Langsung ke konten utama

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Lingkaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   V/ 2
Pertemuan Ke                   :   VI
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit

A. Standar  Kompetensi :          
   Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun
A.    Kompetensi Dasar    
Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar
B.     Indikator
a. kognitif
-       Proses    :  -  Menyimak penjelasan guru
                     Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Lingkaran
                                     -  membuat gambar lingkaran dengan menggunakan  jangka.
        b. afektif
                    : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat
                     -Melakukan kerja sama .
c. psikomotor
Dengan memperlihatkan  benda disekitar kita yang berhubungan dengan lingkaran.
C.    Tujuan Pembelajaran*
a. pengetahuan Produk
a.       siswa dapat menyebutkan sifat dari lingkaran
b.      siswa dapat membuat lingkaran dengan menggunakan jangka
b. pengetahuan proses
a. Dengan diberikan penjelasan,sifat dapat menyebutkan sifat dari bangun datar lingkaran
b. Dengan diperlihatkan benda yang berhubungan dengan lingkaran,siswa mampu membuat lingkaran dengan menggunakan jangka
c.       afektif
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi bertanya dan berpendapat
                                                                  ii.      dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok
b.      psikomotor
pada saat pembelajaran berlangsung siswa terampil menyelesaikan soal

E.     Materi Ajar          
Sifat Lingkaran



F.     Metode/ model Pembelajaran
Metode : ceramah , penugasan
Model : kooperatif tipe TGT
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
( waktu )
Fase
KEGIATAN GURU
Kegiatan   1
( 10 menit )
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
1. pembacaan doa
2. mengabsen siswa
3. memotivasi siswa: dengan memperlihatkan benda yang berbentuk lingkaran.
4. menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan 2
(15 menit)
Menyajikan informasi
Guru menyampaikan informasi kepada murid baik dengan peragaan (demonstrasi) atau teks
Kegiatan 3
(10 menit)
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar
Guru membagi murid  menjadi lima kelompok secara heterogen
Kegiatan  4
(20 menit)

Membimbing kelompok
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka megerjakan tugas,
Kegiatan 5
(10 menit)
Evaluasi
Guru mengetes penguasaan materi murid dan mengevaluasi hasil belajar murid atau kelompok atau mempersentasekan hasil kerjanya
Kegiatan 6
(5 menit)
Penghargaan
Guru memberikan penghargaan  ( misalnya dalam bentuk pujian)dan menutup pelajaran
     
H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.      Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .bab.4 hal. 131-133







I.       Penilaian
            Soal  :
           

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menyebutkan sifat dari bangun datar lingkaran
o  Membuat gambar lingkaran dengan menggunakan  jangka
Tugas
individu

 uraian

o  Sebutkan sifat dari lingkaran?
o  Pada kertas, gambarlah 3 buah lingkaran masing-masing :
a.       Berjari – jari 7 cm
b.      Berjari-jari 10 cm
c.       Berdiameter 8 cm


                                                                                                Makassar, 15 Juni 2012

                                                                                    Mahasiswa



                                                                                     ASTRIANI NUR  
                                                                                      Nim. K. 105403 698 09

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas V



DRS.ARIFIN                                                                        HJ.YULIATI
Nip. 19561231 197801 1 027                                     Nip. 19620727 198206 2 002

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A.     Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.      Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar C.     Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melak

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   V Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A. Standar  Kompetensi :              Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun A.     Kompetensi Dasar     Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar B.      Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat                                      -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melakukan kerja sama . c. psikomotor Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi