RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SD
Negeri Bontojai
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : VI
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi :
Memahami sifat – sifat bangun
dan hubungan antar bangun
A. Kompetensi Dasar
Mengindentifikasi sifat –
sifat bangun datar
B. Indikator
a. kognitif
-
Proses : - Menyimak penjelasan
guru
Produk : - menyebutkan sifat dari bangun datar Lingkaran
-
membuat gambar lingkaran dengan menggunakan jangka.
b.
afektif
: Melakukan
komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat
-Melakukan kerja sama .
c.
psikomotor
Dengan
memperlihatkan benda disekitar kita yang
berhubungan dengan lingkaran.
C. Tujuan
Pembelajaran**
a. pengetahuan Produk
a.
siswa dapat menyebutkan sifat dari lingkaran
b. siswa dapat membuat
lingkaran dengan menggunakan jangka
b. pengetahuan
proses
a. Dengan
diberikan penjelasan,sifat dapat menyebutkan sifat dari bangun datar lingkaran
b. Dengan
diperlihatkan benda yang berhubungan dengan lingkaran,siswa mampu membuat
lingkaran dengan menggunakan jangka
c.
afektif
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi bertanya dan berpendapat
ii.
dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa
dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok
b.
psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa
terampil menyelesaikan soal
E. Materi Ajar
Sifat Lingkaran
F. Metode/ model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
(
waktu )
|
Fase
|
KEGIATAN
GURU
|
Kegiatan 1
( 10 menit )
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa
|
1. pembacaan doa
2. mengabsen siswa
3. memotivasi siswa: dengan
memperlihatkan benda yang berbentuk lingkaran.
4. menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Kegiatan 2
(15 menit)
|
Menyajikan informasi
|
Guru menyampaikan informasi kepada murid baik
dengan peragaan (demonstrasi) atau teks
|
Kegiatan 3
(10 menit)
|
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar
|
Guru membagi murid
menjadi lima kelompok secara heterogen
|
Kegiatan 4
(20 menit)
|
Membimbing kelompok
|
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada
saat mereka megerjakan tugas,
|
Kegiatan 5
(10 menit)
|
Evaluasi
|
Guru mengetes penguasaan materi murid dan
mengevaluasi hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil
kerjanya
|
Kegiatan 6
(5 menit)
|
Penghargaan
|
Guru memberikan penghargaan ( misalnya dalam bentuk pujian)dan menutup
pelajaran
|
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a. Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .bab.4 hal. 131-133
I. Penilaian
Soal
:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menyebutkan sifat dari bangun datar lingkaran
o
Membuat gambar lingkaran dengan menggunakan jangka
|
Tugas
individu
|
uraian
|
o
Sebutkan sifat dari lingkaran?
o
Pada
kertas, gambarlah 3 buah lingkaran masing-masing :
a. Berjari – jari 7 cm
b. Berjari-jari 10 cm
c. Berdiameter 8 cm
|
Makassar,
15 Juni 2012
Mahasiswa
ASTRIANI NUR
Nim. K. 105403 698
09
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas V
DRS.ARIFIN HJ.YULIATI
Nip. 19561231 197801 1 027 Nip. 19620727 198206 2 002
Komentar
Posting Komentar