Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Kesehatan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di
sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.
IPA/ Sains : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa
alam ( cuaca dan musim )
serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
4. Matematika :
Menggunakan pengukuran berat.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan
: Memahami wacana lisan tentang benda-benda di
sekitar dan dongeng.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan
gambar, percakapan sederhana dan
dongeng.
·
Membaca
:
Memahami teks pendek dengan
membaca lancar dan
membaca puisi anak.
·
Menulis
: Menulis permulaan dengan
huruf tegak bersambung
melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan: Mengekspresikan diri melalui karya seni
musik.
Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
·
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku
dalam menjaga kebersihan rumah
2. IPA :
·
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
3. PKn :
·
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
4. Matematika
:
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan berat benda.
1.
Bahasa Indonesia
:
Mendengarkan
·
Menyebutkan isi
dongeng.
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang
disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
2.
Seni Budaya
dan Keterampilan :
·
Menampilkan
gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
·
Menunjukkan
sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
·
Menanggapi
dengan gerakan spontan rangsangan bunyi
I. Tujuan
Pembelajaran** :
Siswa
dapat :
·
Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan
rumah
·
Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.
·
Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan
·
Menjelaskan keuntungan musim hujan.
·
Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim
hujan tiba
·
Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
·
Menjelaskan
perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
·
Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan
di lingkungan masyarakat.
·
Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota
masyarakat.
·
Menyebutkan tata tertib yang berlaku di
masyarakat
·
Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak
baku.
·
Mengukur dan membandingkan berat benda secara
langsung.
·
Mengukur dan membandingkan berat benda dengan
satuan tak baku.
·
Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan
penuh perhatian.
·
Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·
Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng.
·
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi
dongeng.
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bertanya
jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·
Melakukan
percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman
dengan bimbingan guru.
·
Bermain
peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek
dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca
denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan
huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Menunjukkan
gerak tiruan aktifitas manusia.
·
Memilih
gerakan tari yang sesuai dengan iringan.
·
Membedakan keragaman unsure gerak tari
·
Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
·
Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat
dengan ruang.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
1.
Hak
dan kewajiban anggota masyarakat
2.
Lingkungan rumah sehat
3.
Berbagai benda langit dan peristiwa alam.
4.
Satuan pengukuran berat.
5.
Mendengarkan dongeng.
6.
Mengucapkan kalimat berita sederhana.
7.
Percakapan sederhana tentang kesehatan.
8.
Bermain peran.
9.
Membaca wacana sederhana dengan tema menjaga
kebersihan.
10.
Menulis
kalimat sederhana dengan cara dikte.
11.
Menampilakan
tarian diiringi tepuk dan lagu
III. Metoda
Pembelajaran :
1.
Ceramah
2.
Diskusi.
3.
Tanya
jawab.
4.
Demontrasi.
5.
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti
:
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui cerita dan pengalaman siswa
menyebutkan tanda-tanda akan turun hujan.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan
ketika hujan turun.
F Menjelaskan akibat yang kita rasakan bila
bermain hujan-hujanan.
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa
dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku ( klip kertas).
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan tanda-tanda akan turun hujan,
untuk diingat.
F Dengan diawali tanya jawab siswa
menyebutkan kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat terutama yang berhubungan
dengan kesehatan.
F Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan, pelaksanaan, peserta dan
manfaat kerja bakti di daerahnya.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi.
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta
dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( atom hekter)
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran
tak baku.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika,
IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya
bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar yang menceritakan tentang
kegiatan membersihkan rumah.
F Mengamati gambar bagian- bagian rumah dan
menjelaskan cara membersihkannya. ( kamar mandi, halaman, saluran air)
F Menjelaskan manfaat dari menjaga
kebersihan pada bagian rumah tersebut.
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan
dongeng yang akan disampaikan oleh guru. ( Si kancil mengalahkan srigala)
F Menyimak dongeng dengan penuh
perhatian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan
melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng
tersebuit.
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh
dalam dongeng tersebut.
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa
dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku (
penghapus pensil).
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta
dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( pensil yang sama panjang).
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran
tak baku.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, B.Indonesia, IPA)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar
siswa.
F Melalui cerita yang disampaikan guru,
siswa dapat menjelaskan keuntungan bagi petani
bila hujan turun.
F Menyimak dongeng dengan penuh
perhatian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa
dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku (
permen).
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta
dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( kapur tulis )
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan
satuan pengukuran tak baku.
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan
dongeng yang akan disampaikan oleh guru ( Harimau raja hutan yang perkasa)
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan
melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng
tersebuit.
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh
dalam dongeng tersebut.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa
menceritakan kembali tanda-tanda akan turun hujan.
F Melalui diskusi kelompok, siswa mencari
keuntungan lain bila musim hujan turun.
F Melaporkan hasil diskusi.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan
dongeng yang akan disampaikan oleh guru.
( burung jalak sahabat kerbau)
F Menyimak dongeng dengan penuh perhatian.
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan
melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng
tersebuit.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh
dalam dongeng tersebut.
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa
dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku ( uang
logam seratus rupiah.).
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta
dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( uang logam liam ratus rupiah)
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran
tak baku.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui peragaan pengukuran berat, siswa
dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku (
spidol).
F Menyimak dongeng dengan penuh perhatian.
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan
melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng
tersebuit.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan beberapa kali pengukuran berta
dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( krayon)
F Menyebutkan berat benda dengan menggunakan
satuan pengukuran tak baku.
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan
dongeng yang akan disampaikan oleh guru. ( kera dan kura-kura )
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari
tokoh dalam dongeng tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit
( IPS, SBK, B. Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya
bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar yang menceritakan tentang
kegiatan membersihkan rumah.
F Mengamati gambar bagian- bagian rumah dan
menjelaskan cara membersihkannya. ( dapur, ruang makan, kamar tidur)
F Menjelaskan manfaat dari menjaga
kebersihan pada bagian rumah tersebut.
F Mengamati kegiatan manusia ( petani sedang
mencangkul,menanam padi, menyabit rumput, nelayan, polisi mengatur lalu
lintas,dll) melalui VCD..
F Menyimak dongeng dengan penuh
perhatian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memvisualisasikan gerakan manusia (
petani) ke dalam gerakan tari.
F Dengan bimbingan guru, siswa mencari dan
merangkaikan gerakan-gerakan yang meniru kegiatan manusia ke dalam gerakan
tari.
F Mempersiapkan diri untuk mendengarkan
dongeng yang akan disampaikan oleh guru.
( kancil dan buaya)
F Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan
melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng
tersebuit.
F Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
F Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh
dalam dongeng tersebut.
F Menceritakan dongeng dengan
menggunakan bahasa sendiri.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, Matematika, PKn ).
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa
menceritakan kembali keuntungan bila musim hujan tiba.
F Melalui cerita yang disampaikan guru,
siswa dapat menjelaskan kerugian yang menimpa bila musim hujan tiba.
F Menyimak penjelasan guru tentang kewajiban
warga sebagai anggota masyarakat.
F Menjelaskan keuntungan menjaga keamanan di
lingkungan masyarakat.
F Menjelaskan keuntungan menjaga ketertiban di lingkungan
masyarakat.
F Menjelaskan keuntungan menjaga kerukunan di lingkungan
masyarakat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan hal-hal yang dapat mencegah
bencana banjir dan longsor yang sering terjadi pada musim hujan.
F Menuliskan pengalaman tidak menyenangkan
ketikan musim hujan tiba.
F Dengan demontrasi secara langsung
membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat
benda tersebut.
F Melalui contoh-contoh yang disampaikan, siswa dapat menyebutkan
berbagai kegiatan sebagai kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua : 3 x 35 menit
( B. Indonesia, Matematika , IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan
oleh guru ( gambar tunggal yang menceritakan kegiatan menjaga kebersihan dan
gambar seri yang menceritakan tentang
seorang anak yang membuang sampah ke sungai)
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh
siswa.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya
bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar yang menceritakan tentang
kegiatan membersihkan rumah.
F Mengamati gambar bagian- bagian rumah dan
menjelaskan cara membersihkannya. ( ruang tamu, ruang keluarga, ruang belajar )
F Menjelaskan manfaat dari menjaga
kebersihan pada bagian rumah tersebut
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai
dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secara lisan.
F Secara bergiliran siswa menyampaikan
kalimatnya.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar dan
kalimat yang disampaikan siswa lain.
F Dengan demontrasi secara langsung
membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga : 3 x 35 menit
( Matematika, B. Indonesia , IPA
)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung
membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Menjelaskan akibat dari musim kemarau.
F Menjelaskan hal-hal yang dapat mencegah
kekurangan air bersih pada saat musim kemarau tiba.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda tersebut.
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan
oleh guru ( gambar tunggal yang menceritakan kegiatan menjaga kebersihan di
sekolah dan gambar seri yang menceritakan
tentang seorang anak yang membeli makanan di pinggir jalan)
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh
siswa.
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai
dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secara lisan.
F Secara bergiliran siswa menyampaikan
kalimatnya.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar dan
kalimat yang disampaikan siswa lain
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa
menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
F Melalui diskusi secara kelompok, siswa menyebutkan kerugian bila
musim kemarau tiba.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat : 3 x
35 menit ( B. Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak naskah percakapan tentang mencuci
tangan.
F Dengan demontrasi secara langsung membandingkan berat
benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan
intonasi dan lafal yang baik.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan
suara nyaring.
F Melakukan percakapan secara kelompok di
depan kelas dengan diawali pembagian peran.
F Menanggapi dengan positif setiap
penampilan teman.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima : 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung
membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama .
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis
di papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat
benda tersebut.
F Membaca dengan memperhatikan jeda
panjang pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan
lafal yang benar.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam : 3 x
35 menit ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati
gambar/ model alat kebersihan.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama dari tiap alat kebersihan
tersebut.
F Menyebutkan kegunaan dari tiap alat
kebersihan tersebut.
F Menyebutkan tempat alat kebersihan
tersebut digunakan.
F Mendemontrasikan menggunakan sapu,
kemoceng dan lap pel.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa
memilih gerakan yang sesuai dengan iringan.
F Memadukan gerakan yang sudah dirancang
dengan iringan lagu atau musik.
F Menampilkan gerakan tari dihadapan
penonton.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda
panjang pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan
lafal yang benar.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengingat kembali tanda-tanda musim hujan
dan musim kemarau tiba.
F Menjelaskan kembali keuntungan dan
kerugian bila musim kemarau tiba.
F Menjelaskan kegunaan dari tata tertib
tersebut bagi masyarakat.
F Menjelaskan keuntungan dan kerugian bila
mentaati tata tertib tersebut.
F Dengan demontrasi secara langsung
membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara
kelompok.
F Melalui contoh yang disampaikan guru,
siswa dapat menyebutkan tata tertib yang ada di masyarakat.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua : 3 x
35 menit ( B. Indonesia, Matematika ,
IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak penggalan cerita yang tertulis pada buku..
F Membaca dengan memperhatikan jeda pendek
dan jeda panjang pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan
lafal yang benar.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Mengamati
gambar/ model alat
kebersihan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca secara individual, kelompok, atau
klasikal.
F Dengan demontrasi secara langsung
membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang sama .
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat
benda tersebut.
F Menyebutkan nama dari tiap alat kebersihan
tersebut.
F Menyebutkan kegunaan dari tiap alat
kebersihan tersebut.
F Menyebutkan tempat alat kebersihan
tersebut digunakan.
F Mendemontrasikan menggunakan sapu
lidi dan mengangut sampah menggunakan pengki.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga : 3 x 35 menit
(, Matematika, B. Indonesia , IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung
membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang berbeda.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di
papan tulis.
F Membaca dengan memberikan penekanan pada
kata tertentu pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara
klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan
lafal yang benar.
F Menjelaskan kegiatan yang banyak dilakukan
pada musim hujan maupun musim kemarau..
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat
benda tersebut.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan
petunjuk guru.
F Mencari arti dari kata-kata khusus
tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau
klasikal
F Melalui pengamatan, siswa menjelaskan
perbedaan suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
F Menyebutkan jenis pakaian yang digunakan
pada musim hujan dan musim kemarau.
F Menyebutkan makanan yang sering disantap pada musim kemarau
dan musim hujan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat : 3 x
35 menit ( B. Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di
papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari tiap kata.
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar
dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
F Dengan demontrasi secara langsung
membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang berbeda.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi tanda untuk huruf yang harus
menggunakan huruf kapital.
F Menyalin kalimat tersebut dengan huruf
lepas terlebih dahulu.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf
sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima : 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung
membandingkan berat benda dengan menggunakan satuan tak baku yang berbeda.
F Mencatat tiap hasil pengukuran berat.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di
papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari tiap kata.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari selisih dari tiap perbedaan berat benda tersebut.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus
menggunakan huruf kapital.
F Menyalin kalimat tersebut dengan huruf
lepas terlebih dahulu.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf
sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada
kesalahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam : 3 x
35 menit ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati
gambar/ model alat kebersihan.
F Mendemontrasikan menggunakan lap pembersih
kaca, mengelap meja, kursi dan lemari.
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki
bila ada kesalahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama dari tiap alat kebersihan
tersebut.
F Menyebutkan kegunaan dari tiap alat
kebersihan tersebut.
F Menyebutkan tempat alat kebersihan
tersebut digunakan.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa
memilih gerakan yang sesuai dengan iringan.
F Memadukan gerakan yang sudah dirancang
dengan iringan lagu atau musik.
F Menari dengan gerakan berpindah temapat
yang sesuai dengan ruang
F Menampilkan gerakan tari dihadapan
penonton.
F Menyimak kalimat yang didiktekan oleh
guru.
F Melafalkan kalimat yang didiktekan guru.
F Menuliskan ke dalam buku tulis sendiri
kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung..
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
F Memberiakn pujian terhadap siswa yang aktif dalam mengikuti
kegiatan belajar.
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku
Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku
Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku
Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan
- Buku
Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku
Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan
- Buku
Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan.
- Buku
Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga :
o
gambar
rumah sehat dan tidak sehat.
o
gambar
bulan, bintang, dan matahari.
o
benda-benda
kecil, timbangan gantung dari karton.
o
kelereng,
kapur, biji-bijian, bola tenis, bola pingpong,
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan
rumah
·
Menyebutkan peralatan untuk menjaga
kebersihan.
2.
IPA :
·
Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan
·
Menjelaskan keuntungan musim hujan.
·
Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim
hujan tiba
·
Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
·
Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
3.
PKn:
·
Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan
di lingkungan masyarakat.
·
Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota
masyarakat.
·
Menyebutkan tata tertib yang berlaku di
masyarakat
4.
Matematika
:
·
Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak
baku.
·
Mengukur dan membandingkan berat benda secara
langsung.
·
Mengukur dan membandingkan berat benda dengan
satuan tak baku.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru
dengan penuh perhatian.
·
Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·
Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng.
·
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi
dongeng.
·
Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·
Membuat kalimat berdasarkan gambar secara
lisan.
·
Bertanya jawab dengan teman tentang gambar
–gambar tersebut.
·
Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai
dengan tema secara berpasangan
dengan teman dengan bimbingan guru.
·
Bermain
peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
pendek dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca
denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan
guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Menunjukkan gerak tiruan aktifitas manusia.
·
Memilih gerakan tari yang sesuai dengan
iringan.
·
Membedakan keragaman unsure gerak tari
·
Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
·
Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat
dengan ruang.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1.
IPS :
·
Ceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan
rumah
·
Sebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.
2.
IPA :
·
Ceritakan tanda-tanda akan turun hujan
·
Jelaskan keuntungan musim hujan.
·
Sebutkan kerugian yang terjadi bila musim
hujan tiba
·
Ceritakan tanda-tanda musim kemarau.
·
Jelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
3.
PKn:
·
Sebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di
lingkungan masyarakat.
·
Jelaskan kewajiban warga sebagai anggota
masyarakat.
·
Sebutkan tata tertib yang berlaku di
masyarakat
4.
Matematika
:
·
Lakukanlah pengukuran berat dengan satuan tak
baku.
·
Bagaimana cara mengukur dan membandingkan
berat benda secara langsung.
·
Bagaimana cara Mengukur dan membandingkan
berat benda dengan satuan tak baku.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Sebutkan tokoh dalam dongeng
·
Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng.
·
Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·
Bagaimana cara Membuat kalimat berdasarkan
gambar secara lisan.
·
Lakukanlah percakapan/dialog sederhana sesuai
dengan tema secara berpasangan
dengan teman dengan bimbingan guru.
·
Bagaimana cara bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh
yang dibawakannya.
·
Bagaimana cara membaca teks pendek dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
·
Bagaimana cara membaca dengan memperhatikan
tempat jeda pendek dan panjang.
·
Bagaimana cara membaca penggalan cerita dengan
lafal dan intonasi yang benar.
·
Bagaimana cara membaca denag memberikan
penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar
dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf
tegak bersambung.
·
Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Tunjukkan gerak tiruan aktifitas manusia.
·
Pilihkanlah gerakan tari yang sesuai dengan
iringan.
·
Bedakanlah keragaman unsure gerak tari
·
Tunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
·
Tunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat
dengan ruang.
|
Contoh Lembar Kerja Siswa IPS
Kelompok : ...........................
Anggota :
1.
.......................
2.
.......................
3.
........................
4.
........................
Kalian pernah membersihakan rumah?
Nah sekarang coba tuliskan nama alat kebersihan
yang harus disediakan di rumahmu!
No
|
Alat kebersihan di rumah
|
Terbuat dari
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Contoh Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : ...........................
Anggota :
1 .......................
2 .......................
3 ........................
4 ........................
5. ........................
Coba tuliskan tanda- tanda musim hujan dan musim
kemarau !
No
|
Tanda musim hujan
|
Tanda musim kemarau
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
VII. Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas
I
( …………………...………
)
NIP/NIK : …………………
|
Komentar
Posting Komentar