Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Permainan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di
sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.
IPA/ Sains : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa
alam (cuaca dan musim )
serta pengaruhnya terhadap kegiatan
manusia.
4. Matematika :
Menggunakan pengukuran berat.
5. Bahasa
Indonesia :
R Mendengarkan Memahami
wacana lisan tentang benda-benda di
sekitar dan dongeng.
R Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan
gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
R Membaca : Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
R Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak
bersambung
melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan :
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Mengapresiasi
karya seni tari
Kompetensi
Dasar :
- IPS :
–
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku
dalam menjaga kebersihan rumah
- IPA :
–
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
- PKn :
–
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
- Matematika :
–
Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan
pengelompokkan
–
Membandingkan berat benda ( ringan , berat )
- Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
–
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
–
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca
–
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
–
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris
dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
–
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung.
–
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak
bersambung.
- Seni Budaya dan Keterampilan :
–
Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik,
atau sumber bunyi sederhana
–
Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.
–
Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan
gerak berpindah tempat
I. Tujuan
Pembelajaran** :
Siswa
dapat :
–
Melaksanakan tata tertib di rumah dan disekolah.
–
Membandingkan rumah yang sehat dan tidak sehat.
–
Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat dan tidak
sehat.
–
Menyebutkan benda langit yang terlihat pada
siang dan malam hari.
–
Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada
siang dan malam hari.
–
Menyebutkan jenis binatang yang keluar pada
siang dan malam hari.
–
Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokkan
bbilangan.
–
Melakukan pengukuran berat
–
Menunjukkan hasil pengukuran berat dengan satuan
tak baku.
–
Mendeskripsikan benda, dan menentukan nama benda
sesuai deskripsinya.
–
Membuat kalimat berdasarkan gambar.
–
Membaca teks pendek, penggalan cerita dengan intonasi dan lafal yang tepat.
–
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda.
–
Membaca dengan menekankan pada kata tertentu.
–
Membaca/ mendeklamasikan puisi dengan benar.
–
Menyalin kalimat dengan huruf lepas, huruf tegak
bersambung, kalimat yang didiktekan guru dengan bentuk tulisan yang baik.
–
Menuliskan puisi anak dengan tulisan tegak
bersambung.
–
Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
–
Memainkan alat musik sedrehana.
–
Menyebutlkan macam-macam gerak berpindah tempat
berdasarkan fungsinya.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
–
Tata tertib di rumah dan di sekolah.
–
Rumah sehat dan rumah tidak sehat.
–
Benda langit
–
Oprasi hitung bilangan.
–
Berat dan ringan ( geometri )
–
Deskripsi
–
Membaca nyaring.
–
Menulis huruf sanbung
–
Membaca puisi.
–
Menuliskan puisi.
–
Memainkan alat musik sederhana.
–
Menyanyikan lagu anak dan lagu wajib.
–
Gerak berpindah tempat dalam gerak tari.
III. Metoda
Pembelajaran :
–
Ceramah
–
Diskusi.
–
Tanya jawab.
–
Demontrasi.
–
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
–
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
–
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis,
membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui lagu bintang kecil, bulan sabit,
siswa mengingat kembali tentang bulan, matahari dan bintang ( benda langit )
F Dengan bimbingan guru siswa melakukan
diskusi sederhana tentang tata tertib
yang sudah dilaksanakan di rumah.
F Dengan bimbingan guru siswa
mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 20 + 20 ) + ( 3 + 4 )
=....
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyanyikan lagu anak-anak bersama-sama
(lagu bintang kecil, lagu bulan sabit )
F Menyebutkan ciri-ciri dari tiap benda
langit yang disebutkan dalam lagu tersebut.
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa menceritakan benda-benda langit yang
terliahat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas siswa dapat
menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Setelah diskusi siswa menyebutkan tata
tertib yang belum bisa dilaksanakan di rumah.
F Mengelompokkan jenis tata tertib yang
ringan dan berat untuk dilaksanakan.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
ditulis guru di papan tulis.( 23 +24 )
F Menjumlahkan bilangan yang sama nilai
tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila
caranya benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika,
IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan benda milik pribadi dengan
bahasa sendiri dibawah bimbingan guru.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
ditulis guru di papan tulis.( 34 +12 )
F Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan
bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 30 + 10 ) + ( 4 + 2 ) =....
F Memperhatikan benda yang diperlihatkan
guru.
F Mendeskripsikan / mengulang deskripsi
benda-benda yang tunjukkan guru..
F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru
dari benda tersebut.
F Menjelaskan masing-masing gambar dengan
bahasa sendiri.
F Menjelaskan manfaat rumah sehat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan nama benda yang dideskripsikan
guru sesuai dengan ciri-cirinya.
F Menjumlahkan bilangan yang sama nilai
tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya
benar.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya
bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak
sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Membandingkan kedua gambar dengan
menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, b.Indonesia, IPA)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan deskripsi dari benda yang
lain.
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar
siswa.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang
ditulis guru di papan tulis.( 28 +11 )
F Dengan bimbingan guru siswa
mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 20 + 10 ) + ( 8+ 1 )
=....
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjumlahkan bilangan yang sama nilai
tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya
benar.
F Mengambil salah satu contoh benda ( tas
sekolah ), lalu menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut dengan menggunakan
bahasa yang sederhana.
F Menuliskan deskripsi dari benda-benda
tersebut dengan menggunakan huruf lepas.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa
menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas, siswa dapat
menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Menempel bentuk benda langit yang sesuai pada
gambar yang telah disediakan guru.
F Memberi warna yang dapat
menggambarkan bila benda langit tersebut muncul.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar
siswa.
F Menjelaskan deskripsi dari benda yang
lain.
F Mengamati gambar anak-anak sedang
melakukan permainan yang diperlihatkan
guru.
F Dengan bimbingan guru siswa mencari hasil
pengurangan dengan sifat pertukaran dan pengelompokan bilangan berdasarkan nilai tempatnya ( 20 -
10 ) + ( 8- 1 ) =....
F Memperhatikan kalimat
pengurangan yang ditulis guru di papan
tulis.( 28 - 11 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengambil salah satu contoh benda ( kapur
tulis ), lalu menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut dengan menggunakan
bahasa yang sederhana.
F Menuliskan deskripsi dari benda-benda
tersebut dengan menggunakan huruf lepas
F Mengurangkan bilangan yang sama nilai
tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila
caranya benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat pengurangan yang ditulis guru di papan tulis. ( 47 - 25 )
F Dengan bimbingan guru siswa mencari hasil
pengurangan dengan sifat pertukaran dan pengelompokan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 40 -
20 ) + ( 7- 5 ) =....
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar
siswa.
F Menjelaskan deskripsi dari benda
yang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengurangkan bilangan yang sama nilai
tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya
benar.
F Mengambil salah satu contoh benda ( gelas
minum ), lalu menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut dengan menggunakan
bahasa yang sederhana.
F Menuliskan deskripsi dari benda-benda
tersebut dengan menggunakan huruf sambung yang rapi.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit
( IPS, SBK, B. Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh
siswa.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya
bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak
sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Menjelaskan masing-masing gambar dengan
bahasa sendiri.
F Membandingkan kedua gambar dengan
menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
F Menjelaskna kerugian rumah tidak sehat.
F Memperhatikan cara memainkan alat
musik sederhana yang telah disediakan/ dibawa oleh siswa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memainkan alat musik sederhana dengan lagu
yang mudah dikuasai siswa.
F Membuat kelompok untuk penampilan alat
musik dan lagu anak-anak yang sudah dikuasai.
F Memainkan alat musik dan menyanyikan lagu
di hadapan teman-temannya dengan percaya diri secara kelompok.
F Menyanyikan salah satu lagu wajib yang mudah dihafalkan
siswa.
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan
oleh guru ( gmb anak-anak sedang melakukan permainan )
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai
dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secra lisan.
F Secara bergiliran siswa
menyampaikan kalimatnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, Matematika, PKn )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung
mencari benda yang ada di sekitar siswa,
melakukan dan membandingkan berat
beberapa benda.
F Mendeskripsikan benda-benda yang
dilihatnya.
F Membandingkan berat dan ringan
benda
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa
menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas, siswa dapat
menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Melengkapi gambar dengan gambar benda
langit yang muncul pada siang hari..
F Memberi warna yang dapat menggambarkan
bila benda langit tersebut muncul
F Menyebutkan beberapa benda yang termasuk
berat.
F Menyebutkan beberapa benda yang ringan.
F Memebandingkan berat benda dengan kalimat
sehari-hari lebih berat, lebih ringan, dan sama berat.
F Menyebutkan tata tertib yang ada di
sekolah
F Simulasi tata tertib sekolah.
F Memberi contoh pelaksanaan tata tertib
sekolah.
F Mencari sendiri benda-benda yang
dapat diukur beratnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua : 3 x 35 menit
( B. Indonesia, Matematika , IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan
oleh guru ( gmb anak-anak sedang melakukan permainan )
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh
siswa.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya
bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak
sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Melalui pengamatan terhadap model siswa menyebutkan ciri-ciri rumah
sehat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai
dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secara lisan.
F Secara bergiliran siswa menyampaikan
kalimatnya.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar dan
kalimat yang disampaikan siswa lain.
F Dengan demontrasi secara langsung
mencari benda yang ada di sekitar siswa,
melakukan dan membandingkan berat
beberapa benda.
F Menyebutkan beberapa benda yang termasuk
berat.
F Menyebutkan beberapa benda yang ringan.
F Memebandingkan berat benda dengan kalimat
sehari-hari lebih berat, lebih ringan, dan sama berat.
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa.
§
Melaporkan hasil diskusi kelompok. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga : 3 x 35 menit
(, Matematika, B. Indonesia , IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di
papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan
intonasi dan lafal yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa
mencari beberapa benda yang berat dan
ringan di luar kelas.
F Mengelompokkan benda-benda tersebut
berdasarkan berat dan ringan.
F Mengerjakan Lembar Kerja secara
diskusi kelompok.
F Melaporkan hasil diskusi di hadapan guru
dan siswa lain.
F Memberikan tanggapan positif terhadap
laporan diskusi tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau
klasikal.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa
menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas, siswa dapat
menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Melengkapi gambar dengan gambar benda
langit yang muncul pada malam hari..
F Memberi warna yang dapat
menggambarkan bila benda langit tersebut muncul
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat : 3 x 35 menit
( B. Indonesia, Matematika).
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di
papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda pendek
pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan
lafal yang benar.
F Membaca secara individual,
kelompok, atau klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa
menemukan beberapa benda yang berat dan ringan di luar kelas.
F Mengelompokkan benda-benda tersebut
berdasarkan berat dan ringan.
F Mengerjakan Lembar Kerja secara
diskusi kelompok
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima : 3 x 35 menit
( Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di
papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda
panjang pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan
intonasi dan lafal yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa
melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( kelereng, kapur, koin)
F Mengukur berat benda dengan satuan kelereng.
F Mengukur berat benda dengan satuan kapur.
F Mengukur berat benda dengan satuan koin.
F Mengisi daftar isian dari hasil pengukuran tersebut.
F Membaca secara individual,
kelompok, atau klasikal.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam : 3 x
35 menit ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya
bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak
sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Menyimak penggalan cerita yang tertulis pada buku..
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda pendek
pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan
intonasi dan lafal yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan terhadap model siswa
menjelaskan ciri-ciri rumah tidak sehat.
F Mengerjakan tugas secara kelompok.
F Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan
kembali macam-macam gerakan berpindah tempat. ( melompat,berjinjit,
berputar, melangkah ke depan,ke
belakang, ke samping, berlari kecil, dll).
F Memperagakan gerakan melompat,berjinjit,
berputar, melangkah ke depan,ke
belakang, ke samping, berlari kecil,
yang dilakukan secara kelompok.
F Melakukan gerakan berpindah tempat yang
disesuaikan dengan gerakan tangan dan kepala.
F Membaca
secara individual, kelompok,
atau klasikal.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati model/ gambar binatang yang
ditampilakn guru.
F Mendeskripsikan benda-benda yang
dilihatnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama-nama binatang tersebut.
F Mengelompokkan binatang yang keluar dari
persembunyiannya untuk mencari makan pada siang hari.
F Menyebutkan jenis makanan dan cara
memangsa dari binatang tersebut..
F Menyebutkan ciri-ciri khusus binatang
tersebut.
F Menyebutkan tata tertib yang ada di
sekolah
F Simulasi tata tertib sekolah.
F Memberi contoh pelaksanaan tata tertib
sekolah.
F Mencari sendiri benda-benda yang dapat
diukur beratnya.
F Membandingkan berat dan ringan benda
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa
melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( bola tenis, bola pingpong,
biji salak, permen.)
F Mengukur berat benda dengan satuan bola
tenis
F Mengukur berat benda dengan satuan bola
pingpong
F Mengukur berat benda dengan satuan biji
salak dan permen.
F Mengisi daftar isian dari hasil pengukuran tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua : 3 x
35 menit ( B. Indonesia, Matematika ,
IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di
papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Membaca dengan memberikan penekanan pada
kata tertentu pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan
lafal yang benar.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya
bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak
sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Menjelaskan masing-masing gambar dengan
bahasa sendiri.
F Menjelaskan kegunaan jendela, saluran air
kotor, bak sampah bagi setiap rumah.
F Menjelaskan akibat tidak merawat
rumah bagi manusia dan lingkungan sekitar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari arti dari kata-kata khusus
tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau
klasikal.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa
melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( kelereng, kapur, koin)
F Mengukur berat benda dengan satuan
kelereng.
F Mengukur berat benda dengan satuan kapur.
F Mengukur berat benda dengan satuan koin.
F Mengisi daftar isian dari hasil pengukuran tersebut.
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat
satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil.
F Membandingkan kedua gambar dengan
menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga : 3 x 35 menit
(, Matematika, B. Indonesia , IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeklamasikan puisi tersebut sesuai
dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai ( wajar).
F Mengamati model/ gambar binatang yang
ditampilakan guru.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa
melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( bola tenis, bola pingpong,
biji salak, permen.)
F Membaca dengan memperhatikan dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
F Membaca puisi dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Menyimak puisi /syair lagu yang ditulis / dibagikan pada siswa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengukur berat benda dengan satuan bola
tenis
F Mengukur berat benda dengan satuan bola
pingpong
F Mengukur berat benda dengan satuan biji
salak dan permen.
F Mengisi daftar isian dari hasil pengukuran tersebut.
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat
satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Membaca secara individual, kelompok, atau
klasikal.
F Menyebutkan nama-nama binatang tersebut.
F Mengelompokkan binatang yang keluar dari
persembunyiannya untuk mencari makan pada malam hari.
F Menyebutkan jenis makanan dan cara
memangsanya.
F Menyebutkan ciri-ciri khusus binatang
tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat : 3 x 35 menit
( B. Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar
dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di
papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari tiapa kata.
F Memberi tanda untuk huruf yang
harus menggunakan huruf kapital.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kaliamt tersebut dengan huruf
lepas terlebih dahulu.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf
sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
F Mengukur berat benda dengan satuan
kelereng.
F Mengukur berat benda dengan satuan kapur.
F Mengukur berat benda dengan satuan koin
F Mengukur berat benda dengan satuan bola
tenis
F Mengukur berat benda dengan satuan bola
pingpong
F Mengukur berat benda dengan satuan biji
salak dan permen.
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat
satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima : 3 x 35 menit
( Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan hasil dari tiap
pengukuran berat untuk melihat perbedaan hasil pengukuran.
F Menyimak kalimat yang didiktekan
oleh guru.
F Melafalkan kalimat yang didiktekan
guru.
F Membaca kalimat yang sudah ditulis
agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengukur berat benda dengan satuan
buku.
F Mengukur berat benda dengan satuan
pulpen.
F Mengukur berat benda dengan satuan
pensil
F Membandingkan
hasil dari pengukuran berat satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil
F Mengerjakan Lembar Keraja Siswa.
F Menuliskan ke dalam buku tulis
sendiri kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak
bersambung..
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam : 3 x
35 menit ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melengkapi gambar rumah dengan ventilasi,
tempat sampah, taman bunga, pohon besar, agar menjadi rumah yang sehat dengan
cara menghubungkan titik-titik.
F Menyimak puisi yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari
tiap kata.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mewarnai gambar sesuka hati agar menjadi gambar
yang indah.
F Memajang hasil karya di depan kelas.
F Memberi tanggapan positif terhadap hasil
karya setiap siswa.
F Memperagakan gerakan melompat,berjinjit,
berputar, melangkah ke depan,ke
belakang, ke samping, berlari kecil,
yang dilakukan secara kelompok.
F Melakukan gerakan berpindah tempat yang
disesuaikan dengan gerakan tangan dan kepala.
F Memeragakan gerakan tari dengan iringan
lagu dengan gerakan berpindah temapt dan gerakan tangan yang sesuai dengan
musik.
F Gerakan tari secara berkelompok.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus
menggunakan huruf kapital.
F Menyalin puisi dengan menggunakan huruf
sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
F Membaca kembali puisi yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila
ada kesalahan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
–
Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
–
Mengerjakan post tes
–
Pemberian PR / tugas
–
Memberiakn pujian terhadap siswa yang aktif
dalam mengikuti kegiatan belajar.
V. Alat dan
Sumber Belajar
§
Buku Sumber :
–
Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku
ajar siswa yang relevan
–
Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa
yang relevan
–
Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD ,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
–
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku
ajar siswa yang relevan.
–
Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
–
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
–
Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku
ajar siswa yang relevan.
§
Alat Peraga :
–
gambar rumah sehat dan tidak sehat.
–
gambar bulan, bintang, dan matahari.
–
benda-benda kecil, timbangan gantung dari
karton.
–
kelereng, kapur, biji-bijian, bola tenis, bola
pingpong,
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat
·
Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat
·
Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.
·
Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada
waktu siang dan malam hari.
·
Menggambar benda langit yang dapat terlihat
pada waktu malam dan siang hari.
·
Menceritakan jenis binatang yang keluar pada
siang dan malam hari.
·
Melaksanakan tata tertib di rumah.
·
Melaksanakan tata tertib di sekolah
·
Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan
pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan.
·
Mengenal berat benda melalui kegiatan
sehari-hari.
·
Memberi contoh benda yang berat dan ringan.
·
Mengukur berat benda dengan satuan tak baku.
·
Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran
berat dengan satuan tak baku.
·
Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda
sesuai deskripsi guru
·
Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru
sesuai dengan cirri-cirinya.
·
Mendeskripsikan benda-benda lain dengan
bimbingan guru
·
Membuat kalimat berdasarkan gambar secara
lisan.
·
Bertanya jawab dengan teman tentang gambar
–gambar tersebut.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
pendek dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca denag memberikan penekanan pada kata
tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan
benar
·
Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam
gerak dan mimic yang sesuai.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan
menggunakan huruf sambung.
·
Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak
bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
·
Memainkan alat musik sederhana.
·
Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
·
Menyebutkan bermacam-macam gerak berpindah
tempat berdasarkan fungsinya.
·
Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai
dengan fungsinya.)
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
·
Bandingkan rumah sehat dan tidak sehat
·
Sebutkan cirri-ciri rumah sehat
·
Sebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.
·
Ceritakan benda-benda langit yang terlihat
pada waktu siang dan malam hari.
·
Gambarkanlah benda langit yang dapat terlihat
pada waktu malam dan siang hari.
·
Ceritakan jenis binatang yang keluar pada
siang dan malam hari.
·
Bagaimana cara melaksanakan tata tertib di
rumah.
·
Bagaimana cara Melaksanakan tata tertib di
sekolah
·
Bagaimana cara Menggunakan sifat oprasi hitung
pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan
pengurangan.
·
Bagaimana cara Mengenal berat benda melalui
kegiatan sehari-hari.
·
Sebutkanlah contoh benda yang berat dan ringan.
·
Bagaimana cara Mengukur berat benda dengan
satuan tak baku.
·
Tunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran
berat dengan satuan tak baku.
·
Bagaimana cara Meniru atau mengulang deskripsi
benda-benda sesuai deskripsi guru
·
Tentukan nama benda yang dideskripsikan guru
sesuai dengan cirri-cirinya.
·
Buatkanlah kalimat berdasarkan gambar secara
lisan.
·
Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
·
Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan
tempat jeda pendek dan panjang.
·
Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan
lafal dan intonasi yang benar.
·
Bagaimana cara Membaca denag memberikan
penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Bagaimana cara Membaca puisi atau syair lagu
dengan dengan benar
·
Bagaimana cara Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam
gerak dan mimic yang sesuai.
·
Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar
dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar
dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang
didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Bagaimana cara Menuliskan puisi anak dengan
huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
·
Bagaimana cara Memainkan alat musik sederhana.
·
Nyanyikanlah lagu dengan syair yang benar.
·
Sebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat
berdasarkan fungsinya.
·
Jelaskanlah gerak kaki dan tangan sesuai
dengan fungsinya.)
|
Contoh Lembar Kerja Siswa Matematika
Kelompok : ...........................
Anggota :
o
.......................
o
.......................
o
........................
o
........................
Kalian sudah menemukan benda di halaman ?
Nah sekarang coba bandingkan dan kelompokkan benda
mana yang berat dan benda yang ringan !
No
|
Benda yang berat
|
Benda yang ringan
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Contoh Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : ...........................
Anggota :
1 .......................
2 .......................
3 ........................
4 ........................
5. ........................
Gambarlah matahari yang pernah kalian lihat dan
amati dengan cara melihat bayangannya dalam air. Ikuti cara gurumu !
|
Pernahkah
kalian melihat bulan di waktu malam ?
Tentu kalian
pernah melihatnya, disamping bulan pasti ada bintang.
Cobalah gambar
bulan dan bintang yang kalian ketahui!
|
VII. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas
I
( …………………...………
)
NIP/NIK : …………………
|
Komentar
Posting Komentar