RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SD Negeri Bontojai
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1V
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
Memahami sifat-sifat bangun dan
hubungan antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
Mengindentifikasi sifat-sifat
bangun datar
C. Indikator
a. kognitif
-
Proses : - Menyimak penjelasan
guru
Produk : - menyebutkan sifat dari
layang-layang
- mempraktekkan cara membuat layang-layang
dengan alat yang telah ditentukan .
b. afektif
: - Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan
berpendapat
-Melakukan kerja sama .
psikomotor
Terampil
dalam mengerjakan tugas, bersama teman kelompok Dalam membuat layang -layang
D.
Tujuan
Pembelajaran**
kognitif
§ setelah menyimak
penjelasan guru siswa dapat, menyebutkan sifat dari layang-layang
§ siswa dapat membuat
layang-layang secara perkelompok
a.
afektif
dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, murid dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi bertanya dan berpendapat
psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa
terampil menyelesaikan pembuatan layang-layang
E.
Metode
/ model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT
F.
Materi
Ajar
Bangun datar Layang-layang
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
FASE
|
KEGIATAN
GURU
|
Fase 1
(10 menit)
|
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai pada pembelajaran dan memotivasi siswa belajar
|
Fase 2
(15 menit)
|
Guru menyampaikan informasi kepada murid baik
dengan peragaan (demonstrasi) atau teks
|
Fase 3
(10 menit)
|
Guru membagi murid
menjadi lima kelompok secara heterogen
|
Fase 4
(20 menit)
|
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada
saat mereka megerjakan tugas
|
Fase 5
(10 menit)
|
Guru mengetes penguasaan materi murid dan
mengevaluasi hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil
kerjanya
|
Fase 6
(5 menit)
|
Guru memberikan penghargaan dan menutup pelajaran
|
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 Hal.129-130
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menyebutkan sifat dari bangun datar layang-layang
o
Membuat layang-layang
|
Tugas
kelompok
|
Isian / praktek
|
o
Sebutkan sifat dari layang-layang ?
o
Mempraktekkan cara pembuatan layang-layang !
|
Makassar, 9 Juni
2012
Mahasiswa
ASTRIANI NUR
Nim. K
105403 698 09
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas V
DRS. ARIFIN HJ.YULIATI
Nip. 19561231
197801 1 027 Nip. 19620727 198206 2 002
Komentar
Posting Komentar