RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SD
Negeri Bontojai
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
Memahami sifat – sifat bangun
dan hubungan antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
Mengindentifikasi sifat –
sifat bangun datar
C.
Indikator
a.kognitif
-
Proses : - Menyimak penjelasan
guru
Produk : - menyebutkan
jenis – jenis bangun datar
-
menyebutkan sifat – sifat dari bangun datar segitiga
- menyebutkan jenis – jenis segitiga
- menggambarkan jenis – jenis segitiga
b.
afektif
: Melakukan
komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat
-Melakukan kerja sama .
b. psikomotor
Dengan
memperlihatkan macam – macam bangun
datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun datar yang diperlihatkan
D. Tujuan
Pembelajaran**
a. pengetahuan Produk
§ siswa dapat menyebutkan
jenis – jenis bangun datar
§ siswa dapat menyebutkan
sifat dari bangun datar segitiga
§ siswa dapat menyebutkan
jenis – jenis dan sifat – sifat dari
bangun datar segitiga
§ siswa mampu
membuat gambar jenis – jenis segitiga
b.
pengetahuan proses
§ Dengan
diberikan penjelasan tentang jenis – jenis bangun datar ,siswa dapat
menyebutkan kembali .
§ Dengan diperlihatkan
gambar segitiga siswa mampu menyebutkan sifatnya
§ Dengan
diberikan penjelasan,siswa mampu menyebutkan perbedaan jenis – jenis dan sifat
dari bangun datar segitiga
§ Setelah
diperlihatkan gambar ,siswa mampu mengambarkan kembali bentuk jenis – jenis
bangun datar segitiga
c.
afektif
dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi bertanya dan berpendapat
-
dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa
dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok
d.
psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa
terampil menyelesaikan soal
E.
Materi
Ajar
Jenis – jenis bangun datar dan sifat
bangun datar segitiga
F.
Metode/
model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
(
waktu )
|
Fase
|
KEGIATAN
GURU
|
Kegiatan 1
( 10 menit )
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa
|
1. pembacaan doa
2. mengabsen siswa
3. memotivasi siswa: dengan
memperlihatkan bentuk bangun datar
4. menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Kegiatan 2
(15 menit)
|
Menyajikan informasi
|
Guru menyampaikan informasi kepada murid baik
dengan peragaan (demonstrasi) atau teks
|
Kegiatan 3
(10 menit)
|
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar
|
Guru membagi murid
menjadi lima kelompok secara heterogen
|
Kegiatan 4
(20 menit)
|
Membimbing kelompok
|
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada
saat mereka megerjakan tugas,
|
Kegiatan 5
(10 menit)
|
Evaluasi
|
Guru mengetes penguasaan materi murid dan mengevaluasi
hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil kerjanya
|
Kegiatan 6
(5 menit)
|
Penghargaan
|
Guru memberikan penghargaan ( misalnya dalam bentuk pujian)dan menutup
pelajaran
|
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .bab.4 hal. 121 - 124
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menyebutkan jenis – jenis
bangun datar
o Menyebutkan sifat –sifat
dari bangun datar segitiga
o Menyebutkan jenis-jenis
bangun datar dan sifatnya
o Membuat gambar jenis-jenis
segitiga
|
Tugas kelompok
|
Isian
|
o Sebutkan
jenis – jenis bangun datar !
o Sebutkan
sifat-sifat dari bangun datar segitiga !
o Sebutkan
jenis – jenis bangun datar segitiga !
o Tuliskan
sifat dari bangun datar segitiga sama kaki !
o Gambar
3 bentuk segitiga !
|
Kunci
jawaban :
1. Jenis-jenis bangun datar yaitu :
segitiga,persegi dan persegi panjang,trapesium,laying-layang,jajaran
genjang,belah ketupat,dan lingkaran.
2. Sifat –sifat dari bangun datar
segitiga yaitu :memiliki tiga sisi, dan tiga titik sudut.
3. Jenis –jenis bangun datar segitiga
yaitu : segitiga sama sisi,segitiga sama
kaki,segitiga siku-siku,dan segitiga sembarang.
4. Sifat bangun datar sama kaki adalah : mempunyai
dua sisi yang sama panjang,dan mempunyai dua sudut yang sama besar.
5.
Gambar
segitiga :
a. Segitga
sama sisi b.
segitiga sama kaki
c. Segitiga siku – siku
Makassar,
30 Mei 2012
Mahasiswa
ASTRIANI NUR
Nim. K. 105403 698
09
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas V
DRS.ARIFIN HJ.YULIATI
Nip. 19561231 197801 1 027
Nip. 19620727 198206 2 002
Komentar
Posting Komentar