Langsung ke konten utama

RPP Tematik Kelas I ( Kesehatan )


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Kesehatan
Kelas/Semester    :  I / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                                       :  Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2.  IPS                                        :  Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                             :  Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap  kegiatan manusia.
4.  Matematika                           :  Menggunakan pengukuran berat.
5.  Bahasa Indonesia                  :          
·         Mendengarkan               :  Memahami wacana lisan tentang benda-benda di
                                                sekitar dan dongeng.
·         Berbicara                        :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan   dongeng.
·         Membaca               :  Memahami  teks pendek dengan membaca lancar dan
                                                membaca puisi anak.
·         Menulis                          :  Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
                                                melalui dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan:  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
                                                      Mengapresiasi karya seni tari                                                 

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
2. IPA :
·         Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan.
3.  PKn :
·         Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
4.  Matematika :
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
1.      Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·         Menyebutkan isi  dongeng.
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
2.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
·         Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
·         Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi

I.    Tujuan Pembelajaran**  :
                        Siswa dapat :
·         Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
·         Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.
·         Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan
·         Menjelaskan keuntungan musim hujan.
·         Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba
·         Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
·         Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
·         Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di lingkungan masyarakat.
·         Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
·         Menyebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat
·         Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku.
·         Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung.
·         Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak baku.
·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menunjukkan gerak tiruan aktifitas manusia.
·         Memilih gerakan tari yang sesuai dengan iringan.
·         Membedakan keragaman unsure gerak tari
·         Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
·         Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
1.      Hak dan kewajiban anggota masyarakat
2.      Lingkungan rumah sehat
3.      Berbagai benda langit dan peristiwa alam.
4.      Satuan pengukuran berat.
5.      Mendengarkan dongeng.
6.      Mengucapkan kalimat berita sederhana.
7.      Percakapan sederhana tentang kesehatan.
8.      Bermain peran.
9.      Membaca wacana sederhana dengan tema menjaga kebersihan.
10.  Menulis kalimat sederhana dengan cara dikte.
11.  Menampilakan tarian diiringi tepuk dan lagu

III. Metoda Pembelajaran :
1.      Ceramah
2.      Diskusi.
3.      Tanya jawab.
4.      Demontrasi.
5.      Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR


B. Kegiatan inti   :     
Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui cerita dan pengalaman siswa menyebutkan tanda-tanda akan turun hujan.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan ketika hujan turun.
F Menjelaskan akibat yang kita rasakan bila bermain hujan-hujanan.
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku ( klip kertas).
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan tanda-tanda akan turun hujan, untuk diingat.
F Dengan diawali tanya jawab siswa menyebutkan kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat terutama yang berhubungan dengan kesehatan.
F Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan, pelaksanaan, peserta dan  manfaat kerja bakti di daerahnya.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa  secara berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi.
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( atom hekter)
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran tak baku.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar yang menceritakan tentang kegiatan membersihkan rumah.
F Mengamati gambar bagian- bagian rumah dan menjelaskan cara membersihkannya. ( kamar mandi, halaman, saluran air)
F Menjelaskan manfaat dari menjaga kebersihan pada bagian rumah tersebut.
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh guru. ( Si kancil mengalahkan  srigala)
F Menyimak dongeng dengan penuh perhatian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng tersebuit.
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh dalam dongeng tersebut.
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku ( penghapus pensil).
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( pensil yang sama panjang).
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran tak baku.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3  x 35 menit ( Matematika, B.Indonesia, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar siswa.
F Melalui cerita yang disampaikan guru, siswa dapat menjelaskan keuntungan bagi petani  bila hujan turun.
F Menyimak dongeng dengan penuh perhatian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku ( permen).
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( kapur tulis )
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran tak baku.
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh guru       ( Harimau raja hutan yang perkasa)
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng tersebuit.
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh dalam dongeng tersebut.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menceritakan kembali tanda-tanda akan turun hujan.
F Melalui diskusi kelompok, siswa mencari keuntungan lain bila musim hujan turun.
F Melaporkan hasil diskusi.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      Pertemuan ke empat  3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh guru.       ( burung jalak sahabat kerbau)
F Menyimak dongeng dengan penuh perhatian.
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng tersebuit.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh dalam dongeng tersebut.
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku ( uang logam seratus rupiah.).
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( uang logam liam ratus rupiah)
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran tak baku.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku ( spidol).
F Menyimak dongeng dengan penuh perhatian.
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng tersebuit.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( krayon)
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran tak baku.
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh guru. ( kera dan kura-kura )
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh dalam dongeng tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  ( IPS, SBK, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar yang menceritakan tentang kegiatan membersihkan rumah.
F Mengamati gambar bagian- bagian rumah dan menjelaskan cara membersihkannya. ( dapur, ruang makan, kamar tidur)
F Menjelaskan manfaat dari menjaga kebersihan pada bagian rumah tersebut.
F Mengamati kegiatan manusia ( petani sedang mencangkul,menanam padi, menyabit rumput, nelayan, polisi mengatur lalu lintas,dll)  melalui VCD..
F Menyimak dongeng dengan penuh perhatian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memvisualisasikan gerakan manusia ( petani) ke dalam gerakan tari.
F Dengan bimbingan guru, siswa mencari dan merangkaikan gerakan-gerakan yang meniru kegiatan manusia ke dalam gerakan tari.
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh guru.      ( kancil dan buaya)
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng tersebuit.
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh dalam dongeng tersebut.
F Menceritakan dongeng dengan menggunakan bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, Matematika, PKn ).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menceritakan kembali keuntungan bila musim hujan tiba.
F Melalui cerita yang disampaikan guru, siswa dapat menjelaskan kerugian yang menimpa bila musim hujan tiba.
F Menyimak penjelasan guru tentang kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
F Menjelaskan keuntungan menjaga keamanan di lingkungan masyarakat.
F Menjelaskan keuntungan menjaga ketertiban di lingkungan masyarakat.
F Menjelaskan keuntungan menjaga kerukunan di lingkungan masyarakat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan hal-hal yang dapat mencegah bencana banjir dan longsor yang sering terjadi pada musim hujan.
F Menuliskan pengalaman tidak menyenangkan ketikan musim  hujan tiba.
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
F Melalui contoh-contoh yang disampaikan, siswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan sebagai kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   :  3 x 35 menit  ( B. Indonesia, Matematika , IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan oleh guru ( gambar tunggal yang menceritakan kegiatan menjaga kebersihan dan gambar seri yang menceritakan  tentang seorang anak yang membuang sampah ke sungai)
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar yang menceritakan tentang kegiatan membersihkan rumah.
F Mengamati gambar bagian- bagian rumah dan menjelaskan cara membersihkannya. ( ruang tamu, ruang keluarga, ruang belajar )
F Menjelaskan manfaat dari menjaga kebersihan pada bagian rumah tersebut
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secara lisan.
F Secara bergiliran siswa menyampaikan kalimatnya.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar dan kalimat yang disampaikan siswa lain.
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga   :  3 x 35 menit  (  Matematika, B. Indonesia , IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Menjelaskan akibat dari musim kemarau.
F Menjelaskan hal-hal yang dapat mencegah kekurangan air bersih pada saat musim kemarau tiba.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan oleh guru ( gambar tunggal yang menceritakan kegiatan menjaga kebersihan di sekolah dan gambar seri yang menceritakan  tentang seorang anak yang membeli makanan di pinggir jalan)
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secara lisan.
F Secara bergiliran siswa menyampaikan kalimatnya.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar dan kalimat yang disampaikan siswa lain
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
F Melalui diskusi secara kelompok, siswa menyebutkan kerugian bila musim kemarau tiba.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat   :  3 x 35 menit  ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak naskah percakapan tentang mencuci tangan.
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan intonasi dan lafal yang baik.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring.
F Melakukan percakapan secara kelompok di depan kelas dengan diawali pembagian peran.
F Menanggapi dengan positif setiap penampilan teman.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  :  3 x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama .
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
F Membaca dengan memperhatikan jeda panjang  pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  :  3 x 35 menit  ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati  gambar/ model alat kebersihan.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama dari tiap alat kebersihan tersebut.
F Menyebutkan kegunaan dari tiap alat kebersihan tersebut.
F Menyebutkan tempat alat kebersihan tersebut digunakan.
F Mendemontrasikan menggunakan sapu, kemoceng dan lap pel.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa memilih gerakan yang sesuai dengan iringan.
F Memadukan gerakan yang sudah dirancang dengan iringan lagu atau musik.
F Menampilkan gerakan tari dihadapan penonton.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda panjang  pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 3
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengingat kembali tanda-tanda musim hujan dan musim kemarau tiba.
F Menjelaskan kembali keuntungan dan kerugian bila musim kemarau tiba.
F Menjelaskan kegunaan dari tata tertib tersebut bagi masyarakat.
F Menjelaskan keuntungan dan kerugian bila mentaati tata tertib tersebut.
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok.
F Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa dapat menyebutkan tata tertib yang ada di masyarakat.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   :  3 x 35 menit  ( B. Indonesia, Matematika , IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak penggalan cerita  yang tertulis pada buku..
F Membaca dengan memperhatikan jeda pendek dan jeda panjang pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Mengamati  gambar/ model alat kebersihan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama .
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
F Menyebutkan nama dari tiap alat kebersihan tersebut.
F Menyebutkan kegunaan dari tiap alat kebersihan tersebut.
F Menyebutkan tempat alat kebersihan tersebut digunakan.
F Mendemontrasikan menggunakan sapu lidi dan mengangut sampah menggunakan pengki.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga   :  3 x 35 menit  (, Matematika, B. Indonesia , IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang berbeda.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu  pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
F Menjelaskan kegiatan yang banyak dilakukan pada musim hujan maupun musim kemarau..
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Mencari arti dari kata-kata khusus tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal
F Melalui pengamatan, siswa menjelaskan perbedaan suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
F Menyebutkan jenis pakaian yang digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.
F Menyebutkan makanan yang sering disantap pada musim kemarau dan musim hujan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat   :  3 x 35 menit  ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari tiap kata.
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang berbeda.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunakan huruf kapital.
F Menyalin kalimat tersebut dengan huruf lepas terlebih dahulu.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  :  3 x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang berbeda.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari tiap kata.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda  tersebut.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunakan huruf kapital.
F Menyalin kalimat tersebut dengan huruf lepas terlebih dahulu.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  :  3 x 35 menit  ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati  gambar/ model alat kebersihan.
F Mendemontrasikan menggunakan lap pembersih kaca, mengelap meja, kursi dan lemari.
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama dari tiap alat kebersihan tersebut.
F Menyebutkan kegunaan dari tiap alat kebersihan tersebut.
F Menyebutkan tempat alat kebersihan tersebut digunakan.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa memilih gerakan yang sesuai dengan iringan.
F Memadukan gerakan yang sudah dirancang dengan iringan lagu atau musik.
F Menari dengan gerakan berpindah temapat yang sesuai dengan ruang
F Menampilkan gerakan tari dihadapan penonton.
F Menyimak kalimat yang didiktekan oleh guru.
F Melafalkan kalimat yang didiktekan guru.
F Menuliskan ke dalam buku tulis sendiri kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung..
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
F Memberiakn pujian terhadap siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar.

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
  1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
  2. Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
  3. Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
  4. Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
  5. Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
  6. Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
  7. Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

·         Alat Peraga  :
o   gambar rumah sehat dan tidak sehat.
o   gambar bulan, bintang, dan matahari.
o   benda-benda kecil, timbangan gantung dari karton.
o   kelereng, kapur, biji-bijian, bola tenis, bola pingpong,

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      IPS :
·         Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
·         Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.
2.      IPA :
·         Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan
·         Menjelaskan keuntungan musim hujan.
·         Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba
·         Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
·         Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
3.      PKn:
·         Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di lingkungan masyarakat.
·         Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
·         Menyebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat
4.      Matematika :
·         Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku.
·         Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung.
·         Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak baku.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Menunjukkan gerak tiruan aktifitas manusia.
·         Memilih gerakan tari yang sesuai dengan iringan.
·         Membedakan keragaman unsure gerak tari
·         Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
·         Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.     IPS :
·         Ceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
·         Sebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.
2.     IPA :
·         Ceritakan tanda-tanda akan turun hujan
·         Jelaskan keuntungan musim hujan.
·         Sebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba
·         Ceritakan tanda-tanda musim kemarau.
·         Jelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
3.     PKn:
·         Sebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di lingkungan masyarakat.
·         Jelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
·         Sebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat
4.     Matematika :
·         Lakukanlah pengukuran berat dengan satuan tak baku.
·         Bagaimana cara mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung.
·         Bagaimana cara Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak baku.
5.     Bahasa Indonesia :
·         Sebutkan tokoh dalam dongeng
·         Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Bagaimana cara Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Lakukanlah percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Bagaimana cara bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Bagaimana cara membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Bagaimana cara membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Bagaimana cara membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Bagaimana cara membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.     Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Tunjukkan gerak tiruan aktifitas manusia.
·         Pilihkanlah gerakan tari yang sesuai dengan iringan.
·         Bedakanlah keragaman unsure gerak tari
·         Tunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
·         Tunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.

Contoh Lembar Kerja Siswa IPS
Kelompok : ...........................
Anggota :
1.                        .......................
2.                        .......................
3.                        ........................
4.                        ........................
Kalian pernah membersihakan rumah?
Nah sekarang coba tuliskan nama alat kebersihan yang harus disediakan di rumahmu!

No
Alat kebersihan di rumah
Terbuat dari
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10



Contoh Lembar Kerja Siswa  IPA
Kelompok : ...........................
Anggota :
1 .......................
2 .......................
3 ........................
4 ........................
5. ........................

Coba tuliskan tanda- tanda musim hujan dan musim kemarau !
No
Tanda musim hujan
Tanda musim kemarau
1


2


3


4


5



VII. Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A.     Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.      Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar C.     Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melak

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   V Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A. Standar  Kompetensi :              Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun A.     Kompetensi Dasar     Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar B.      Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat                                      -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melakukan kerja sama . c. psikomotor Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi