Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Peristiwa
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1.
PKn : Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah.
2.
IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.
IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai dengan dua angka dalam
pemecahan masalah.
5.
Bahasa Indonesia :
R Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan gambar,
percakapan sederhana dan dongeng.
R Membaca
: Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
R Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak
bersambung melalui dikte dan menyalin.
6. Seni
Budaya dan Kerajinan : Mengapresiasi
karya seni musik.
Kompetensi Dasar :
- IPS :
Menceritakan kembali peristiwa penting.
- IPA
Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan.
- PKN :
Menjelaskan hak anak untuk
belajadengan gembira dan didengar pendapatnya.
- Matematika :
Membilang
banyak benda
Mengurutkan banyak
benda.
- Bahasa
Indonesia :
Bebicara
Menceritakan isi
gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengert
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana
yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4
baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan
guru dengan huruf tegak bersambung.
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak
bersambung.
- Seni Budaya
dan Keterampilan :
Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di
alam sekitar.
Menyatakan sikap apresiatif terhadap
unsure rupa pada benda di alam sekitar.
Mengekspresikan diri melalui karya seni
gambar ekspresif.
Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupas dus dimensi dengan teknik menempel.
Tujuan
Pembelajaran** :
Sisawa dapat :
·
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·
Menyebutkan
peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami..
·
Membandingkan
bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·
Menyebutkan
benda yang mudah bergerak.
·
Menyebutkan
benda yang sulit bergerak..
·
Menjelaskan
arti hak.
·
Menyebutkan
hak anak di rumah
·
Menyebutkan
hak anak di sekolah.
·
Menceritakan
pengalaman kasih sayang orang tua.
·
Menyebut
banyak benda
·
Membandingkan
dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama
dengan/
·
Membaca
dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·
Menmgurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·
Membilang
loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bertanya
jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut
·
Melakukan
percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan
dengan bimbingan guru.
·
Membaca
teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Membaca
dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·
Membaca
penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·
Membaca
denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Membaca
puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·
Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam
gerak dan mimic yang sesuai.
·
Menyalin
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Menuliskan
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang
lain.
·
Mengelompokkan
berbagai jenis : bidang, warna, dan
bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan
perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda
di alam sekitar.
·
Memilih
objek alam yang indah dari unsur rupa .
·
Mengungkapkan
perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure rupa pada karya seni buatan sendiri
dan orang lain.
·
Memilih
keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain
·
Menunjukkan
gambar binatangan dan makanannya
·
Mengamati
gambar tunggal atau seri
·
Menceritakan
peristiwa dalam gambar dengan bahasa sendiri.
·
Melakukan
Tanya jawabtentang isi gambar peristiwa seri/ tunggal.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Hak
anak di rumah dan disekolah.
·
Peristiwa
yang pernah dialami
·
Gerak
benda
·
Oprasi
hitung bilangan.
·
Deskripsi
benda
·
Dongeng.
·
Membaca
nyaring
·
Menulis
huruf sambung.
·
Membaca
puisi anak
·
Unsur rupa
·
Apresiasi terhadap unsure rupa.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah
lalu.
Minggu ke 1
B. Kegiatan inti :
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( PKn, IPA, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh-contoh yang disampaikan
siswa mengembil kesimpulan dan membuat definisi dari hak.
F Melalui pengamatan pada model dan
demontrasi dapat menemukan fakta bahwa beberapa bentuk benda mudah bergerak.
F
Melalui
demontrasi siswa membuktikan
bahwa beberapa benda sulit bergerak.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa
menyampaikan pengalaman yang berhubungan dengam hak anak yang pernah
diterimanya.
F Menyebutkan macam-macam hak anak
F Mengelompokkan benda-benda yang mudah
bergerak dan sulit bergerak.
F Menunjukkan benda-benda yang mudah
bergerak dan sulit bergerak.
F Memperhatikan benda-benmda yang sisp
dihitung.
F Membilang banyak benda –benda pada tiap
kelompok.
F Menunjukkan kartu bilangan ( 21 – 30) yang
tepat dengan banyak benda.
F Setiap siswa melakukan pengelompokkan
benda dan membilangnya, lalu menyimpan kartu bilangan yang tepat
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar seri yang menceritakan
tentang peristwa di jalan raya .
F Guru menyiapkan benda yang akan dikelompokkan dan kartu
bilangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar
seri.
F Melakukan tanya jawab seputar isi dari
cerita dibalik gambar.
F Mencari kalimat lain untuk gambar yang
sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa.
F Menceritakan peristiwa yang pernah dialami
yang paling berkesan.
F Memberi pendapat pada cerita yang didengar
dari temannya.
F Mengambil kesimpulan dari cerita yang
didengar.
F Memperhatikan benda-benda yang siap
dihitung.
F Membilang banyak benda pada tiap kelompok.
F Secara berkelompok menunjukkan kartu
bilangan ( 31 – 50 ) yang tepat dan sesuai dengan banyak benda.
F Melakukan permainan ”adu cepat” menyebutkan bilangan yang
sesuai dengan banyak benda.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar seri yang menceritakan
tentang peristwa di pasar .
F Menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar
seri.
F Memperhatikan kelompok benda yang telah
disiapkan oleh guru.
F Mencari data melalui survey di lingkungan
sekolah tentang benda-benda yang ditemukan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tanya jawab seputar isi dari
cerita dibalik gambar.
F Mencari kalimat lain untuk gambar yang
sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa.
F Membuat dua kelompok benda yang tidak sama
banyak.
F Membandingkan tiap kelompok melalui istilah
lebih banyak
F Secara bergiliran siswa membandingkan dua
kelompok benda yang tidak sama banyak
dengan istilah lebih banyak.
F Melakukan diskusi sederhana tentang
contoh-contoh benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
F Mengerjakan lembar kerja, secara berkelompok dengan bimbingan
guru.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 2 x 35 mnt.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar seri yang menceritakan
tentang peristwa di jalan raya .
F Memperhatikan kelompok benda yang telah disiapkan oleh guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar
seri.
F Melakukan tanya jawab seputar isi dari
cerita dibalik gambar.
F Mencari kalimat lain untuk gambar yang
sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa.
F Membuat dua kelompok benda yang tidak sama
banyak.
F Membandingkan tiap kelompok melalui
istilah lebih sedikit
F Secara bergiliran siswa membandingkan dua
kelompok benda yang tidak sama banyak
dengan istilah lebih sedikit.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kelompok benda yang telah
disiapkan oleh guru.
F Membaca naskah percakapan yang terdiri
dari 5 -6 baris yang sesuai dengan tema
dengan intonasi dan pelafalan yang baik.
F Memberikan tanggapan positif
untuk teman yang sudah tampil ke depan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat dua kelompok benda yang tidak sama
banyak.
F Membandingkan tiap kelompok melalui
istilah sama banyak ( sama dengan )
F Secara bergiliran siswa membandingkan dua
kelompok benda yang tidak sama banyak
dengan istilah sama banyak. ( sama dengan )
F Mencoba melafalkan teks percakapan “di
luar kepala”
F Memperagakan percakapan tanpa melihat teks .
F Memberikan penghargaan untuk teman yang tampil memuaskan
dengan memberikan tepuk tangan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit
(IPS, Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang masa kecil
atau tentang peristiwa yang berkesan, siswa termotivasi untuk menceritakan
peristiwa yang pernah dialaminya.
F Membaca naskah percakapan yang terdiri
dari 5 -6 baris yang sesuai dengan tema
dengan intonasi dan pelafalan yang baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara bergilir untuk anak yang mempunyai
keberanian , menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan kepada teman-temannya.
F Siswa lain memberi tanggapan terhadap
penampilan temannya.
F Menceritakan sebuah pengalaman yang
berkesan, atau benda yang disukai.
F Menggambarkan sebuah peristiwa melalui
gambar ekspresi.
F Menceritakan isi gambar dengan bahasa
sendiri.
F Memberi warna yang diaukai dan sesuai dengan
peristiwa atau benda sebenarnya.
F Mencoba melafalkan teks percakapan “di
luar kepala”
F Memperagakan percakapan tanpa melihat teks .
F Memberikan tanggapan positif untuk teman yang sudah tampil ke depan.
F Memberikan penghargaan untuk teman yang tampil memuaskan dengan
memberikan tepuk tangan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( PKn, IPA, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan pada model dan demontrasi siswa dapat menemukan fakta
bahwa beberapa bentuk benda sulit bergerak.
F Memperhatikan bilangan yang diperlihatkan
guru melalui kartu bilangan.
F Membaca nama
bilangan tersebut..
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi kelompok yang sederhana,
siswa mencari informasi tentang hal-hal yang pernah diterima dari orang tua
sebagai hak anak dalam keluarga.
F Melaporkan hasil diskusi di hadapan
teman-teman dan guru.
F Memberikan tanggapan positip untuk setiap
kelompok.
F Melalui demontrasi siswa membuktikan bahwa
benda sulit bergerak karena pengaruh bentuk.
F Mencari penyebab/ pengaruh dari sulitnya suatu
benda bergerak
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara
berkelompok.
F Melalui benda yang diperlihatkan guru,
siswa membilang banyak benda.
F Mencari kartu bilangan yang tepat dengan
banyak benda tersebut ( bilangan 21 – 50 ).
F Melakukan hal yang sama dengan cara
membilang benda dan mencari kartu bilngan yang tepat.
F Menugaskan siswa untuk menentukan banyak
benda dan siswa lain untuk mencari kartu bilangannya.
F Membaca tiap kartu bilangan dengan tepat.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri
dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang
tepat untuk tiap kalimat.
F Memperhatikan bilangan yang diperlihatkan
guru melalui kartu bilangan.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan klasikal dengan suara nyaring.
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang
menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang
menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru
dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara
berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif
bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa
yang masih malu
F Melalui benda yang diperlihatkan guru,
siswa membilang banyak benda.
F Mencari kartu bilangan yang tepat dengan
banyak benda tersebut.
F Membaca nama bilangan tersebut dengan suara nyaring baik
individual maupun klasikal.
F Bilangan yang telah dibacanya dengan benar
ditulis di papan tulis dengan bentuk tulisan yang benar
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri
dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang
tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
panjang .
F Menuliskan di udara bentuk bilangan 21 -
50
F Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca kalimat secara individual,
kelompok dan klasikal dengan suara
nyaring.
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Menyebutkan bilangan yang tepat untuk
jumlah sekumpulan benda.
F Menuliskan bilangan yang sesuai dengan
banyak benda pada papan tulis.
F Mengerjakan latihan menuliskan lambang
bilangan dan membacanya secara individual dan klasikal.
F Melalui pengamatan pada model dan
demontrasi , siswa dapat menemukan fakta bahwa beberapa benda dapat bergerak
dengan bantuan tangan, kaki atau alat lain.
F Melalui demontrasi siswa membuktikan bahwa
benda dapat bergerak karena benda lain.
F Mengerjakan LKS secara berkelompok
F Melaporkan hasil pengamatan dan diskusi.
F
Memberi
penilaian dan penghargaan
pada tiap kelompok.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri
dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang
tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
pendek dan panjang.
F Membaca bilangan – bilangan yang tertulis
di papan tulis.
F Membaca bilangan yang telah disusun secra berurut dari
bilangan yang terkecil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca kalimat secara individual,
kelompok dan klasikal dengan suara
nyaring.
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Menuliskan bilangan secara acak.
F Menyusun ( mengurutkan) bilangan dengan pola yang teratur dari
bilangan yang terkecil dengan benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca bilangan – bilangan yang tertulis di papan
tulis.
F Membaca bilangan yang telah disusun secra
berurut dari bilangan yang terkecil.
F Menyimak penggalan cerita yang ditulis guru.
F Membaca
penggalan cerita
dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun ( mengurutkan) bilangan dengan pola yang teratur dari
bilangan yang terkecil dengan benar.
F Menulis bilangan yang telah berurutan.
F Menunjukkan kata-kata khusus yang
berhubungan dengan tema peristiwa.
F Menuliskan kata-kata khusus pada bauku tulis dan mencari artinya
dengan bimbingan guru.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
( Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa-
Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak penggalan cerita yang ditulis
guru.
F Membaca
penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
F Memajang hasil karya semua siswa,
siswa memberikan penilaian terhadap hasil karya temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan sebuah pengalaman yang
berkesan, atau benda yang disukai.
F Menggambarkan sebuah peristiwa melalui
gambar ekspresi.
F Menceritakan isi gambar dengan bahasa
sendiri.
F Memberi warna yang diaukai dan sesuai
dengan peristiwa atau benda sebenarnya.
F Memberi tanggapan positif ( penilaian dari
guru melalui lisan ) terhadap karya yang bagus.
F Menunjukkan kata-kata khusus yang
berhubungan dengan tema peristiwa.
F Menuliskan kata-kata khusus pada bauku
tulis dan mencari artinya dengan bimbingan guru.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang
menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang
menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru
dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara
berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan
positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi
bagi siswa yang masih malu
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan bahwa yang diterima dari
sekolah merupakan hak anak sebagai siswa pada sekolah tersebut.
F Membaca bilangan – bilangan yang tertulis
di papan tulis.
F Membaca bilangan yang telah disusun secra berurut dari
bilangan yang terbesar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan pada model dan
demontrasi, siswa dapat menemukan fakta bahwa beebrapa benda dapat bergerak
dengan bantuan benda lain.
F Mengerjakan tugas secara individual.
F Menyampaikan hasil tugas.
F Melalui diskusi sederhana dalam kelompok
dan pengalaman , siswa mencari informasi tentang hal-hal yang pernah diterima
dari pihak sekolah ( guru, penjaga, Kepala Sekolah, perpustakaan.
F Mengelompokkan informasi tersebutyang
termasuk hak anak sebagai siswa pada sekolah tersebut.
F Menceritakan pengalaman yang berhubungan
dengan hak anak sebagai siswa.
F Menuliskan bilangan secara acak.
F Menyusun ( mengurutkan) bilangan dengan pola yang teratur dari
bilangan yang terbesar dengan benar.
F Menulis bilangan yang telah berurutan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan puisi yang dibacakan guru
yang diambil dari syair lagu anak-anak yang terdiri dari 5 baris.
F Mendeklamasikan puisi tersebut secara
klasikal dengan intonasi dan lafal yang baik.
F Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang baik, melalui gaya dan mimik yang wajar.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang
menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah
dialaminya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru
dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara
berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif
bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa
yang masih malu
F Menuliskan beberapa bilangan dengan pola
teratur loncat 2.
F Membaca bilangan loncat 2.
F Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat
2 ).
F Melengkapi urutan bilangan loncat 2
dengan benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan puisi yang dibacakan guru
yang diambil dari syair lagu anak-anak yang terdiri dari 5 baris.
F Mendeklamasikan puisi tersebut secara
indiviadual dengan intonasi dan lafal yang baik tanpa melihat buku.
F Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang baik, melalui gaya dan mimik yang wajar.
F Membaca bilangan loncat 3.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara bergiliran tampil ke depan kelas.
F Menuliskan beberapa bilangan dengan pola
teratur loncat 3.
F Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat
3 ).
F Melengkapi urutan bilangan loncat 3 dengan
benar.
F Menuliskan di buku latihan bilangan loncat
3 dengan benar.
F .Melalui pengamatan pada model dan
demontrasi, siswa dapat menemukan fakta bahwa beebrapa benda dapat bergerak
dengan bantuan benda lain.
F Mengerjakan tugas secara individual.
F Menyampaikan hasil tugas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat
yang ditulis di papan tulis
F Membaca kalimat yang ditulis di papan tulis.
F Membaca bilangan loncat 4.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kalimat yang ditulis di papan
tulis dengan menggunakan huruf lepes terlebih dahulu dengan memperhatikan bentuk huruf.
F Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
F Menuliskan beberapa bilangan dengan pola
teratur loncat 4.
F Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat
4 ).
F Melengkapi urutan bilangan loncat 4 dengan
benar.
F Menuliskan di papan tulis bilangan loncat 4
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
(Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca bilangan loncat 5.
F Memperhatikan kalimat yang didiktekan
guru.
F Membaca kembali kalimat yang telah
ditulis, agar terbaca oleh siswa sendiri, dan diperbaiki bila ada kesalahan..
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan beberapa bilangan dengan pola teratur loncat 5.
F Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat
5 ).
F Melengkapi urutan bilangan loncat 5 dengan
benar.
F Mengerjakan soal latihan secara berkelompok.
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan
Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan puisi yang ditulis guru di
papan tulis.
F
Memperhatikan bentuk huruf setiap kalimat..
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan untuk mengenal warna
tambahan, dari paduan warna-warna dasar dengan menggunakan cat air.
F Menyebukan warna baru hasil dari paduan 2
warna dasar yang berbeda.
F Mewarnai bentuk dengan warna tambahan.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus
menggunakan huruf besar.
F Menuliskan puisi tersebut pada buku tulisan dengan bentuk huruf
yang baik dan benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Melakukan tanya jawab dengan pemberian
reeward.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
·
Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD
, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
§ Alat Peraga :
F Aneka benda yang berbeda bentuk dan warna .
F Gambar anak yang sedang berada di rumah,
di sekolah..
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Manik-manik, kelereng, batu-batuan,
kerang.
F Kertas gambar dan pewarna, contoh gambar
ekspresi tentang alam sekitar.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·
Menyebutkan
peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.
·
Membandingkan
bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·
Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
·
Menyebutkan benda yang sulit bergerak.
·
Menjelaskan
arti hak.
·
Menyebutkan hak anak di rumah
·
Menyebutkan hak anak di sekolah.
·
Menceritakan pengalaman kasih sayang orang
tua.
·
Menyebut
banyak benda
·
Membandingkan dua kelompok benda melalui
istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·
Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai
50.
·
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·
Menmgurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·
Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bertanya jawab dengan teman tentang gambar
–gambar tersebut
·
Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai
dengan tema secara berpasangan
dengan dengan bimbingan guru.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
pendek dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca denag memberikan penekanan pada kata
tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·
Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam
gerak dan mimic yang sesuai.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Menuliskan
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh
orang lain.
·
Mengelompokkan berbagai jenis : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga
dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan perasaan tentang objek
imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
·
Memilih objek alam yang indah dari unsur
rupa .
·
Mengungkapkan
perasaan tentang objek
imajinatif yang diamati dari berbagai
unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain.
·
Memilih
keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang
lain
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
·
Sebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·
Sebutkan
peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.
·
Bandingkan
bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·
Sebutkan benda yang mudah bergerak.
·
Sebutkan benda yang sulit bergerak.
·
Jelaskan
arti hak.
·
Sebutkan hak anak di rumah
·
Sebutkan hak anak di sekolah.
·
Ceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.
·
Sebut
banyak benda
·
Bandingkan dua kelompok benda melalui istilah
lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·
Bagaimana cara Membaca dan menulis lambang
bilangan 21 sampai 50.
·
Bagaimana cara Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang
terkecil.
·
Bagaimana cara Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·
Bagaimana cara bilangan loncat 2,3,4,5 dan
lainnya.
·
Bagaimana cara Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bagaimana cara Melakukan percakapan / dialog
sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru.
·
Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
·
Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan
tempat jeda pendek dan panjang.
·
Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan
lafal dan intonasi yang benar.
·
Bagaimana cara Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu
sesuai dengan konteksnya.
·
Bagaimana cara Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·
Jelaskanlah Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam
gerak dan mimic yang sesuai.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar
dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf sambung.
·
Bagaimana cara Bagaimana cara Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak
bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
·
Mengelompokkan berbagai jenis : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga
dimensi di alam sekitar.
·
Bagaimana cara Mengungkapkan perasaan tentang
objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
·
Bagaimana cara Memilih objek alam yang indah dari unsur rupa .
·
Bagaimana cara Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure rupa pada karya seni buatan sendiri
dan orang lain.
·
Bagaimana
cara Memilih keindahan
unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain
|
Bentuk Soal / LKS
PKn
Nama kelompok
:
Anggota kelompok :
...................
...................
...................
...................
...................
Ayo isi bersama-sama daftar di bawah ini, kalian
boleh bertanya pada siapa saja !
Bertanyalah dengan sopan !
NO
|
Hak anak di rumah
|
Hak anak di sekolah
|
1
|
Mendapat kasih sayang
|
Mendapat pelajaran dari guru
|
2
|
....................................
|
...................................................
|
3
|
....................................
|
...................................................
|
4
|
....................................
|
..................................................
|
5
|
...................................
|
..................................................
|
IPA
Setelah kalian melakukan
percobaan sederhana, Ayo kalian isi bersama kelompokmu daftar di bawah ini !
No
|
Benda yang mudah bergerak
|
Benda yang sulit bergerak
|
1
|
bola
|
meja
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
Nama kelompok
:
Anggota kelompok :
1...................
2...................
3...................
4...................
5...................
VII. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas
I
( …………………...………
)
NIP/NIK : …………………
|
Komentar
Posting Komentar