Langsung ke konten utama

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 menyebutkan sifat dari layang-layang


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               : SD Negeri Bontojai
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                  : V/ 2
Pertemuan Ke                   : 1V
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
   Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.     Kompetensi Dasar
Mengindentifikasi sifat-sifat bangun datar
C.    Indikator
a.   kognitif
-       Proses    :  -  Menyimak penjelasan guru
                   Produk   :  - menyebutkan sifat dari layang-layang
                                   -   mempraktekkan cara membuat layang-layang dengan alat yang telah ditentukan .


b. afektif
                    : - Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat
                     -Melakukan kerja sama .
psikomotor
Terampil dalam mengerjakan tugas, bersama teman kelompok Dalam membuat layang -layang
D.    Tujuan Pembelajaran**
kognitif
§  setelah menyimak penjelasan guru siswa dapat, menyebutkan sifat dari layang-layang
§  siswa dapat membuat layang-layang secara perkelompok
a.      afektif
dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, murid dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi bertanya dan berpendapat
psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa terampil menyelesaikan pembuatan layang-layang
E.     Metode / model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT



F.     Materi Ajar
Bangun datar Layang-layang
G.    Langkah-langkah Pembelajaran          
FASE
KEGIATAN GURU
Fase 1
(10 menit)

Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran dan memotivasi siswa  belajar
Fase 2
(15 menit)
Guru menyampaikan informasi kepada murid baik dengan peragaan (demonstrasi) atau teks
Fase 3
(10 menit)

Guru membagi murid  menjadi lima kelompok secara heterogen
Fase 4
(20 menit)

Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka megerjakan tugas
Fase 5
(10 menit)

Guru mengetes penguasaan materi murid dan mengevaluasi hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil kerjanya
Fase 6
(5 menit)
Guru memberikan penghargaan dan menutup pelajaran

H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 Hal.129-130
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menyebutkan sifat dari bangun datar layang-layang
o  Membuat layang-layang
Tugas
kelompok

 Isian / praktek

o  Sebutkan sifat dari layang-layang ?
o  Mempraktekkan cara pembuatan layang-layang !

                        Makassar,   9  Juni  2012
                        Mahasiswa

                                                                                                ASTRIANI NUR
                                                                                                Nim. K 105403 698 09


       Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas V



DRS. ARIFIN                                                                       HJ.YULIATI
Nip. 19561231 197801 1 027                                                  Nip. 19620727 198206 2 002

Pos populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit
A.Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar
C.Indikator a.kognitif -Proses    :  - Menyimak penjelasan guru Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang
        b. afektif

RPP Tematik Kelas I ( Lingkungan )

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  Tematik
Nama Sekolah     :  ................................. Tema                    :  Lingkungan  Kelas/Semester    :  I / 1 Alokasi Waktu     : 2 minggu
Standar Kompetensi : 1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.         2. IPA              :  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara  perawatannya. 3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. 4. Matematika :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. 5. Bahasa Indonesia : ·Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang       dilisankan. ·Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. ·Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. ·Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkap…

RPP Tematik Kelas I ( Budi Pekerti )

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  Tematik
Nama Sekolah     :  ................................. Tema                    :  Budi Pekerti Kelas/Semester    :  I / 1 Alokasi Waktu     : 2 minggu
Standar Kompetensi : 1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.         2. IPA              :  Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat 3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. 4. Matematika :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 5. Bahasa Indonesia : ·Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang                                   lisankan. ·Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan                           dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan            fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. ·Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. ·Menulis    : Menulis permulaan dengan menji…