANREA


PENGEMBANGAN RPP TAMALANREA
 


















DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
2011/2012







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                        MATA PELAJARAN           :            IPA
                         KELAS / SEMESTER          :           IV / I
                        ALOKASI WAKTU               :          2 X 35 Menit

I.          STANDAR KOMPETENSI :
       Memahami hubungan antara sturuktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

II.        KOMPETENSI DASAR :
        Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya

III.      INDIKAT0R :
1.      Mengidentifikasi bagian – bagian bunga serta fungsinya
2.      Menjelaskan fungsi bunga bagi tumbuhan
(Indikator Karakter ):………………………………………………………………………………………………………………
....................................................................................................................................................
IV.     TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Menyebutkan 5  bagian – bagian bunga
2.      Menjelaskan fungsi bunga bagi tumbuhan
3.      Menjelaskan fungsi tiap – tiap bagian bunga


V.       MATERI POKOK
       Bagian – bagian bunga

VI.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
A.      Model Pembelajaran  SNOUWBALL TRHOWING
B.      Metode pembelajaran:
1.      Observas i( pengamatan )
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
4.      Ceramah

VII.              Langkah – langkah Pembelajaran   :

A.     Kegiatan Awal
Ø  Motivasi   :  Bernyanyi lagu lihatlah kebunku
Ø  Apersepsi :  Melakukan Tanya jawab untuk menggali pengetahuan awal siswa yang berhubungan dengan lagu yang dinyanyikan. Jawaban yang diharapkan adalah : Bunga (menjadi materi pembelajaran), selanjutnya ditulis di papan tulis : Bunga dan bagian - bagiannya
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B.      Kegiatan inti
1.      Guru memperlihatkan benda kongkrit (bunga) lalu mengajukan pertanyaan kepada siswa
·         Apa nama bunga yang pak guru sedang perlihatkan ?
·         Dapatkah kalian menyebutkan nama salah satu bagian dari bunga ini ?
2.      Siswa dibagi beberapa kelompok secara hetrogen
3.      Setiap kelompok mendapatkan satu tangkai bunga kembang sepatu dan bunga yang telah dibawa oleh siswa untuk diamati dan diidentifikasi bagian – bagiannya dengan cara mencopot bagian – bagian bunga.
4.      Siswa ditugaskan melengkapi nama bagian – bagian bunga pada gambar peraga ditempel di  papan tulis
5.      Menjelaskan fungsi bunga bagi tumbuhan dan fungsi tiap – tiap bagian bunga
6.      Bermain SNOWBALL TRHOWING untuk menguatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dengan cara : bernyanyi sambil mengepor bola pingpong yang didalamnya berisi gulungan kertas pertanyaan. Siapa / kelompok yang menada/memegang bola ketika lagu dihentikan maka ia akan menjawab pertanyaan yang ada didalam bola. Yang tidak bias menjawab maka berdiri ditempatnya sampai selesai permainan.
7.      Mengadakan evaluasi pembelajaran

C.      Kegiatan Akhir  :
Ø    Membingbing siswa membuat kesimpulan pembelajaran dan mencatatnya
Ø    Pemberian tugas PR
Ø    Pesan – pesan moral

VIII.            Alat dan Sumber Belajar

1.  Bunga dan gambar bunga
     2.   Buku Sains Kelas IV, Much.Azam/Platinum PT. TG. Serangkai  
3 .  Lingkungan Sekolah                                                                                 
             4 .  Lenmbar Kerja Siswa( terlampir)                                                         

IX.      Penilaian
       Bentuk Penilaian
1.      Tes tertulis
2.      Penilaian proses

A.     Contoh Instrumen Penilaian tertulis :
1.      Tuliskan  5 bagian – bagian bunga!
2. Apa fungsi bunga bagi tumbuhan ?
3.  Jelaskan fungsi tiap - tiap  bagian  bunga !

B.      P roses  :Menilai kinerja siswa per kelompok dalam melakukan kegiatan dengan    menggunakan format berikut

Kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
(1 – 4 )
Rata-rata
Kerja sama
Keaktifan
Penggunaan waktu





























       Mengetahui                                                        Makassar,

Kepala Sekolah                                                              Wali kelas
                                    







                                                                                                             

                                                                                                                               

                                                                                                             






Lampiran :

A. Soal – soal evaluasi
       1. Sebutkan 5 bagian – bagian bunga!
       2. Apa fungsi bunga bagi tumbuhan ?
       3. Jelaskan  fungsi tiap-tiap bagian bunga !
B. Kunci jawaban
     1. Bagian – bagian bunga adalah
©      Tangkai bunga
©      Dasar bunga
©      Kelopak bunga
©      Mahkota bunga
©      Benang sari
©      Putik

2.      Fungsi bunga bagi tumbuhan adalah sebagai tempat berlangsunnya         perkembangbiakan
      
3        Fungsi bagian – bagian bunga:
     Tangkai bunga, yaitu menghubungkan ranting dengan  bunga
©      Dasar bunga yaitu sebagai tempat melekatnya bunga
©      Kelopak sebagai pembungkus bunga sebelum mekar
©      Mahkota sebagai daya tarik/perhiasan
©      Benang sari sebagai alat kelamin jantan pada bunga
©      Putik sebai alat kelamin betina pada bunga



C.     Skor Penilaian
Nomor  soal
1
2
3
Skor penilaian
5
5
10

           Nilai   =     x  100 =





   

               LEMBAR   KERJA  SISWA




Petunjuk :
-          Amatilah macam – macam bunga yang ada di halaman sekolah/yang kamu bawa dengan teliti. Perhatikan bagian – bagian bunga masing – masing. Dancopotlah satu persatu tiap-tiap bagian bunga yaitu ; tangkai bunga, kelopak, mahkota, benang sari, putik.
-          Beri tanda contreng (√) pada kolom yang sesuai jika bagian – bagian bunga itu ada dan tanda strip (- ) bila tidak ada

Tabel bunga dan bagian – bagiannya

No
Nama bunga
Tangkai bunga
Kelopak
Mahkota
Benang sari
Putik
1






2






3






4







Berdasarkan hasil pengamatan kalian

1.      Apakah semua bunga memiliki bagian – bagian yang sama ?
 Jawab :    ……………………………………………………………………………………..
2.      Dari bunga yang kalian amati, bunga apa yang terdiri dari tangkai, kelopak,mahkota,benang sari,putik ?
Jawab :  …………………………………………………………………………………………
3    Disebut apaka bunga yang terdiri dari tangkai kelopak,mahkota,benang sari,putik ?
      Jawab ………………………………………………………………………………………
3.   Adakah bunga yangkalian amati mempunyai putik tetapi tidak mempunyai benang sari ? …………………… disebut apakah bunga tersebut ?   ………………………………………….

 






Kamu pasti bias seperti sayaaaaaaaaaaaa haaaaaaaaaa  !!!!!!!!



Lampiran :   BOLA PERMAINAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBAL TRHOWING
                 
                 PERTANYAAN :


APA PERBEDAAN BUNGA SEMPURNA DENGA N BUNGA TIDAK SEMPURNA?

APA FUNGSI BUNGA BAGI TUMBUHAN ?
 




                                                              

DIESEBUT  APAKAH BUNGA YANG MEMILIKI SEMUA BAGIAN ?



JELASKAN APA YANG DIMAKSUD BUNGA SEMPURNA?


APA FUNGSI TANGKAI BUNGA ?


APA FUNGSI BENANG SARI DAN PUTIK ?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A.     Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.      Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar C.     Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melak

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   V Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A. Standar  Kompetensi :              Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun A.     Kompetensi Dasar     Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar B.      Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat                                      -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melakukan kerja sama . c. psikomotor Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi