Langsung ke konten utama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   V/ 2
Pertemuan Ke                   :   1
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
   Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.     Kompetensi Dasar          
Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar
C.    Indikator
a.kognitif
-       Proses    :  -  Menyimak penjelasan guru
                     Produk :  - menyebutkan jenis – jenis bangun datar
                                     -  menyebutkan sifat – sifat dari  bangun datar segitiga
                                      - menyebutkan  jenis – jenis segitiga
                                     - menggambarkan jenis – jenis segitiga
        b. afektif
                    : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat
                     -Melakukan kerja sama .
b.   psikomotor
Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun datar yang diperlihatkan
D.    Tujuan Pembelajaran**
a.      pengetahuan Produk
§  siswa dapat menyebutkan jenis – jenis bangun datar
§  siswa dapat menyebutkan sifat dari bangun datar segitiga
§  siswa dapat menyebutkan jenis – jenis dan  sifat – sifat dari bangun datar segitiga
§  siswa mampu membuat gambar jenis – jenis segitiga
b.      pengetahuan proses
§  Dengan diberikan penjelasan tentang jenis – jenis bangun datar ,siswa dapat menyebutkan kembali .
§  Dengan diperlihatkan gambar segitiga siswa mampu menyebutkan sifatnya
§  Dengan diberikan penjelasan,siswa mampu menyebutkan perbedaan jenis – jenis dan sifat dari bangun datar segitiga
§  Setelah diperlihatkan gambar ,siswa mampu mengambarkan kembali bentuk jenis – jenis bangun datar segitiga


c.       afektif
dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi bertanya dan berpendapat
-      dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok
d.      psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa terampil menyelesaikan soal
E.     Materi Ajar         
Jenis – jenis bangun datar dan sifat bangun datar segitiga

F.     Metode/ model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
( waktu )
Fase
KEGIATAN GURU
Kegiatan   1
( 10 menit )
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
1. pembacaan doa
2. mengabsen siswa
3. memotivasi siswa: dengan memperlihatkan bentuk bangun datar
4. menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan 2
(15 menit)
Menyajikan informasi
Guru menyampaikan informasi kepada murid baik dengan peragaan (demonstrasi) atau teks
Kegiatan 3
(10 menit)
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar
Guru membagi murid  menjadi lima kelompok secara heterogen
Kegiatan  4
(20 menit)

Membimbing kelompok
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka megerjakan tugas,
Kegiatan 5
(10 menit)
Evaluasi
Guru mengetes penguasaan materi murid dan mengevaluasi hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil kerjanya
Kegiatan 6
(5 menit)
Penghargaan
Guru memberikan penghargaan  ( misalnya dalam bentuk pujian)dan menutup pelajaran
     
H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .bab.4 hal. 121 - 124
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menyebutkan jenis – jenis bangun datar

o  Menyebutkan sifat –sifat dari bangun datar segitiga

o  Menyebutkan jenis-jenis bangun datar dan sifatnya

o  Membuat gambar jenis-jenis segitiga

Tugas kelompok

Isian

o  Sebutkan jenis – jenis bangun datar !
o  Sebutkan sifat-sifat dari bangun datar segitiga !
o  Sebutkan jenis – jenis bangun datar segitiga !
o  Tuliskan sifat dari bangun datar segitiga sama kaki !
o  Gambar 3 bentuk segitiga !
                                                           







Kunci jawaban :

1.      Jenis-jenis bangun datar yaitu : segitiga,persegi dan persegi panjang,trapesium,laying-layang,jajaran genjang,belah ketupat,dan lingkaran.
2.      Sifat –sifat dari bangun datar segitiga yaitu :memiliki tiga sisi, dan tiga titik sudut.
3.      Jenis –jenis bangun datar segitiga yaitu  : segitiga sama sisi,segitiga sama kaki,segitiga siku-siku,dan segitiga sembarang.
4.       Sifat bangun datar sama kaki adalah : mempunyai dua sisi yang sama panjang,dan mempunyai dua sudut yang sama besar.
5.      Gambar segitiga :
a.       Segitga sama sisi                                           b. segitiga sama kaki




c. Segitiga siku – siku                                   
 

                                                                                 



                                                                       
                                                                                                Makassar,  30 Mei 2012

                                                                                    Mahasiswa


                                                                                     ASTRIANI NUR   
                                                                                      Nim. K. 105403 698 09

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas V



DRS.ARIFIN                                                                        HJ.YULIATI
Nip. 19561231 197801 1 027                                     Nip. 19620727 198206 2 002

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A.     Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.      Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar C.     Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melak

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   V Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A. Standar  Kompetensi :              Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun A.     Kompetensi Dasar     Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar B.      Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat                                      -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melakukan kerja sama . c. psikomotor Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi