Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.
IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta
cara
perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika
: Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah
dan dongeng yang
dilisankan.
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan,
dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca : Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi
karya seni musik.
Kompetensi Dasar
:
1. IPS
:
·
Menceritakan pengalaman.
2. IPA :
·
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh
sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Menyapa
orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·
Mencontoh
huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
I. Tujuan
Pembelajaran** :
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil
berdasarkan cerita orang tua.
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman ke sekolah,
pulang sekolah dan kesan bersekolah..
·
Siswa dapat menjelaskan nama makanan sehat,
perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk tumbuh sehat..
·
Siswa dapat membedakan jenis air, makanan,
pakaian, udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.
·
Siswa dapat menyebutkan 5 agama, kegiatan
keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama
yang diakui di Indonesia .
·
Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan
pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
·
Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam
mengerjakan hitung sampai 20..
·
Siswa
dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·
Siswa
dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
·
Siswa
dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
·
Siswa
dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda.
·
Siswa
dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun.
·
Siswa
dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sedrehana.
·
Siswa
dapat menjiplak, menebalkan dan menyalin
huruf, gambar, dan kalimat.
·
Siswa
dapat menentukan sumber bunyi
·
Siswa
dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
·
Siswa
membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Siswa
dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan.
·
Siswa
dapat menyebutkan kegunaan benda.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa
masa kecil
·
Hidup
rukun dalam perbedaan.
·
Oprasi
hitung bilangan.
·
Pengucapan
bunyi atau suara tertentu di sekitar
·
Pelafalan
bunyi bahasa
·
Kalimat
sapaan
·
Membaca
kata dan kalimat.
·
Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
·
Unsur
– unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·
Gambar
barang budaya/ alami.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan
inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati model/ gambar makanan sehat,
menyebutkan jenis makanan yang dapat
menyehatkan tubuh.
F Mengamati lingkungan sekitar untuk
mendiskusikan pentingnya air, pakaian,
udara, dan lingkungan untuk tumbuh sehat.
F Mengamati gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan jenis makanan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan.
F Menyebutkan jenis air yang baik untuk
kesehatan tubuh.
F Menyebutkan nama agama yang sesuai dengan
tempat ibadah yang ditunjuk
F Menceritakan kegiatan keagamaan yang
pernah diikuti atau yang pernah dilihat, dan didengar.
F Mendiskusikan kegiatan keagamaan yang ada
di Indonesia.
F Memberikan contoh peristiwa sehari-hari
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
F Menterjemahlkan peristiwa tersebut ke
dalam kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20 secara lisan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pendengaran yang cermat
menyebutkan suara langsung dan suara tiruan.
F Mendengarkan penjelasan guru tentang
peristiwa yang pernah dialami pada saat masih kecil bisa diceritakan kembali
kepada orang lain, sebagai pengalaman kepada temannya atau gurunya.
F Menceritakan pengalaman masa kecil yang didengar dari orang
tua atau orang lain
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menirukan susra yang didengar, dan
menyebutkan jenis suara yang didengar.
F Menirukan susra binatang, kendaraan, dan
suara alam.
F Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman
orang lain.
F Menuliskan peristiwa penjumlahan dalam
kehidupan sehari-hari ke dalam kalimat
matematika secara lisan.
F Mencari hasil dari penjumlahan tersebut .
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan dapat
membedakan suara buatan dan suara alami.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat
membaca simbul + yang dapat diartikan sebagi penjumlahan,dikumpulkan, diberi
lagi, membeli lagi penambahan, dan
simbul = untuk mendapatkan hasil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan suara –suara alami yang pernah
didengar
F Menyebutkan suara-suara buatan yang pernah
didengar
F Melakukan penjumlahan melalui benda
konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan dan pengalaman siswa
menciptakan jenis suara yang baru.
F Mencari hasil penjumlahan dengan hasil yang tepat, dalam
menerjemahkan ke dalam kalimat
penjumlahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Bermain bunyi , membuat kelompok , setiap
kelompok mengeluarkan bunyi tiruan dan bunyi alami yang pernag didengar.
F Membuat kalimat matematika melalui
pengamatan lingkungan kelas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat
membaca simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi pengurangan, dikurangi,
terbang, lari, hilang, diberikan, dan
simbol = untuk mendapatkan hasil.
F Melalui penjelasan guru, siswa memeragakan
menyapa teman dengan cara yang baik dan bahasa yang santun.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan pengurangan melalui benda
konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul ( - )
dan ( = )
F Menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan penjelasan guru tentang
sumber bunyi.
F Menjelaskan bunyi alam adalah bunyi yang
dihasilkan oleh alam, contohnya suara air mengalir, angin bertiup, suara guntur
, suara ombak dll.
F Menjelaskan bunyi buatan yaitu
bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia, contohnya : bernyanyi, berdecak, berbicara,bertepuk, memetik
jari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan
gerakan yang dapat menghasilkan bunyi, baik menggunakan alat sederhan
maupun menggunakan anggota tubuh.
F Melalui pengamatan dan pengalaman siswa
mengelompokkan bunyi menjadi dua jenis yaitu bunyi alam dan bunyi buatan.
F Memeragakan menyapa oarng tua, guru dan
orang yang lebih tua, dengan kalimat yang santun dan cara yang baik secara
individual.
F Mengajukan pendapat atas peragaan temannya
untuk perbaikan dan menambah keberanian mengeluarkan pendapat.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui percobaan tentang air di
lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan jenis air yang dapat menyehtkan dan
tidak menyehatkan.
F Melalui penjelasan guru dan pengalaman,
siswa menyebutkan 4 kitab suci umat beragama yang ada di Indonesia.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan lingkungan sekitar
siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan sekitar termasuk sehat atau tidak
sehat.
F Melalui diskusi sederhana siswa
menyimpulkan udara kotor sangat berpengaruh pada kesehatan manusia.
F Melalui Lembar Kerja siswa mencari
informasi tentang 5 pemuka agama yang ada di Indonesia.
F Menyelesaikan soal latihan untuk
penjumlahan.
F Mengerjakan soal penjumlahan di papan
tulis.
F Melakukan penyelesaian soal cerita sederhana tentang
penjumlahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan bantuan guru siswa menyusun naskah
percakapan sapaan yang sederhana dengan menggunakan bahasa yang santun.
F Melalui penjelasan guru sebagai motivasi,
siswa dapat mengingat kembali kesan pertama masuk sekolah Dasar , dan
menceritakan peristiwa/ pengalaman tersebut kepada orang lain atau temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan naskah percapan sapaan
tersebut di depan kelas.
F Mengerjakan soal pengurangan di papan
tulis.
F Menyelesaikan soal cerita sederhana
tentang pengurangan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati kartu huruf a, i, u, e, o, m, n,
b, d, dan l yang diperlihatkanguru.
F Melalui penggunaan kartu huruf , siswa
dapat menyusun kata sederhana.
F Membaca susunan kartu huruf tersebut
dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
F Membaca kalimat tersebut dengan suara
nyaring dan pelafalan yang benar.
F Membaca dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai
dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun kata-kata tersebut menjadi
kalimat sederhana.
F Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari
fakta dasar tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dan menghapal fakta dasar pengurangan sampai dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui Lembar Kerja menulis, siswa
menjiplak dan menebalkan bentuk huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara
lepas, kata atau gambar dengan posisi
duduk dan pemegangan alat tulis yang benar.
F Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil
hafalan dari fakta dasar tersebut.
F Pengetesan melalui lisan dan tertulis.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan penjumlahan melalui benda
konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
F Mengamati bentuk huruf dari papan tulis,
lalu menuliskannya di udara huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal penjumlahan bilangan 3
angka hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
F Menuliskan kata yang dibentuk dari huruf
a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l.
F Melakukan salintatap beberapa kata yang ditulis di papan
tulis ke dalam buku tulis sendiri.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan dan pengalaman siswa
menjelaskan perbedaan panjang dan pendek bunyi,
F Menyalin kalimat sedrehana dengan tulisan tegak bersambung.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membedakan keras dan pelan suatu bunyi (
dinamik).
F Menuliskan kalimat sederhana yang terdiri
dari dua kata yang didiktekan guru.
F Menuliskan dengan bentuk huruf lepas yang benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa
yang relevan
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku
ajar siswa yang relevan
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga :
1.
Gambar
makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2.
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu
huruf
4.
Kartu
bilangan.
5.
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
6.
rebana,
suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
7.
Sampel
air bersih dan tidak bersih.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil
berdasarkan cerita orang
tua.
·
Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah
·
Menceritakan kesan
hari pertama masuk Sekolah Dasar.
2.
IPA :
·
Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
·
Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
·
tumbuh sehat.
·
Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
untuk tumbuh sehat.
3.
PKN :
·
Menyebutkan
5 agama yang diakui di Indonesia beserta
tempat ibadahnya
·
Menceritakan
kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
·
Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
·
Menjelaskan 5 pemuka
agama yang diakui di Indonesia.
4.
Matematika
:
·
Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke
dalam kalimat sehari-hari.
·
Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung
sampai 20
·
Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·
Menjumlah bilangan
3 angka hasil sampai 20.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
.Membedakan berbagai bunyi /
suara Tertentu secara tepat.
·
Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·
Menyapa
teman sebaya, guru, dan orang lain
serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara
yang santun.
·
Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
kalimat sederhana
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis dengan benar.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri..
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Menentukan sumber bunyi.
·
Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Menjelaskan rangkaian
bunyi dan detak melalui peragaan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1.
IPS :
·
Ceritakanlah kembali pengalaman waktu kecil
berdasarkan cerita orang
tua.
·
Ceritakanlah pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah
·
Ceritakanlah kesan hari pertama masuk Sekolah
Dasar.
2.
IPA :
·
Tunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
·
jelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
·
tumbuh sehat.
·
Bedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
untuk tumbuh sehat.
3.
PKN :
·
Sebutkan
5 agama yang diakui di Indonesia beserta
tempat ibadahnya
·
Ceritakanlah kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
·
Sebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
·
Jelaskan 5 pemuka agama
yang diakui di Indonesia.
4.
Matematika
:
·
Terjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke
dalam kalimat sehari-hari.
·
Bagaimana cara Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam
mengerjakan hitung sampai 20
·
Bagaimana cara Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai
dengan 20.
·
Bagaimana cara Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Bedakan berbagai bunyi /
suara Tertentu secara tepat.
·
Tirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·
Bagaimana cara Menyapa
teman sebaya, guru, dan orang lain
serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara
yang santun.
·
Bagaimana cara Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata,
kata –kata dan kalimat sederhana
·
Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk
huruf.
·
Bagaimana cara Menyalin
/ mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis dengan benar.
·
Bagaimana cara Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri..
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Tentukan sumber bunyi.
·
Bedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Bedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Jelaskan rangkaian
bunyi dan detak melalui peragaan
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
I. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas
I
( …………………...………
)
NIP/NIK : …………………
|
Komentar
Posting Komentar