Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Kebersihan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.
IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai dengan dua angka
dalam pemecahan
masalah.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan
:
Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan
informasi
secara lisan dengan gambar,
percakapan sederhana
dan dongeng.
·
Membaca :
Memahami teks pendek dengan
membaca lancar
dan
membaca puisi anak.
·
Menulis :
Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
melalui
dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan : Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi Dasar :
1. IPS
:
·
Menceritakan
kembali peristiwa penting.
2. IPA :
·
Membedakan gerak benda yang mudah bergerak
dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan.
·
Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (
batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
3. PKN :
- Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
- Menentukan nilai tempat puluhan dan
satuan
- Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan dua angka.
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
·
Menyebutkan isi
dongeng.
Berbicara
·
Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an
sederhana..
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris
dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
- Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
I.
Tujuan
Pembelajaran** :
Sisawa dapat :
·
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami
berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·
Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di
lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang
tua / orang lain
·
Memperagakan cara menggerakkan benda
·
Menyebutkan bentuk gerak.
·
Menjelaskan penyebab gerak.
·
Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan,
magnet sebagai sumber energi gerak
·
Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang
baik dan sopan kepada orang tua.
·
Menceritakan
kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
·
Menyebutkan
berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di
sekolah.
·
Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit
dengan cara yang sopan
·
Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk
penjumlahan puluhan dan satuan.
·
Menentukan
nilai tempat puluhan dan satuan.
·
Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
·
Penjumlahan
bilangan secara bersusun pendek ( 2
angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
·
Penjumlahan secara bersusun panjang.
·
Meniru
atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·
Menentukan
nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·
Mendeskripsikan
benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·
Mendengarkan
dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·
Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·
Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng.
·
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi
dongeng.
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·
Mengungkapkan
dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu
kegiatan
·
Memberikan
alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek
dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca
denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan
benar
·
Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam
gerak dan mimik yang sesuai.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan
huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Menuliskan
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang
lain
·
Menentukan sumber bunyi.
·
Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
·
Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan
gerakan atau tepukan.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Hak
anak di rumah dan disekolah.
·
Peristiwa
yang pernah dialami
·
Energi
dan perubahannya
·
Oprasi
hitung bilangan.
·
Gambar
tunggal atau gambar seri.
·
Dongeng.
·
Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka
·
Membaca
lancar
·
Membaca
puisi anak
·
Menulis
huruf sambung.
·
Menyalin
puisi
·
Unsur-unsur
bunyi dan musik melalui pengalaman musik.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah
lalu.
B. Kegiatan
inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Atas permintaan guru siswa memberikan
contoh yang biasa dilakukan ketika
menyampaikan keinginan kepada orang tua.
F Memberikan tanggapan dan penilaian pada
setiap tampilan siswa.
F Memberi pujian dan penguatan kepada siswa
yang menyampaikan keinginannya dengan cara dan bahasa yang sopan.
F Menjelaskan alasan mengapa ketika meminta/
menyampaikan keinginan tersebut harus dilakukan dengan cara dan bahasa yang
sopan.
F Menjelaskan bahwa benda yang berbentuk
bola lebih mudah bergerak dibandingkan bentuk lain.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 24 +
12 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperagakan sesuai dengan cara dan bahasa yang
sopan.
F Melalui peragaan siswa dapat
memeperagaakan cara menggerakkan benda.
F Setelah dapat memperagakan ,siswa
mengambil kesimpulan bentuk benda mempengaruhi mudah dan sulitnya benda
bergerak.
F Menyebutkan bermacam bentuk benda ( benda
yang besar, kecil, segi tiga, kerucut, bola, kubus, tak beraturan, tabung)
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai
dengan nilai tempat yang tepat sebagai
dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis.( 32 + 15 )
F Mengamati benda/ model yang ditunjukkan
oleh guru.
F Menyimak contoh deskripsi yang disampaikan
guru dari benda tersebut.
F Meniru/ mengulang deskripsi yang sesuai
dengan deskripsai guru.
F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru,
siswa menyebutkan nama benda yang sesuai dengan namanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari benda lain dan mendeskripsikannya
dengan bimbingan guru.
F Menceritakan peristiwa yang pernah dialami
yang paling berkesan.
F Memberi pendapat pada cerita yang didengar
dari temannya.
F Mengambil kesimpulan dari cerita yang
didengar.
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai
dengan nilai tempat yang tepat sebagai
dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak dongeng yang disampaikan guru.
F Memberi tanggapan positif terhadap
penampilan siswa.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan
tulis.( 31 + 17)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan tokoh dalam dongeng tersebut.
F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam
dongeng tersebut di depan kelas.
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai
dengan nilai tempat yang tepat sebagai
dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
F Dari peragaan menggerakkan benda, siswa
menjelaskan bentuk gerak benda.
F Melalui peragaan langsung siswa dapat menyebutkan bahwa benda dapat bergerak
bila didorong, ditendang, ditarik, ada yang bergerak ke depan, ke samping, ke
belakang dan ada pula yang bergerak berputar.
F Setelah melakukan peragaan siswa mengerjakan LKS.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 2 x 35 mnt.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengingat kembali dongeng yang disampaikan
guru dengan menyampaikan ringkasannya.
F Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng .
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan
tulis.( 14 + 32 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
yang telah didengarkan.
F Menceritakan isi dongeng dengan bahasa
yang dimengerti.dengan menggunakan kalimat sendiri.
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai
dengan nilai tempat yang tepat sebagai
dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis.( 25 + 11 )
F Melalui cerita guru tentang hal yang disukai dan hal yang
tidak disukai, siswa termotivasi untuk menyampaikan pengalamannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai
dengan nilai tempat yang tepat sebagai
dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Siswa menyampaikan hal yang disukai baik
benda maupun kegiatan secara individual.
F Siswa menyampaikan hal yang tidak disukai
baik benda maupun kegiatan secara individual.
F Menuliskan kesukaan dan ketidak sukaan
pada suatu kegiatan pada Lembar Kerja secara individual.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang masa kecil
atau tentang peristiwa yang berkesan, siswa termotivasi untuk menceritakan
peristiwa yang pernah dialaminya.
F Secara bergilir untuk anak yang mempunyai
keberanian , menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan kepada
teman-temannya.
F Siswa lain memberi tanggapan terhadap
penampilan temannya.
F Mengingat kembali hal yang disukai dan yang tidak disukai.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan langsung siswa dapat
membedakan sumber bunyi alam dan non alam.
F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik
alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi.
F Meragakan secara langsung benda sebagai
sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dll.
F Menggabungkan semua sumber suara dengan
irama yang sederhana.
F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber
bunyi yang ada di sekitar siswa.
F Menyampaikan alasan mengapa benda /
kegiatan tersebut disukai.
F Menyampaikan alasan mengapa suatu benda/
kegiatan tidak disukai.
F Membuat kesimpulan bersama – sama, bahwa setiap manusia mempunyai
rasa suka atau tidak suka yang tidak sama.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru,
siswa mengingat kembali pengalaman bermain yang mengesankan sebagai bukti hak
anak telah dirasakan.
F Memberikan beberapa contoh benda yang
bergerak karena diberi energi ( gerobak dapat bergerak karena diberi energi
melalui dorongan tangan, mobil bergerak karena menggunakan bensin bola masuk
gawang melalui energi tendangan kaki).
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 23
23 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan pengalaman bermain
bersama teman, adik atau anggota keluarga yang lain.
F Dengan bimbingan guru siswa mengambil
kesimpulan dari setiap pengalaman bermain tersebut sebagai ilmu pengetahuan.
F Memberikan penghargaan bagi siswa yang
baik dalam menyampaikan ceritanya.
F Melalui pengamatan pada model dan demontrasi siswa dapat menemukan fakta
bahwa benda dapat bergerak karena diberi tenaga disebut juga energi.
F Setelah menyebutkan penyebab dari benda
bergerak ( ada energi ) siswa dapat menemukan fakta sumber energi dari taip
benda bergerak ( makanan sumber energi manusia, bensin sumber energi bagi
kendaraan, batu batre sumber energi bagi mobil-mobilan, listrik sumber energi
bagi TV radio lemari es dll.)
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri
dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis. 22 +
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 15
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang
tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca kalimat secara individual,
kelompok dan klasikal dengan suara
nyaring.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
pendek.
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang
menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang
menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru
dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara
berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif
bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa
yang masih malu
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri
dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 14
15 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang
tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca kalimat secara individual,
kelompok dan klasikal dengan suara
nyaring.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
panjang .
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Melalui diskusi kelompok sederhana, siswa
menyusun daftar gerak benda dan sumber geraknya.
F Melaporkan hasil diskusi di hadapan
teman-temannya.
F Memberikan tanggapan positif terhadap
hasil diskusi siswa/ temannya.
F Membuat kesimpulan bersama.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan penggalan cerita yang terdiri dari 5– 7 baris yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 16
32+
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang
tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca kalimat secara individual,
kelompok dan klasikal dengan suara
nyaring.
F Membaca dengan memperhatikan kata tertentu
sesuai tema..
F Mencari arti kata yang diberi tanda
khusus.
F Membuat kaliamt dari kata yang mempunyai
arti khusus.
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak puisi yang dibagikan kepada
siswadari syair lagu anak-anak.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 17
22 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai
tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca puisi dengan intonasi dan lafal
yang baik dengan bimbingan guru secara klasikal.
F Membacakan puisi di depan kelas.
F Memberikan tanggapan positif
terhadap penampilan siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
( Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui peragaan langsung siswa dapat
membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.
F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber
bunyi yang dapat menguat dan melemah.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan
cara tidak formal ( anatar
guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik
alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik
menguat dan melemah.
F Meragakan secara langsung benda sebagai
sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik
menguat dan melamah.
F Menggabungkan semua sumber suara dengan
irama yang sederhana.
F Mengingat kembali puisi yang telah
dihapalkan bersama.
F Mendeklamasikan di depan kelas tanpa
membawa catatan.
F Mengekspresikan dalam gerak dan mimic yang sesuai dan wajar.
F Memberi penilaian terhadap siswa yang
telah berani dan hafal puisi tersebut.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang
menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang
menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Memberi tanggapan san sambutan
positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi
bagi siswa yang masih malu
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah siswa menyebutkan dan menjelaskan
teori sumber energi gerak, siswa melakukan peragaan langsung untuk membuktikan
adanya sumber energi gerak .
F Menjelaskan sikap yang harus
dilakukan ketika mendapatkan kesulitan
dalam pelajaran atau hal lain, baik di sekolah, di rumah atau di tepat lain.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 23 =
.......+ ......
23 = ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan batere yang dimasukan ke
dalam mobil-mobilan, dan akhirnya mobil-mobilan dapat bergerak, lalu batere di
buka kembali siswa dapat membuktikan mobil-mobilan tidak dapat bergerak.
F Melakukan peragaan melalui pegas/per
dengan cara pulpen yang menggunakan pegas dibuka per/ pegasnya, dan dapat
melihat akibatnya. Per/ pegas dimasukkan kembali ke dalam pulpen dan dapat
melihat perubahannya. Melihat jungkat-jungkit yang biasa dipakai bermain,
jungkai-jungkit dapat bergerak bila di bawahnya ada pegas/ per. Tapi bila
pegas/per di ambil apa yang terjadi ?
F Membuat kesimpulan sementara bersama-sama.
F Melalui diskusi sederhana dalam kelompok
dan pengalaman , siswa menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang
dilakukan di sekolah mau pun di rumah.
F Menjelaskan dan melaporkan hasil diskusi.
F Memberi tanggapan terhadap hasil diskusi
teman/ siswa dengan memberikan tepuk tangan.
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan
, satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatiakn kalimat yang ditulis guru di
papan tulis.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus
menggunkan huruf besar ( kapital).
F Membaca tiap kalimat dengan suara nyaring.
F Menyalin kalimat dari huruf lepasa ke
dalam huruf lepas terlebih dahulu.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 23 = .......+ ......
15 = ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang
menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang
menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru
dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara
berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif
bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa
yang masih malu
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan
pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat yang telah disalin, untuk
memeriksa kesalahan dan kekurangannya.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 32
= .......+ ......
11= ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kalimat dari huruf lepas ke dalam
huruf tegak bersambung.
F Memberi tanda huruf yang menggunakan huruf
kapital (awal kalimat, nama orang, nama bulan )
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan
pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Melalui dorongan tangan mencari bukti
bahwa meja, kursi dan benda lainnya
dapat bergerak,
F Melakukan percobaan dengan magnet dan benda
benda dari besi, kaca, kayu kertas.
F Menyusun daftar benda yang dapat ditarik
oleh magnet.
F Mengerjakan LKS.
F Melaporkan hasil kerja kelompok.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak kalimat yang didiktekan guru.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 33 =
.......+ ......
11= ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkannya bersama-sama agar tepat
dengan penulisannya.
F Menuliskan kalimat (dengan menggunakan tulisan tegak bersambung)
yang didiktekan setelah ada aba-aba dari guru.
F Membaca kalimat yang telah ditulis agar
sesuai dengan kalimat yang diucapkan guru.
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan
pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan
tulis dengan cara bersusun panjang 17 =
.......+ ......
12 = ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
F Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di
papan tulis.
F Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut dengan cara klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan nilai tempat
pada masing-masing bilangan dengan
tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan
pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat
dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Menyalin puisi denga tulisan tegak
bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
F Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar
dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan
Keterampilan,
Bahasa Indonesia).
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang
menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang
menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Melalui peragaan langsung siswa dapat
membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.
F Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru
dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara
berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif
bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa
yang masih malu
F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik
alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik
menguat dan melemah.
F Meragakan secara langsung benda sebagai
sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik
menguat dan melamah.
F Menggabungkan semua sumber suara dengan
irama yang sederhana.
F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber
bunyi yang dapat menguat dan melemah
F Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut
dengan cara klasikal.
F Menyalin puisi denga tulisan tegak bersambung
yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
F Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar
dapat diperbaiki bila ada kesalahan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Melakukan tanya jawab dengan pemberian
reeward.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
F Memberikan
pujian sebagai
motivasi bagi siswa yang telah aktif dalam kegiatan belajar.
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD
, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan.
·
Alat Peraga :
F Aneka benda yang berbeda bentuk .
F Gambar anak yang sedang berada di rumah,
di sekolah..
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Puisi anak yang ditulis/dicetak pada
kertas untuk dibagikan.
F Alat musik sederhana rebana, bel, botol,
gelas, sendok, dll.
F Gambar/ model alat pertanian, pertukangan, dan alat memasak.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami
berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·
Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di
lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang
tua / orang lain.
2.
IPA :
·
Memperagakan cara menggerakkan benda
·
Menyebutkan bentuk gerak.
·
Menjelaskan penyebab gerak.
·
Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan,
magnet sebagai sumber energi gerak.
3.
PKN :
·
Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang
baik dan sopan kepada orang tua.
·
Menceritakan kembali pengalaman bermain yang
sangat berkesan .
·
Menyebutkan berbagai kegiatan yang
menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
·
Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit
dengan cara yang sopan.
4.
Matematika
:
·
Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk
penjumlahan puluhan dan satuan.
·
Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
·
Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
·
Penjumlahan
bilangan secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1
angka tanpa menyimpan )
·
Penjumlahan secara bersusun panjang.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Meniru
atau mengulang deskripsi
benda-benda sesuai deskripsi guru
·
Menentukan
nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·
Mendeskripsikan
benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·
Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru
dengan penuh perhatian.
·
Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·
Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng.
·
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi
dongeng.
·
Menceritakan kembali isi dongeng dengan
kalimat sendiri.
·
Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat
perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
·
Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak
disukai.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
pendek dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca
denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Membaca kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan
menggunakan huruf sambung.
·
Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak
bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Menentukan sumber bunyi.
·
Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
·
Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan
gerakan atau tepukan.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1.
IPS :
·
Sebutkan peristiwa yang pernah dialami
berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·
Sebutkan peristiwa yang pernah terjadi di
lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang
tua / orang lain.
2.
IPA :
·
Peragakan cara menggerakkan benda
·
Sebutkan bentuk gerak.
·
Jelaskan penyebab gerak.
·
Tunjukkan batere, pegas, dorongan tangan,
magnet sebagai sumber energi gerak.
3.
PKN :
·
Jelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik
dan sopan kepada orang tua.
·
Ceritakan kembali pengalaman bermain yang
sangat berkesan .
·
Sebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan
yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
·
Beranikanlah bertanya tentang pelajaran yang
sulit dengan cara yang sopan.
4.
Matematika
:
·
Tuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk
penjumlahan puluhan dan satuan.
·
Tentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
·
Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dengan
tanpa menyimpan
·
Bagaimana cara Penjumlahan bilangan secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1
angka tanpa menyimpan )
·
Bagaimana cara Penjumlahan secara bersusun
panjang.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Bagaimana cara Meniru atau mengulang
deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·
Tentukan
nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·
Jelaskanlah
benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·
Sebutkan tokoh dalam dongeng
·
Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng.
·
Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat
sendiri.
·
Bagaimana cara Mengungkapkan dalam satu atau
dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
·
Bagaimana cara Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau
tidak disukai.
·
Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
·
Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan
tempat jeda pendek dan panjang.
·
Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan
lafal dan intonasi yang benar.
·
Bagaimana cara Membaca denag memberikan
penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Bagaimana cara Membaca kalimat secara benar
dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar
dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang
didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Bagaimana cara Menuliskan puisi anak dengan
huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Tentukan sumber bunyi.
·
Bedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
·
Bedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan
gerakan atau tepukan.
|
Bentuk Soal / LKS
IPS
Nama kelompok
:
Anggota kelompok :
1. ...................
2. ...................
3. ...................
4. ...................
5. ...................
Ayo isi bersama-sama daftar
di bawah ini, kalian boleh bertanya pada siapa saja !
Bertanyalah dengan sopan !
NO
|
Peristiwa menyenangkan
|
Peristiwa tidak menyenangkan
|
1
|
....................................
|
.................................................
|
2
|
....................................
|
...................................................
|
3
|
....................................
|
...................................................
|
4
|
....................................
|
..................................................
|
5
|
...................................
|
..................................................
|
IPA
Setelah kalian melakukan
percobaan sederhana, Ayo kalian isi bersama kelompokmu daftar di bawah ini !
No
|
Benda
|
Dapat bergerak bila
|
1
|
bola
|
digelindingkan
|
2
|
meja
|
.....................
|
3
|
kursi
|
.....................
|
4
|
botol
|
.....................
|
5
|
mobil-mobilan
|
.....................
|
6
|
kelereng
|
....................
|
7
|
batu
|
...................
|
8
|
ember
|
...................
|
9
|
paku
|
...................
|
10
|
buku
|
....................
|
Nama kelompok
:
Anggota kelompok :
1...................
2...................
3...................
4...................
5...................
Latihan Matematika
Selesaikan soal di
bawah ini dengan teliti.
I. Cari hasil penjumlahannya !
1.
21 +
13 = ...........
2.
22 +
21 = ..........
3.
31 +
12 =...........
4.
15 +
13 = .........
5.
25 +
12 = .........
6.
31 +
13 = ...........
7.
25 +
21 = ..........
8.
21 +
12 =...........
9.
25 +
13 = .........
10. 27 + 12 = .........
11. 24 27 23 33 13
21+ 21+ 15+ 14+ 31+
..... ..... ..... ...... .....
12. 25 24 33 31 15
11+ 11+ 14+ 13+ 21+
..... ..... ..... ...... .....
VII. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas
I
( …………………...………
)
NIP/NIK : …………………
|
Komentar
Posting Komentar