Langsung ke konten utama

RPP Tematik Kelas I ( Kebersihan )


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Kebersihan
Kelas/Semester    :  I / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                                       :  Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah.
2.  IPS                                        :  Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                             :  Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.  Matematika                           :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan  sampai dengan dua angka dalam  pemecahan
                                                  masalah.
5.  Bahasa Indonesia                  :
·         Mendengarkan      :  Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
·         Berbicara            :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi
secara  lisan dengan gambar, percakapan  sederhana        
dan dongeng.
·         Membaca        :  Memahami  teks pendek dengan membaca lancar
dan   membaca puisi anak.
·         Menulis          :   Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung 
 melalui dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan :  Mengapresiasi karya seni  musik.
 
Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Menceritakan  kembali peristiwa   penting.
2. IPA :
·         Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.
·         Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
3.      PKN :
  • Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah.
4.  Matematika :
  • Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5.  Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·         Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
 Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
  1. Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam

I.      Tujuan Pembelajaran**  :
                  Sisawa dapat  :
·         Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·         Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain
·         Memperagakan cara menggerakkan benda
·         Menyebutkan bentuk gerak.
·         Menjelaskan penyebab gerak.
·         Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak
·         Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
·         Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
·         Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
·         Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan
·         Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
·         Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
·         Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
·         Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
·         Penjumlahan secara bersusun panjang.
·         Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
·         Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·         Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimik yang sesuai.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain
·         Menentukan sumber bunyi.
·         Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·         Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Hak anak di rumah dan disekolah.
·         Peristiwa yang pernah dialami
·         Energi dan perubahannya
·         Oprasi hitung bilangan.
·         Gambar tunggal atau gambar seri.
·         Dongeng.
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka
·         Membaca lancar
·         Membaca puisi anak
·         Menulis huruf sambung.
·         Menyalin puisi
·         Unsur-unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik.
III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR
·         Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah lalu.

B. Kegiatan inti   :
      Minggu I
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Atas permintaan guru siswa memberikan contoh yang biasa dilakukan  ketika menyampaikan keinginan kepada orang tua.
F Memberikan tanggapan dan penilaian pada setiap tampilan siswa.
F Memberi pujian dan penguatan kepada siswa yang menyampaikan keinginannya dengan cara dan bahasa yang sopan.
F Menjelaskan alasan mengapa ketika meminta/ menyampaikan keinginan tersebut harus dilakukan dengan cara dan bahasa yang sopan.
F Menjelaskan bahwa benda yang berbentuk bola lebih mudah bergerak dibandingkan bentuk lain.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 24 + 12 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperagakan sesuai dengan cara dan bahasa yang sopan.
F Melalui peragaan siswa dapat memeperagaakan cara menggerakkan benda.
F Setelah dapat memperagakan ,siswa mengambil kesimpulan bentuk benda mempengaruhi mudah dan sulitnya benda bergerak.
F Menyebutkan bermacam bentuk benda ( benda yang besar, kecil, segi tiga, kerucut, bola, kubus, tak beraturan, tabung)
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 32 + 15 )
F Mengamati benda/ model yang ditunjukkan oleh guru.
F Menyimak contoh deskripsi yang disampaikan guru  dari benda tersebut.
F Meniru/ mengulang deskripsi yang sesuai dengan deskripsai guru.
F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru, siswa menyebutkan nama benda yang sesuai dengan namanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari benda lain dan mendeskripsikannya dengan bimbingan guru.
F Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
F Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.
F Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar.
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak dongeng yang disampaikan guru.
F Memberi tanggapan positif terhadap penampilan siswa.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 31 + 17)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan tokoh dalam dongeng tersebut.
F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng tersebut di depan kelas.
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
F Dari peragaan menggerakkan benda, siswa menjelaskan bentuk gerak benda.
F Melalui peragaan langsung siswa dapat  menyebutkan bahwa benda dapat bergerak bila  didorong, ditendang, ditarik,  ada yang bergerak ke depan, ke samping, ke belakang dan ada pula yang bergerak berputar.
F Setelah melakukan peragaan siswa mengerjakan LKS.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 mnt.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengingat kembali dongeng yang disampaikan guru dengan menyampaikan ringkasannya.
F Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng .
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 14 + 32 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng yang telah didengarkan.
F Menceritakan isi dongeng dengan bahasa yang dimengerti.dengan menggunakan kalimat sendiri.
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 25 + 11 )
F Melalui cerita guru tentang hal yang disukai dan hal yang tidak disukai, siswa termotivasi untuk menyampaikan pengalamannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Siswa menyampaikan hal yang disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.
F Siswa menyampaikan hal yang tidak disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.
F Menuliskan kesukaan dan ketidak sukaan pada suatu kegiatan pada Lembar Kerja secara individual.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang masa kecil atau tentang peristiwa yang berkesan, siswa termotivasi untuk menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya.
F Secara bergilir untuk anak yang mempunyai keberanian , menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan kepada teman-temannya.
F Siswa lain memberi tanggapan terhadap penampilan temannya.
F Mengingat kembali hal yang disukai dan yang tidak disukai.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi alam dan non alam.
F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi.
F Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dll.
F Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang ada di sekitar siswa.
F Menyampaikan alasan mengapa benda / kegiatan tersebut disukai.
F Menyampaikan alasan mengapa suatu benda/ kegiatan tidak disukai.
F Membuat kesimpulan bersama – sama, bahwa setiap manusia mempunyai rasa suka atau tidak suka yang tidak sama.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 Minggu I
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa mengingat kembali pengalaman bermain yang mengesankan sebagai bukti hak anak telah dirasakan.
F Memberikan beberapa contoh benda yang bergerak karena diberi energi ( gerobak dapat bergerak karena diberi energi melalui dorongan tangan, mobil bergerak karena menggunakan bensin bola masuk gawang  melalui energi tendangan kaki).
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    23
   23 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan pengalaman bermain bersama teman, adik atau anggota keluarga yang lain.
F Dengan bimbingan guru siswa mengambil kesimpulan dari setiap pengalaman bermain tersebut sebagai ilmu pengetahuan.
F Memberikan penghargaan bagi siswa yang baik dalam menyampaikan ceritanya.
F Melalui pengamatan pada model  dan demontrasi siswa dapat menemukan fakta bahwa benda dapat bergerak karena diberi tenaga disebut juga energi.
F Setelah menyebutkan penyebab dari benda bergerak ( ada energi ) siswa dapat menemukan fakta sumber energi dari taip benda bergerak ( makanan sumber energi manusia, bensin sumber energi bagi kendaraan, batu batre sumber energi bagi mobil-mobilan, listrik sumber energi bagi TV radio lemari es dll.)
                                                             
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis. 22 +
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    15
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek.
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    14
                                                15 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda panjang .
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Melalui diskusi kelompok sederhana, siswa menyusun daftar gerak benda dan sumber geraknya.
F Melaporkan hasil diskusi di hadapan teman-temannya.
F Memberikan tanggapan positif terhadap hasil diskusi siswa/ temannya.
F Membuat kesimpulan bersama.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan penggalan cerita  yang terdiri dari 5– 7 baris  yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    16
                                                 32+
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.
F Membaca dengan memperhatikan kata tertentu sesuai tema..
F Mencari arti kata yang diberi tanda khusus.
F Membuat kaliamt dari kata yang mempunyai arti khusus.
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa  Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak puisi yang dibagikan kepada siswadari syair lagu anak-anak.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    17
                                                 22 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca puisi dengan intonasi dan lafal yang baik dengan bimbingan guru secara klasikal.
F Membacakan puisi di depan kelas.
F Memberikan tanggapan positif terhadap penampilan siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  ( Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.
F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang dapat menguat dan melemah.
F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik menguat dan melemah.
F Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik menguat dan melamah.
F Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
F Mengingat kembali puisi yang telah dihapalkan bersama.
F Mendeklamasikan di depan kelas tanpa membawa catatan.
F Mengekspresikan  dalam gerak dan mimic yang sesuai dan wajar.
F Memberi penilaian terhadap siswa yang telah berani dan hafal puisi tersebut.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Minggu ke 3
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah siswa menyebutkan dan menjelaskan teori sumber energi gerak, siswa melakukan peragaan langsung untuk membuktikan adanya sumber energi gerak .
F Menjelaskan sikap yang harus dilakukan  ketika mendapatkan kesulitan dalam pelajaran atau hal lain, baik di sekolah, di rumah atau di tepat lain.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      23 = .......+ ......
                                                    23 = ........+ ...... +
                                                  =  ........+ .........
                                                  = .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan batere yang dimasukan ke dalam mobil-mobilan, dan akhirnya mobil-mobilan dapat bergerak, lalu batere di buka kembali siswa dapat membuktikan mobil-mobilan tidak dapat bergerak.
F Melakukan peragaan melalui pegas/per dengan cara pulpen yang menggunakan pegas dibuka per/ pegasnya, dan dapat melihat akibatnya. Per/ pegas dimasukkan kembali ke dalam pulpen dan dapat melihat perubahannya. Melihat jungkat-jungkit yang biasa dipakai bermain, jungkai-jungkit dapat bergerak bila di bawahnya ada pegas/ per. Tapi bila pegas/per di ambil apa yang terjadi ?
F Membuat kesimpulan sementara bersama-sama.
F Melalui diskusi sederhana dalam kelompok dan pengalaman , siswa menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan di sekolah mau pun di rumah.
F Menjelaskan dan melaporkan hasil diskusi.
F Memberi tanggapan terhadap hasil diskusi teman/ siswa dengan memberikan tepuk tangan.
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatiakn kalimat yang ditulis guru di papan tulis.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunkan huruf besar ( kapital).
F Membaca tiap kalimat dengan suara nyaring.
F Menyalin kalimat dari huruf lepasa ke dalam huruf lepas terlebih dahulu.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      23 = .......+ ......
                                                    15 = ........+ ...... +
                                                  =  ........+ .........
                                                  = .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat yang telah disalin, untuk memeriksa kesalahan dan kekurangannya.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      32 = .......+ ......
                                                    11= ........+ ...... +
                                                  =  ........+ .........
                                                  = .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kalimat dari huruf lepas ke dalam huruf tegak bersambung.
F Memberi tanda huruf yang menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama orang, nama bulan )
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Melalui dorongan tangan mencari bukti bahwa  meja, kursi dan benda lainnya dapat bergerak,
F Melakukan percobaan dengan magnet dan benda benda dari besi, kaca, kayu kertas.
F Menyusun daftar benda yang dapat ditarik oleh magnet.
F Mengerjakan LKS.
F Melaporkan hasil kerja kelompok.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak kalimat  yang didiktekan guru.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      33 = .......+ ......
                                                    11= ........+ ...... +
                                                  =  ........+ .........
                                                  = .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkannya bersama-sama agar tepat dengan penulisannya.
F Menuliskan kalimat  (dengan menggunakan tulisan tegak bersambung) yang didiktekan setelah ada aba-aba dari guru.
F Membaca kalimat yang telah ditulis agar sesuai dengan kalimat yang diucapkan guru.
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang      17 = .......+ ......
                                                    12 = ........+ ...... +
                                                  =  ........+ .........
                                                  = .........
F Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di papan tulis.
F Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut dengan cara klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai  nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Menyalin puisi denga tulisan tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
F Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan,
      Bahasa Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.
F Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik menguat dan melemah.
F Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik menguat dan melamah.
F Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang dapat menguat dan melemah
F Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut dengan cara klasikal.
F Menyalin puisi denga tulisan tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
F Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Melakukan tanya jawab dengan pemberian reeward.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
F Memberikan  pujian sebagai motivasi bagi siswa yang telah aktif dalam kegiatan belajar.

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

·         Alat Peraga  :
F Aneka benda yang berbeda bentuk .
F Gambar anak yang sedang berada di rumah, di sekolah..
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Puisi anak yang ditulis/dicetak pada kertas untuk dibagikan.
F Alat musik sederhana rebana, bel, botol, gelas, sendok, dll.
F Gambar/ model alat pertanian, pertukangan, dan alat memasak.

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      IPS :
·         Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·         Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain.
2.      IPA :
·         Memperagakan cara menggerakkan benda
·         Menyebutkan bentuk gerak.
·         Menjelaskan penyebab gerak.
·         Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak.
3.      PKN :
·         Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
·         Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
·         Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
·         Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan.
4.      Matematika :
·         Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
·         Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
·         Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
·         Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
·         Penjumlahan secara bersusun panjang.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
·         Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Membaca kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Menentukan sumber bunyi.
·         Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·         Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.      IPS :
·         Sebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·         Sebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain.
2.      IPA :
·         Peragakan cara menggerakkan benda
·         Sebutkan bentuk gerak.
·         Jelaskan penyebab gerak.
·         Tunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak.
3.      PKN :
·         Jelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
·         Ceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
·         Sebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
·         Beranikanlah bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan.
4.      Matematika :
·         Tuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
·         Tentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
·         Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
·         Bagaimana cara Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
·         Bagaimana cara Penjumlahan secara bersusun panjang.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Bagaimana cara Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Tentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Jelaskanlah benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·         Sebutkan tokoh dalam dongeng
·         Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Bagaimana cara Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
·         Bagaimana cara Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·         Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Bagaimana cara Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Bagaimana cara Membaca kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Bagaimana cara Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Tentukan sumber bunyi.
·         Bedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·         Bedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.



Bentuk Soal / LKS
IPS
Nama kelompok     :
Anggota kelompok :
1.      ...................
2.      ...................
3.      ...................
4.      ...................
5.      ...................

Ayo isi bersama-sama daftar di bawah ini, kalian boleh bertanya pada siapa saja !
Bertanyalah dengan sopan !
NO
Peristiwa menyenangkan
Peristiwa tidak menyenangkan
1
....................................
.................................................
2
....................................
...................................................
3
....................................
...................................................
4
....................................
..................................................
5
...................................
..................................................

IPA
Setelah kalian melakukan percobaan sederhana, Ayo kalian isi bersama kelompokmu daftar di bawah ini !
No
Benda
Dapat bergerak bila
1
bola
digelindingkan
2
meja
.....................
3
kursi
.....................
4
botol
.....................
5
mobil-mobilan
.....................
6
kelereng
....................
7
batu
...................
8
ember
...................
9
paku
...................
10
buku
....................
Nama kelompok     :
Anggota kelompok :
1...................
2...................
3...................
4...................
      5...................

Latihan Matematika
Selesaikan soal di bawah ini dengan teliti.
I.  Cari hasil penjumlahannya !

1.      21 + 13 = ...........                                 
2.      22 + 21 = ..........
3.      31 + 12 =...........
4.      15 + 13 = .........
5.      25 + 12 = .........
6.      31 + 13 = ...........
7.      25 + 21 = ..........
8.      21 + 12 =...........
9.      25 + 13 = .........
10.  27 + 12 = .........
11.  24                               27                          23                 33                       13
21+                             21+                        15+               14+                      31+
            .....                               .....                         .....                ......                      .....

12.   25                              24                          33                 31                       15
 11+                            11+                        14+               13+                      21+
            .....                               .....                         .....                ......                      .....

VII. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A.     Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.      Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar C.     Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melak

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   V Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A. Standar  Kompetensi :              Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun A.     Kompetensi Dasar     Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar B.      Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat                                      -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melakukan kerja sama . c. psikomotor Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi