Ikatan Harapan

Ikatan Harapan
Persahabatan Jembatan Kesuccesan

Sabtu, 07 Juli 2012

RPP Tematik Kelas I ( Pengalaman )


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Pengalaman
Kelas/Semester    :  I / 1
Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 
                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.        
2. IPA              :  Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat
3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
·   Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·   Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan                    perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·   Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·   Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi,                                              dan menyalin.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni tari.

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Menceritakan pengalaman
·         Menceritakan kasih sayang  antar anggota keluarga.

         2. IPA :
·         Mengenal cara menjaga  lingkungan agar tetap sehat

3.  PKN :
·         Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di  rumah maupun di sekolah.

4.  Matematika :
·         Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)

5.      Bahasa Indonesia :
·         Membedakan bunyi bahasa
·         Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi    yang sesuai.
·         Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·         Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·         Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menidentifikasi fungsi   tubuh dalam   melaksanakan gerak di  tempat.
·         Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi  rendah.

I.          Tujuan Pembelajaran**  :
·         Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan..
·         Siswa dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua.
·         Siswa dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
·         Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan sekolah..
·         Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
·         Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukundan tidak rukun..
·         Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
·         Siswa dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang dan malam hari.
·         Siswa dapat mengurutkan nama –nama hari, bulan dan membaca jam pas.
·         Siswa dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.
·         Siswa dapat mendeklamasikan puisi.
·         Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami..
·         Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
·         Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·         Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·         Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah tempat

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II.        Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Peristiwa masa kecil
·         Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah..
·         Hidup rukun dalam perbedaan.
·         Satuan pengukuran.
·         Pengucapan bunyi
·         Puisi anak
·         Membaca nyaring.
·         Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·         Unsur-unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi iringan tari..

III.       Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR
·         Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.

B. Kegiatan inti   :
      Minggu I
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati dua gambar rumah yang bersih dan kotor.
F Menyatakan pendapatnya  tentang gambar yang ditampilkan.
F Menjelaskan kegiatan yang dilakukan orang tua pada pagi hari.
F Menjelaskan sikap yang dapat menjaga kerukunan dalam keluarga.
F Menjelaskan sikap yang tidak terpuji yang dapat menghancurkan kerukunan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membedakan dan memilih gambar mana yang disukai.
F Melalui cerita yang disampaikan guru siswa termotivasi untuk menjelaskan cara membersihkan rumah.
F Menyebutkan keuntungan dari membersihkan lingkungan rumah.
F Melalui model/ gambar yang menceritakan hidup rukun, siswa menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
F Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menyebutkan contoh kegiatan yang dilakukan anak-anak pada pagi hari.
F Mengisi tabel kegiatan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui alat, siswa mendengarkan suara binatang.
F Melalui motivasi guru, siswa mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan.
F Menceritakan peristiwa yang menyenangkan yang diabadikan melalui foto.
F Menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada siang hari oleh anak-anak.
F Menjelaskan kegiatan yang dilakukanorang tua pada siang hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama binatang yang ditiru suaranya.
F Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.
F Memberikan pendapat pada cerita yang disampaikan.
F Membuat tabel kegiatan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui tiruan suara binatang, siswa menjelaskan ciri-ciri dari binatang yang ditiru suaranya.
F Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.
F Menyususuntabel kegiatan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mealui motivasi guru siswa dapat mendeklamasikan lagu anak.
F Mendeklamasikan lagu anak tanpa melihat catatan.
F Mendeklamasikan lagu anak secara klasikal.
F Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nam –nama hari secara berurut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan pada tiap-tiap hari.
F Menjelaskan kegiatan sekoalh pada hari-hari tertentu.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeklamasikan  lagu anak dengan suara nyaring secara individual.
F Mengungkapkan perasaan ketika mendeklamasikan lagu tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat daftar kegiatan siswa  setiap hari.
F Menyusun rencana kegiatan pada hari-hari tertentu.
F Mengerjakan soal latihan.
F Mmeberikan pendapat ketika temannya berdeklamasi.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menceritakan isi puisi / deklamasi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan gerakan melompat, pada gerakan tari yang diiring tepukan.
F Memperagakan gerakan melenggang pada gerakan tari yang diiringi tepukan.
F Memperagakan gerakan melangkahkan kaki pada gerakan tari yang diiringi tepukan
F Melakukan tanya jawab tentang deklamsi tersebut.
F Membuat kesimpulan tentang isi puisi/ lgu yang dideklamasikan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu  ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kerugian bila kita tidak rukun dengan anggota keluarga atau teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui contoh peragaan membersihkan kelas, siswa termotivasi untuk menjelaskan manfaat dari membersihkan sekolah.
F Memperagakan cara membersihkan kelas.
F Menyebutkan bagian kelas yang dapat dibersihkan.
F Setelah mendengarkan cerita dalam gambar, siswa membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
F Mendiskusikan sikap yang baik agar tetap terjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
F Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nama bulan dalam setahun.
F Menuliskan nama bulan kelahiran anggota keluarganya.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk mennyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di sekolah.
F Mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika temannya bercerita.
F Melalui pengalaman, siswa dapat menjelaskan tentang kasih sayang orang tua tidak ada yang menggantikannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bukti kasih sayang orang tua terhadap anaknya.
F Menyebutkan sikap yang terpuji seorang anak kepada orang tuanya.
F Mengucapkan doa yang khusus untuk orang tua.
F Menyusun kegiatan, peristiwa pada tiap bulannya.
F Menuliskan nama bulan kelahiran temannya.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati kartu huruf yang sudah dipelajari dan dirangkai menjadi kata.
F Membacanya dengan suara nyaring.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun huruf tambahan y,g,j dengan huruf yang sudah dipelajari.
F Membuat kata yang baru, yang disusun dari huruf lama dan huruf baru.
F Membaca susunan kata yang digabung menjadi kalimat sederhana.
F Menyebutkan nama bulan dalam setahun secara berurut dari bulan ke satu sampai bulan ke dua belas tanpa ada yang terlewat.
F Menyebutkan jumlah hari pada tiap bulannya.
F Menyebutkan nama bulan yang jumlahnya 30 hari.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dengan suara nyaring gabungan kata-kata yang ditulis di papan tulis.
F Menjelaskan kegunaan jam sebagai penunjuk waktu.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat kalimat baru dari huruf-huruf yang sudah dipelajari.
F Melalui pengalaman dan penjelasan dari guru, siswa mengenal jam analog.
F Menyebutkan macam-macam jam yang dikela siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat  yang didiktekan guru dengan suara yang nyaring dan lafal yang benar.
F Membaca kaliamt yang didiktekan secara klasikal dan individual.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengamati jam analog yang mempunyai jarum detik, menit dan jam.
F Mengamati angka yang tertera pada jam.
F Mengamati perputaran jarum jam pada tiap deti, menit dan jam.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menebalkan kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan huruf lepas dan sambung.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan gerakan-gerakan tiruan  kupu kupu sambil diiringi lagu.
F Memperagakan grakan –gerakan tiruan burung sedang terbang sambil diiringi lagu.
F Menjiplak dan menebalkan bentuk gambar dan huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, l ,g, j, dan y
F Menjiplak dan menebalkan suku katadan  kata
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


Minggu  ke 3
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca tanda waktu yang ditunjukkan denganjarum jam analog.
F Membaca jarum jam secara individual dan klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Setelah menyampaikan berbagai penjelasan, siswa menyebutkan alat-alat yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah dan sekolah.
F Membubuhkan jarum jam pada gambar jam.
F Menyampaikan contoh dari akibat tidak menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan bahwa sesama anggota keluarga harus menjaga kasih sayang dan saling menghormati.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana  dari papan tulis atau buku  dengan tulisan lepas yang rapi dan terbaca.
F Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana  dari papan tulis atau buku  dengan tulisan sambung yang rapi dan bentuk huruf yang benar.
F Menceritakan tentang kasih sayang antara anggota keluarga .
F Menyebutkan bukti-bukti kasih sayang mereka kepada kita.
F Menggambar jam sesuai denga kegiatan yang ditunjukkan oleh gambar.
F Melengkapi gambar jam dengan membubuhkan jarum pendek 
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menggambar jam dengan peletakan jarum dan penulisan angka dengan tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas.
F Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf sambung.
F Menggambar jam sesuai dengan kegiatan yang ditukis oleh guru.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di rumah .
F Membaca jam dengan menggunakan model jam analog.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang  diamati.
F Menggambar jam dengan meletakkan jarum pendek dan jarum panjang  dengan tepat.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di pasar .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menggambar jam dengantepa dalam peletakan jarum pendek dan jarum panjang.
F Membuat jam mainan yang dapat digunakan untuk model.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang  diamati.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan gerakan tiruan bunga yang bergoyang sambil diiring musik
F Mmperagakan gerakan tiruan pohon bergoyang sambil diiringi musik.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang  diamati.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
     Buku Sumber :
    1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

Alat Peraga  :
F Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
F Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
F Kartu huruf, kartu kata, kalimat
F gambar dan model jam analog.
F selendang, rebana.
F Gambar alat kebersihan..


VI.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      IPS :
·         Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
·         Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·         Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.

2.      IPA :
·         Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·         Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
·         Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.

3.      PKN :
·         Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·         Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·         Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.

4.      Matematika :
·         Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
·         Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
·         Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
·         Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
·         Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
·         Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.

5.      Bahasa Indonesia.
·         Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·         Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
·         Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·         Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·         Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·         Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·         Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·         Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·            Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·         Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
·         Mengidentifikasi gerak tiruan hewan  yang dapat terbang
·         Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.      IPS :
·         Ceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
·         Jelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·         Ceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.

2.      IPA :
·         Jelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·         lakukanlah perawatan kebersihan di sekolah.
·         Sebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.

3.      PKN :
·         Ceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·         Bandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·         Jelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.

4.      Matematika :
·         Sebutkanlah contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
·         Sebutkanlah mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
·         Sebutkanlah Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
·         Jelaskanlah membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
·         Gambarkanlah  jam sesuai dengan kegiatan
·         Tentukanlah  letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.

5.      Bahasa Indonesia.
·         Bedakanlah berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·         Sebutkanlah puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
·         Bagaimana cara mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·         Bagaimana cara Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·         Bagaimana cara Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·         Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·         Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·         Bagaimana cara Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·         Bagaimana cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Bagaimana cara Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Sebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·         Jelaskanlah  gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
·         Jelaskanlah  gerak tiruan hewan  yang dapat terbang
·         Jelaskanlah  gerak tiruan tumbuhan.

·         LKS
·         Lmbar observasi.




I. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………