Langsung ke konten utama

RPP Tematik Kelas I ( Permainan )


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Permainan 
Kelas/Semester    :  I / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                                       :  Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2.  IPS                                        :  Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                             :  Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
4.  Matematika                           :  Menggunakan pengukuran berat.
5.  Bahasa Indonesia                  :          
     R Mendengarkan                     Memahami wacana lisan tentang benda-benda di
                                                      sekitar dan dongeng.
     R Berbicara                          :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
R Membaca                         :  Memahami  teks pendek dengan membaca lancar dan
                                                membaca puisi anak.
     R Menulis                             :  Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
                                                      melalui dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan :  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
                                                                  Mengapresiasi karya seni tari                                     

Kompetensi Dasar  :
  • IPS  :
     Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
  • IPA :
     Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan.
  • PKn :
     Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
  • Matematika :
     Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan
     Membandingkan berat benda ( ringan , berat )
  • Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
     Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
     Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca
     Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
     Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
     Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
     Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
  • Seni Budaya dan Keterampilan :
     Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana
     Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.
     Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat

I.    Tujuan Pembelajaran**  :
      Siswa dapat :
     Melaksanakan tata tertib di rumah dan disekolah.
     Membandingkan rumah yang sehat dan tidak sehat.
     Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat dan tidak sehat.
     Menyebutkan benda langit yang terlihat pada siang dan malam hari.
     Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada siang dan malam hari.
     Menyebutkan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.
     Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokkan bbilangan.
     Melakukan pengukuran berat
     Menunjukkan hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku.
     Mendeskripsikan benda, dan menentukan nama benda sesuai deskripsinya.
     Membuat kalimat berdasarkan gambar.
     Membaca teks pendek, penggalan cerita  dengan intonasi dan lafal yang tepat.
     Membaca dengan memperhatikan tempat jeda.
     Membaca dengan menekankan pada kata tertentu.
     Membaca/ mendeklamasikan puisi dengan benar.
     Menyalin kalimat dengan huruf lepas, huruf tegak bersambung, kalimat yang didiktekan guru dengan bentuk tulisan yang baik.
     Menuliskan puisi anak dengan tulisan tegak bersambung.
     Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
     Memainkan alat musik sedrehana.
     Menyebutlkan macam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
     Tata tertib di rumah dan di sekolah.
     Rumah sehat dan rumah tidak sehat.
     Benda langit
     Oprasi hitung bilangan.
     Berat dan ringan ( geometri )
     Deskripsi
     Membaca nyaring.
     Menulis huruf sanbung
     Membaca puisi.
     Menuliskan puisi.
     Memainkan alat musik sederhana.
     Menyanyikan lagu anak dan lagu wajib.
     Gerak berpindah tempat dalam gerak tari.

III. Metoda Pembelajaran :
     Ceramah
     Diskusi.
     Tanya jawab.
     Demontrasi.
     Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
     Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
     Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·        Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
Minggu ke  1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui lagu bintang kecil, bulan sabit, siswa mengingat kembali tentang bulan, matahari dan bintang ( benda langit )
F Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi sederhana tentang  tata tertib yang sudah dilaksanakan di rumah.
F Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 20 + 20 ) + ( 3 + 4 ) =....
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyanyikan lagu anak-anak bersama-sama (lagu bintang kecil, lagu bulan sabit )
F Menyebutkan ciri-ciri dari tiap benda langit yang disebutkan dalam lagu tersebut.
F Melalui pengalaman dan pengamatan  siswa menceritakan benda-benda langit yang terliahat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Setelah diskusi siswa menyebutkan tata tertib yang belum bisa dilaksanakan di rumah.
F Mengelompokkan jenis tata tertib yang ringan dan berat untuk dilaksanakan.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang ditulis guru di papan tulis.( 23 +24 )
F Menjumlahkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan benda milik pribadi dengan bahasa sendiri dibawah bimbingan guru.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang ditulis guru di papan tulis.( 34 +12 )
F Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 30 + 10 ) + ( 4 + 2 ) =....
F Memperhatikan benda yang diperlihatkan guru.
F Mendeskripsikan / mengulang deskripsi benda-benda yang tunjukkan guru..
F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru dari benda tersebut.
F Menjelaskan masing-masing gambar dengan bahasa sendiri.
F Menjelaskan manfaat rumah sehat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan ciri-cirinya.
F Menjumlahkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Membandingkan kedua gambar dengan menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3  x 35 menit ( Matematika, b.Indonesia, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan deskripsi dari benda yang lain.
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar siswa.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang ditulis guru di papan tulis.( 28 +11 )
F Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 20 + 10 ) + ( 8+ 1 ) =....
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjumlahkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
F Mengambil salah satu contoh benda ( tas sekolah ), lalu menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
F Menuliskan deskripsi dari benda-benda tersebut dengan menggunakan huruf lepas.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas, siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Menempel bentuk benda langit yang sesuai pada gambar yang telah disediakan guru.
F Memberi warna yang dapat menggambarkan bila benda langit tersebut muncul.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat  3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar siswa.
F Menjelaskan deskripsi dari benda yang lain.
F Mengamati gambar anak-anak sedang melakukan  permainan yang diperlihatkan guru.
F Dengan bimbingan guru siswa mencari hasil pengurangan dengan sifat pertukaran dan pengelompokan  bilangan berdasarkan nilai tempatnya ( 20 - 10 ) + ( 8- 1 ) =....
F Memperhatikan kalimat pengurangan  yang ditulis guru di papan tulis.( 28 - 11 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengambil salah satu contoh benda ( kapur tulis ), lalu menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
F Menuliskan deskripsi dari benda-benda tersebut dengan menggunakan huruf lepas
F Mengurangkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat pengurangan  yang ditulis guru di papan tulis.  ( 47 - 25 )
F Dengan bimbingan guru siswa mencari hasil pengurangan dengan sifat pertukaran dan pengelompokan  bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 40 - 20 ) + ( 7- 5 ) =....
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar siswa.
F Menjelaskan deskripsi dari benda yang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengurangkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
F Mengambil salah satu contoh benda ( gelas minum ), lalu menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
F Menuliskan deskripsi dari benda-benda tersebut dengan menggunakan huruf sambung yang rapi.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  ( IPS, SBK, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Menjelaskan masing-masing gambar dengan bahasa sendiri.
F Membandingkan kedua gambar dengan menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
F Menjelaskna kerugian rumah tidak sehat.
F Memperhatikan cara memainkan alat musik sederhana yang telah disediakan/ dibawa oleh siswa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memainkan alat musik sederhana dengan lagu yang mudah dikuasai siswa.
F Membuat kelompok untuk penampilan alat musik dan lagu anak-anak yang sudah dikuasai.
F Memainkan alat musik dan menyanyikan lagu di hadapan teman-temannya dengan percaya diri secara kelompok.
F Menyanyikan  salah satu lagu wajib yang mudah dihafalkan siswa.
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan oleh guru ( gmb anak-anak sedang melakukan permainan )
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secra lisan.
F Secara bergiliran siswa menyampaikan kalimatnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, Matematika, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung mencari  benda yang ada di sekitar siswa, melakukan  dan membandingkan berat beberapa benda.
F Mendeskripsikan benda-benda yang dilihatnya.
F Membandingkan berat dan ringan benda
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas, siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Melengkapi gambar dengan gambar benda langit yang muncul pada siang hari..
F Memberi warna yang dapat menggambarkan bila benda langit tersebut muncul
F Menyebutkan beberapa benda yang termasuk berat.
F Menyebutkan beberapa benda yang ringan.
F Memebandingkan berat benda dengan kalimat sehari-hari lebih berat, lebih ringan, dan sama berat.
F Menyebutkan tata tertib yang ada di sekolah
F Simulasi tata tertib sekolah.
F Memberi contoh pelaksanaan tata tertib sekolah.
F Mencari sendiri benda-benda yang dapat diukur beratnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   :  3 x 35 menit  ( B. Indonesia, Matematika , IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan oleh guru ( gmb anak-anak sedang melakukan permainan )
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Melalui pengamatan terhadap  model siswa menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secara lisan.
F Secara bergiliran siswa menyampaikan kalimatnya.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar dan kalimat yang disampaikan siswa lain.
F Dengan demontrasi secara langsung mencari  benda yang ada di sekitar siswa, melakukan  dan membandingkan berat beberapa benda.
F Menyebutkan beberapa benda yang termasuk berat.
F Menyebutkan beberapa benda yang ringan.
F Memebandingkan berat benda dengan kalimat sehari-hari lebih berat, lebih ringan, dan sama berat.
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa.
§ Melaporkan hasil diskusi kelompok. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga   :  3 x 35 menit  (, Matematika, B. Indonesia , IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa mencari  beberapa benda yang berat dan ringan di luar kelas.
F Mengelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan berat dan ringan.
F Mengerjakan Lembar Kerja secara diskusi  kelompok.
F Melaporkan hasil diskusi di hadapan guru dan siswa lain.
F Memberikan tanggapan positif terhadap laporan diskusi tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas, siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Melengkapi gambar dengan gambar benda langit yang muncul pada malam hari..
F Memberi warna yang dapat menggambarkan bila benda langit tersebut muncul
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat   :  3 x 35 menit  ( B. Indonesia, Matematika).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda pendek pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa menemukan beberapa benda yang berat dan ringan di luar kelas.
F Mengelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan berat dan ringan.
F Mengerjakan Lembar Kerja secara diskusi  kelompok
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  :  3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda panjang  pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( kelereng, kapur, koin)
F Mengukur berat benda dengan satuan kelereng.
F Mengukur berat benda dengan satuan kapur.
F Mengukur berat benda dengan satuan koin.
F Mengisi daftar  isian dari hasil pengukuran tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  :  3 x 35 menit  ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Menyimak penggalan cerita  yang tertulis pada buku..
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda pendek pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan terhadap model siswa menjelaskan ciri-ciri rumah tidak sehat.
F Mengerjakan tugas secara kelompok.
F Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan kembali macam-macam gerakan berpindah tempat. ( melompat,berjinjit, berputar,  melangkah ke depan,ke belakang, ke samping, berlari kecil, dll).
F Memperagakan gerakan melompat,berjinjit, berputar,  melangkah ke depan,ke belakang, ke samping, berlari kecil,  yang dilakukan secara kelompok.
F Melakukan gerakan berpindah tempat yang disesuaikan dengan gerakan tangan dan kepala.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 3
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati model/ gambar binatang yang ditampilakn guru.
F Mendeskripsikan benda-benda yang dilihatnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama-nama binatang tersebut.
F Mengelompokkan binatang yang keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan pada siang hari.
F Menyebutkan jenis makanan dan cara memangsa dari binatang tersebut..
F Menyebutkan ciri-ciri khusus binatang tersebut.
F Menyebutkan tata tertib yang ada di sekolah
F Simulasi tata tertib sekolah.
F Memberi contoh pelaksanaan tata tertib sekolah.
F Mencari sendiri benda-benda yang dapat diukur beratnya.
F Membandingkan berat dan ringan benda
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( bola tenis, bola pingpong, biji salak, permen.)
F Mengukur berat benda dengan satuan bola tenis
F Mengukur berat benda dengan satuan bola pingpong
F Mengukur berat benda dengan satuan biji salak dan permen.
F Mengisi daftar  isian dari hasil pengukuran tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   :  3 x 35 menit  ( B. Indonesia, Matematika , IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu  pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Menjelaskan masing-masing gambar dengan bahasa sendiri.
F Menjelaskan kegunaan jendela, saluran air kotor, bak sampah bagi setiap rumah.
F Menjelaskan akibat tidak merawat rumah bagi manusia dan lingkungan sekitar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari arti dari kata-kata khusus tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( kelereng, kapur, koin)
F Mengukur berat benda dengan satuan kelereng.
F Mengukur berat benda dengan satuan kapur.
F Mengukur berat benda dengan satuan koin.
F Mengisi daftar  isian dari hasil pengukuran tersebut.
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil.
F Membandingkan kedua gambar dengan menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga   :  3 x 35 menit  (, Matematika, B. Indonesia , IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeklamasikan puisi tersebut sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai ( wajar).
F Mengamati model/ gambar binatang yang ditampilakan guru.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( bola tenis, bola pingpong, biji salak, permen.)
F Membaca dengan memperhatikan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Membaca puisi dengan suara nyaring secara klasikal.
F Menyimak puisi /syair lagu  yang ditulis / dibagikan pada siswa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengukur berat benda dengan satuan bola tenis
F Mengukur berat benda dengan satuan bola pingpong
F Mengukur berat benda dengan satuan biji salak dan permen.
F Mengisi daftar  isian dari hasil pengukuran tersebut.
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
F Menyebutkan nama-nama binatang tersebut.
F Mengelompokkan binatang yang keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan pada malam hari.
F Menyebutkan jenis makanan dan cara memangsanya.
F Menyebutkan ciri-ciri khusus binatang tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat   :  3 x 35 menit  ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari tiapa kata.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunakan huruf kapital.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kaliamt tersebut dengan huruf lepas terlebih dahulu.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
F Mengukur berat benda dengan satuan kelereng.
F Mengukur berat benda dengan satuan kapur.
F Mengukur berat benda dengan satuan koin
F Mengukur berat benda dengan satuan bola tenis
F Mengukur berat benda dengan satuan bola pingpong
F Mengukur berat benda dengan satuan biji salak dan permen.
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  :  3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan hasil dari tiap pengukuran berat untuk melihat perbedaan hasil pengukuran.
F Menyimak kalimat yang didiktekan oleh guru.
F Melafalkan kalimat yang didiktekan guru.
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengukur berat benda dengan satuan buku.
F Mengukur berat benda dengan satuan pulpen.
F Mengukur berat benda dengan satuan pensil
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil
F Mengerjakan Lembar Keraja Siswa.
F Menuliskan ke dalam buku tulis sendiri kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung..
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  :  3 x 35 menit  ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melengkapi gambar rumah dengan ventilasi, tempat sampah, taman bunga, pohon besar, agar menjadi rumah yang sehat dengan cara menghubungkan titik-titik.
F Menyimak puisi  yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari tiap kata.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mewarnai gambar sesuka hati agar menjadi gambar yang indah.
F Memajang hasil karya di depan kelas.
F Memberi tanggapan positif terhadap hasil karya setiap siswa.
F Memperagakan gerakan melompat,berjinjit, berputar,  melangkah ke depan,ke belakang, ke samping, berlari kecil,  yang dilakukan secara kelompok.
F Melakukan gerakan berpindah tempat yang disesuaikan dengan gerakan tangan dan kepala.
F Memeragakan gerakan tari dengan iringan lagu dengan gerakan berpindah temapt dan gerakan tangan yang sesuai dengan musik.
F Gerakan tari secara berkelompok.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunakan huruf kapital.
F Menyalin puisi dengan menggunakan huruf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
F Membaca kembali puisi  yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
     Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
     Mengerjakan post tes
     Pemberian PR / tugas
     Memberiakn pujian terhadap siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar.

V.  Alat dan Sumber Belajar
§ Buku Sumber :
     Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
     Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
     Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
     Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
     Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
     Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
     Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

§ Alat Peraga  :
     gambar rumah sehat dan tidak sehat.
     gambar bulan, bintang, dan matahari.
     benda-benda kecil, timbangan gantung dari karton.
     kelereng, kapur, biji-bijian, bola tenis, bola pingpong,
VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
  1. IPS :
·         Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat
·         Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat
·         Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.

  1. IPA :
·         Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
·         Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari.
·         Menceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.

  1. PKn:
·         Melaksanakan tata tertib di rumah.
·         Melaksanakan tata tertib di sekolah

  1. Matematika :
·         Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan.
·         Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari.
·         Memberi contoh benda yang berat dan  ringan.
·         Mengukur berat benda dengan satuan tak baku.
·         Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku.

  1. Bahasa Indonesia :
·         Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·         Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..

  1. Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Memainkan alat musik sederhana.
·         Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
·         Menyebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya.
·         Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.)


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
  1. IPS :
·         Bandingkan rumah sehat dan tidak sehat
·         Sebutkan cirri-ciri rumah sehat
·         Sebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.

  1. IPA :
·         Ceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
·         Gambarkanlah benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari.
·         Ceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.

  1. PKn:
·         Bagaimana cara melaksanakan tata tertib di rumah.
·         Bagaimana cara Melaksanakan tata tertib di sekolah

  1. Matematika :
·         Bagaimana cara Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan.
·         Bagaimana cara Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari.
·         Sebutkanlah contoh benda yang berat dan  ringan.
·         Bagaimana cara Mengukur berat benda dengan satuan tak baku.
·         Tunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku.

  1. Bahasa Indonesia :
·         Bagaimana cara Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Tentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Buatkanlah kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Bagaimana cara Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Bagaimana cara Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·         Bagaimana cara Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·         Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Bagaimana cara Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..

  1. Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Bagaimana cara Memainkan alat musik sederhana.
·         Nyanyikanlah lagu dengan syair yang benar.
·         Sebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya.
·         Jelaskanlah gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.)



Contoh Lembar Kerja Siswa Matematika
Kelompok : ...........................
Anggota :
o          .......................
o          .......................
o          ........................
o          ........................

Kalian sudah menemukan benda di halaman ?
Nah sekarang coba bandingkan dan kelompokkan benda mana yang berat dan benda yang ringan !

No
Benda yang berat
Benda yang ringan
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10


Contoh Lembar Kerja Siswa  IPA
Kelompok : ...........................
Anggota :
1 .......................
2 .......................
3 ........................
4 ........................
5. ........................
Gambarlah matahari yang pernah kalian lihat dan amati dengan cara melihat bayangannya dalam air. Ikuti cara gurumu !

 
 






Pernahkah kalian melihat bulan di waktu malam ?
Tentu kalian pernah melihatnya, disamping bulan pasti ada bintang.
Cobalah gambar bulan dan bintang yang kalian ketahui!

 
 


                                                                                        





VII. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

            2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

             3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A.     Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.      Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar C.     Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melak

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   V Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A. Standar  Kompetensi :              Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun A.     Kompetensi Dasar     Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar B.      Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat                                      -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melakukan kerja sama . c. psikomotor Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi