RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SD
Negeri Bontojai
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : III
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A. Standar
Kompetensi :
Mengindentifikasi sifat –
sifat bangun dan hubungan antar bangun
B. Kompetensi Dasar
Mengetahui
sifat –sifat bangun datar
C. Indikator
a. kognitif
-
Proses : - Menyimak penjelasan
guru
Produk : - menyebutkan sifat dari
Trapesium dan Jajaran Genjang
- membuat
gambar Trapesium dan Jajajran Genjang
b.
afektif
: Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan
berpendapat
-Melakukan kerja sama .
psikomotor
memperlihatkan gambar Trapesium dan Jajaran
Genjang
D. Tujuan
Pembelajaran**
kognitif
§ setelah menyimak penjelasan
guru siswa dapat, menuliskan sifat dari bangun datar Trapesium dan jajaran
Genjang
§ siswa dapat membuat gambar
Trapesium dan Jajaran Genjang
afektif
dengan terlibat aktif dalam pembelajaran,
murid dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi
presentasi bertanya dan berpendapat
psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa
terampil menyelesaikan soal dan membuat gamabr bentuk
Trapesium dan Jajaran Genjang
E.
Materi
ajar
Bangun
datar Trapesium dan Jajaran Genjang
F.
Metode
/ model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT
G. Langkah-langkah Pembelajaran
FASE
|
KEGIATAN
GURU
|
Fase 1
(10 menit)
|
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai pada pembelajaran dan memotivasi siswa belajar
|
Fase 2
(15 menit)
|
Guru menyampaikan informasi kepada murid baik dengan
peragaan (demonstrasi) atau teks
|
Fase 3
(10 menit)
|
Guru membagi murid
menjadi lima kelompok secara heterogen
|
Fase 4
(20 menit)
|
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada
saat mereka megerjakan tugas
|
Fase 5
(10 menit)
|
Guru mengetes penguasaan materi murid dan
mengevaluasi hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil
kerjanya
|
Fase 6
(5 menit)
|
Guru memberikan penghargaan
|
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 Hal. 126- 129.
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menyebutkan sifat Trapesium
dan Jajajran Genjang
o Membuat gambar Trapesium dan
Jajaran Genjang
|
Tugas kelompok
|
Isian
|
o
Tuliskan sifat dari Trapesium dan jajaran genjang !
o
Gambarlah bentuk Trapesium dan Jajaran Genjang !
|
Makassar, 6 Juni
2012
Mahasiswa
ASTRIANI NUR
Nim. K
105403 698 09
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas V
DRS. ARIFIN HJ.YULIATI
Nip. 19561231
197801 1 027 Nip. 19620727 198206 2 002
Komentar
Posting Komentar