Langsung ke konten utama

RPP Tematik Kelas I ( Peristiwa )


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Peristiwa 
Kelas/Semester    :  I / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                                :  Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah.
2.  IPS                                 :  Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                      :  Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.  Matematika                    :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam  pemecahan  masalah.
5.  Bahasa Indonesia           :
     R Berbicara                   :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara  lisan dengan gambar, percakapan  sederhana dan dongeng.
      R Membaca                  :   Memahami  teks pendek dengan membaca lancar dan   membaca puisi anak.
      R Menulis                     :   Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan :  Mengapresiasi karya seni  musik.

Kompetensi Dasar  :
  • IPS  :
Menceritakan  kembali peristiwa   penting.
  • IPA
Membedakan gerak  benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.
  • PKN :
Menjelaskan hak  anak untuk  belajadengan gembira dan didengar pendapatnya.
  • Matematika :
Membilang  banyak  benda
Mengurutkan  banyak  benda.
  • Bahasa Indonesia :
Bebicara
Menceritakan isi      
gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert
Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
  • Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di alam sekitar.
Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.

Tujuan Pembelajaran**  :
                Sisawa dapat  :
·              Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·              Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami..
·              Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·              Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
·              Menyebutkan benda yang sulit bergerak..
·              Menjelaskan arti hak.
·              Menyebutkan hak anak di rumah
·              Menyebutkan hak anak di sekolah.
·              Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.
·              Menyebut banyak benda
·              Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·              Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·              Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·              Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·              Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
·              Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·              Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut
·              Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru.
·              Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·              Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·              Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·              Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·              Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·              Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·              Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·              Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·              Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·              Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
·              Mengelompokkan berbagai jenis  : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar.
·              Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
·              Memilih objek alam yang indah dari unsur   rupa .
·              Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai  unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain.
·              Memilih keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain
·              Menunjukkan gambar binatangan dan makanannya
·              Mengamati gambar tunggal atau seri
·              Menceritakan peristiwa dalam gambar dengan bahasa sendiri.
·              Melakukan Tanya jawabtentang isi gambar peristiwa seri/ tunggal.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·        Hak anak di rumah dan disekolah.
·        Peristiwa yang pernah dialami
·        Gerak benda
·        Oprasi hitung bilangan.
·        Deskripsi benda
·        Dongeng.
·        Membaca nyaring
·        Menulis huruf sambung.
·        Membaca puisi anak
·        Unsur rupa
·        Apresiasi terhadap unsure rupa.
III. Metoda Pembelajaran :
·        Ceramah
·        Diskusi.
·        Tanya jawab.
·        Demontrasi.
·        Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·        Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·        Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·        Mengumpulkan tugas/ PR
·        Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah lalu.

Minggu ke 1
B. Kegiatan inti   :
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( PKn, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh-contoh yang disampaikan siswa mengembil kesimpulan dan membuat definisi dari hak.
F Melalui pengamatan pada model dan demontrasi dapat menemukan fakta bahwa beberapa bentuk benda mudah bergerak.
F Melalui demontrasi siswa membuktikan bahwa beberapa benda sulit bergerak.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa menyampaikan pengalaman yang berhubungan dengam hak anak yang pernah diterimanya.
F Menyebutkan macam-macam hak anak
F Mengelompokkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
F Menunjukkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
F Memperhatikan benda-benmda yang sisp dihitung.
F Membilang banyak benda –benda pada tiap kelompok.
F Menunjukkan kartu bilangan ( 21 – 30) yang tepat dengan banyak benda.
F Setiap siswa melakukan pengelompokkan benda dan membilangnya, lalu menyimpan kartu bilangan yang tepat 
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang peristwa di jalan raya .
F Guru menyiapkan benda yang akan dikelompokkan dan kartu bilangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar seri.
F Melakukan tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar.
F Mencari kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa.
F Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
F Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.
F Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar.
F Memperhatikan benda-benda yang siap dihitung.
F Membilang banyak benda pada tiap kelompok.
F Secara berkelompok menunjukkan kartu bilangan ( 31 – 50 ) yang tepat dan sesuai dengan banyak benda.
F Melakukan permainan ”adu cepat” menyebutkan bilangan yang sesuai dengan banyak benda.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang peristwa di pasar .
F Menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar seri.
F Memperhatikan kelompok benda yang telah disiapkan oleh guru.
F Mencari data melalui survey di lingkungan sekolah tentang benda-benda yang ditemukan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar.
F Mencari kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa.
F Membuat dua kelompok benda yang tidak sama banyak.
F Membandingkan tiap kelompok melalui istilah lebih banyak
F Secara bergiliran siswa membandingkan dua kelompok  benda yang tidak sama banyak dengan istilah lebih banyak.
F Melakukan diskusi sederhana tentang contoh-contoh benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
F Mengerjakan lembar kerja, secara berkelompok dengan bimbingan guru.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 mnt.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang peristwa di jalan raya .
F Memperhatikan kelompok benda yang telah disiapkan oleh guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar seri.
F Melakukan tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar.
F Mencari kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa.
F Membuat dua kelompok benda yang tidak sama banyak.
F Membandingkan tiap kelompok melalui istilah lebih sedikit
F Secara bergiliran siswa membandingkan dua kelompok  benda yang tidak sama banyak dengan istilah lebih sedikit.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kelompok benda yang telah disiapkan oleh guru.
F Membaca naskah percakapan yang terdiri dari 5 -6 baris yang sesuai dengan tema  dengan intonasi dan pelafalan yang baik.
F Memberikan tanggapan positif  untuk teman yang sudah tampil ke depan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat dua kelompok benda yang tidak sama banyak.
F Membandingkan tiap kelompok melalui istilah sama banyak ( sama dengan )
F Secara bergiliran siswa membandingkan dua kelompok  benda yang tidak sama banyak dengan istilah sama banyak. ( sama dengan )
F Mencoba melafalkan teks percakapan “di luar kepala”
F Memperagakan percakapan  tanpa melihat teks .
F Memberikan penghargaan untuk teman yang tampil memuaskan dengan memberikan tepuk tangan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan,
      Bahasa  Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang masa kecil atau tentang peristiwa yang berkesan, siswa termotivasi untuk menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya.
F Membaca naskah percakapan yang terdiri dari 5 -6 baris yang sesuai dengan tema  dengan intonasi dan pelafalan yang baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara bergilir untuk anak yang mempunyai keberanian , menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan kepada teman-temannya.
F Siswa lain memberi tanggapan terhadap penampilan temannya.
F Menceritakan sebuah pengalaman yang berkesan, atau benda yang disukai.
F Menggambarkan sebuah peristiwa melalui gambar ekspresi.
F Menceritakan isi gambar dengan bahasa sendiri.
F Memberi warna yang diaukai dan sesuai dengan peristiwa atau benda sebenarnya.
F Mencoba melafalkan teks percakapan “di luar kepala”
F Memperagakan percakapan  tanpa melihat teks .
F Memberikan tanggapan positif  untuk teman yang sudah tampil ke depan.
F Memberikan penghargaan untuk teman yang tampil memuaskan dengan memberikan tepuk tangan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu  ke 2
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( PKn, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan pada model  dan demontrasi siswa dapat menemukan fakta bahwa beberapa bentuk benda sulit bergerak.
F Memperhatikan bilangan yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan.
F Membaca nama  bilangan tersebut..
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi kelompok yang sederhana, siswa mencari informasi tentang hal-hal yang pernah diterima dari orang tua sebagai hak anak dalam keluarga.
F Melaporkan hasil diskusi di hadapan teman-teman dan guru.
F Memberikan tanggapan positip untuk setiap kelompok.
F Melalui demontrasi siswa membuktikan bahwa benda sulit bergerak karena pengaruh bentuk.
F Mencari penyebab/ pengaruh dari sulitnya suatu benda bergerak
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara berkelompok.
F Melalui benda yang diperlihatkan guru, siswa membilang banyak benda.
F Mencari kartu bilangan yang tepat dengan banyak benda tersebut ( bilangan 21 – 50 ).
F Melakukan hal yang sama dengan cara membilang benda dan mencari kartu bilngan yang tepat.
F Menugaskan siswa untuk menentukan banyak benda dan siswa lain untuk mencari kartu bilangannya.
F Membaca tiap kartu bilangan dengan tepat.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
F Memperhatikan bilangan yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
F Melalui benda yang diperlihatkan guru, siswa membilang banyak benda.
F Mencari kartu bilangan yang tepat dengan banyak benda tersebut.
F Membaca nama  bilangan tersebut dengan suara nyaring baik individual maupun klasikal.
F Bilangan yang telah dibacanya dengan benar ditulis di papan tulis dengan bentuk tulisan yang benar
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda panjang .
F Menuliskan di udara bentuk bilangan 21 - 50
F Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
F Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
F Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilangan  dan membacanya secara  individual dan klasikal.
F Melalui pengamatan pada model dan demontrasi , siswa dapat menemukan fakta bahwa beberapa benda dapat bergerak dengan bantuan tangan, kaki atau alat lain.
F Melalui demontrasi siswa membuktikan bahwa benda dapat bergerak karena benda lain.
F Mengerjakan LKS secara berkelompok
F Melaporkan hasil pengamatan dan diskusi.
F Memberi penilaian dan penghargaan pada tiap kelompok.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
F Membaca bilangan – bilangan yang tertulis di papan tulis.
F Membaca bilangan yang telah disusun secra berurut dari bilangan yang terkecil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan  klasikal dengan suara nyaring.
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Menuliskan bilangan secara acak.
F Menyusun ( mengurutkan)  bilangan dengan pola yang teratur dari bilangan yang terkecil dengan benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca bilangan – bilangan yang tertulis di papan tulis.
F Membaca bilangan yang telah disusun secra berurut dari bilangan yang terkecil.
F Menyimak penggalan cerita yang ditulis guru.
F Membaca  penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun ( mengurutkan)  bilangan dengan pola yang teratur dari bilangan yang terkecil dengan benar.
F Menulis bilangan yang telah berurutan.
F Menunjukkan kata-kata khusus yang berhubungan dengan tema peristiwa.
F Menuliskan kata-kata khusus pada bauku tulis dan mencari artinya dengan bimbingan guru.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  ( Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa- 
      Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak penggalan cerita yang ditulis guru.
F Membaca  penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
F Memajang hasil karya semua siswa, siswa memberikan penilaian terhadap hasil karya temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan sebuah pengalaman yang berkesan, atau benda yang disukai.
F Menggambarkan sebuah peristiwa melalui gambar ekspresi.
F Menceritakan isi gambar dengan bahasa sendiri.
F Memberi warna yang diaukai dan sesuai dengan peristiwa atau benda sebenarnya.
F Memberi tanggapan positif ( penilaian dari guru melalui lisan ) terhadap karya yang bagus.
F Menunjukkan kata-kata khusus yang berhubungan dengan tema peristiwa.
F Menuliskan kata-kata khusus pada bauku tulis dan mencari artinya dengan bimbingan guru.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 3
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan bahwa yang diterima dari sekolah merupakan hak anak sebagai siswa pada sekolah tersebut.
F Membaca bilangan – bilangan yang tertulis di papan tulis.
F Membaca bilangan yang telah disusun secra berurut dari bilangan yang terbesar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan pada model dan demontrasi, siswa dapat menemukan fakta bahwa beebrapa benda dapat bergerak dengan bantuan benda lain.
F Mengerjakan  tugas secara individual.
F Menyampaikan hasil tugas.
F Melalui diskusi sederhana dalam kelompok dan pengalaman , siswa mencari informasi tentang hal-hal yang pernah diterima dari pihak sekolah ( guru, penjaga, Kepala Sekolah, perpustakaan.
F Mengelompokkan informasi tersebutyang termasuk hak anak sebagai siswa pada sekolah tersebut.
F Menceritakan pengalaman yang berhubungan dengan hak anak sebagai siswa.
F Menuliskan bilangan secara acak.
F Menyusun ( mengurutkan)  bilangan dengan pola yang teratur dari bilangan yang terbesar  dengan benar.
F Menulis bilangan yang telah berurutan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan puisi yang dibacakan guru yang diambil dari syair lagu anak-anak yang terdiri dari 5 baris.
F Mendeklamasikan puisi tersebut secara klasikal dengan intonasi dan lafal yang baik.
F Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi  yang baik, melalui gaya dan mimik yang wajar.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan pengalaman  yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
F Menuliskan beberapa bilangan dengan pola teratur loncat 2.
F Membaca bilangan loncat 2.
F Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat 2 ).
F Melengkapi urutan bilangan loncat 2 dengan benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan puisi yang dibacakan guru yang diambil dari syair lagu anak-anak yang terdiri dari 5 baris.
F Mendeklamasikan puisi tersebut secara indiviadual dengan intonasi dan lafal yang baik tanpa melihat buku.
F Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi  yang baik, melalui gaya dan mimik yang wajar.
F Membaca bilangan loncat 3.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara bergiliran tampil ke depan kelas.
F Menuliskan beberapa bilangan dengan pola teratur loncat 3.
F Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat 3 ).
F Melengkapi urutan bilangan loncat 3 dengan benar.
F Menuliskan di buku latihan bilangan loncat 3 dengan benar.
F .Melalui pengamatan pada model dan demontrasi, siswa dapat menemukan fakta bahwa beebrapa benda dapat bergerak dengan bantuan benda lain.
F Mengerjakan  tugas secara individual.
F Menyampaikan hasil tugas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan  kalimat  yang ditulis di papan tulis
F Membaca kalimat  yang ditulis di papan tulis.
F Membaca bilangan loncat 4.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kalimat yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepes terlebih dahulu dengan memperhatikan  bentuk huruf.
F Menyalin kalimat  dengan tulisan tegak bersambung.
F Menuliskan beberapa bilangan dengan pola teratur loncat 4.
F Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat 4 ).
F Melengkapi urutan bilangan loncat 4 dengan benar.
F Menuliskan di papan tulis bilangan loncat 4
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca bilangan loncat 5.
F Memperhatikan kalimat yang didiktekan guru.
F Membaca kembali kalimat yang telah ditulis, agar terbaca oleh siswa sendiri, dan diperbaiki bila ada kesalahan..
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan beberapa bilangan dengan pola teratur loncat 5.
F Menyebutkan bilangan selanjutnya ( loncat 5 ).
F Melengkapi urutan bilangan loncat 5 dengan benar.
F Mengerjakan soal latihan secara berkelompok.
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan,
      Bahasa  Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan puisi yang ditulis guru di papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf setiap kalimat..
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan untuk mengenal warna tambahan, dari paduan warna-warna dasar dengan menggunakan cat air.
F Menyebukan warna baru hasil dari paduan 2 warna dasar yang berbeda.
F Mewarnai bentuk dengan warna tambahan.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunakan huruf besar.
F Menuliskan puisi tersebut pada buku tulisan dengan bentuk huruf yang baik dan benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Melakukan tanya jawab dengan pemberian reeward.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
·        Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

§  Alat Peraga  :
F Aneka benda yang berbeda bentuk dan  warna .
F Gambar anak yang sedang berada di rumah, di sekolah..
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
F Kertas gambar dan pewarna, contoh gambar ekspresi tentang alam   sekitar.

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
  1. IPS :
·         Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·         Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.
  1. IPA :
·         Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·         Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
·         Menyebutkan benda yang sulit bergerak.
  1. PKN :
·         Menjelaskan arti hak.
·         Menyebutkan hak anak di rumah
·         Menyebutkan hak anak di sekolah.
·         Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.
  1. Matematika :
·         Menyebut banyak benda
·         Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·         Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·         Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·         Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·         Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
  1. Bahasa Indonesia :
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut
·         Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·         Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
  1. Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Mengelompokkan berbagai jenis  : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar.
·         Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
·         Memilih objek alam yang indah dari unsur   rupa .
·         Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai  unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain.
·         Memilih keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
  1. IPS :
·         Sebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·         Sebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.
  1. IPA :
·         Bandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·         Sebutkan benda yang mudah bergerak.
·         Sebutkan benda yang sulit bergerak.
  1. PKN :
·         Jelaskan arti hak.
·         Sebutkan hak anak di rumah
·         Sebutkan hak anak di sekolah.
·         Ceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.
  1. Matematika :
·         Sebut banyak benda
·         Bandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·         Bagaimana cara Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·         Bagaimana cara Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·         Bagaimana cara Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·         Bagaimana cara bilangan loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
  1. Bahasa Indonesia :
·         Bagaimana cara Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bagaimana cara Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru.
·         Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Bagaimana cara Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Bagaimana cara Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·         Jelaskanlah Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Bagaimana cara Bagaimana cara Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
  1. Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Mengelompokkan berbagai jenis  : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar.
·         Bagaimana cara Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
·         Bagaimana cara Memilih objek alam yang indah dari unsur   rupa .
·         Bagaimana cara Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai  unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain.
·         Bagaimana cara Memilih keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain

Bentuk Soal / LKS
PKn
Nama kelompok     :
Anggota kelompok :
...................
...................
...................
...................
...................

Ayo isi bersama-sama daftar di bawah ini, kalian boleh bertanya pada siapa saja !
Bertanyalah dengan sopan !

NO
Hak anak di rumah
Hak anak di sekolah
1
Mendapat kasih sayang
Mendapat pelajaran dari guru
2
....................................
...................................................
3
....................................
...................................................
4
....................................
..................................................
5
...................................
..................................................

IPA
Setelah kalian melakukan percobaan sederhana, Ayo kalian isi bersama kelompokmu daftar di bawah ini !
No
Benda yang mudah bergerak
Benda yang sulit bergerak
1
bola
meja
2


3


4


5


6


Nama kelompok     :
Anggota kelompok :
1...................
2...................
3...................
4...................
      5...................

VII. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Kerjasama


Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1
4
2
1

    3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1






2






3






4






5






6






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Matematika Kelas 5 semester 2 Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   II Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A.     Standar  Kompetensi      :           Memahami sifat – sifat bangun datar dan hubungan antar bangun B.      Kompetensi Dasar  Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar C.     Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat bangun datar persegi dan persegi panjang                                       - membuat gambar persegi dan persegi panjang                                     - menghitung luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melak

RPP Kelas 5 Matematika semester 2 menyebutkan sifat dari bangun datar Belah Ketupat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah                               :   SD Negeri Bontojai Mata Pelajaran                  :   Matematika Kelas/Semester                  :   V/ 2 Pertemuan Ke                   :   V Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit A. Standar  Kompetensi :              Memahami sifat – sifat bangun dan hubungan antar bangun A.     Kompetensi Dasar     Mengindentifikasi sifat – sifat bangun datar B.      Indikator a. kognitif -        Proses    :  -   Menyimak penjelasan guru                       Produk :  - menyebutkan  sifat dari bangun datar Belah Ketupat                                      -  memperlihatkan gambar dan menentukan nama bangunnya         b. afektif                     : Melakukan komunikasi,presentasi, bertanya dan berpendapat                      -Melakukan kerja sama . c. psikomotor Dengan memperlihatkan  macam – macam bangun datar siswa mampu menyebutkan nama setiap bangun

KKM Pkn kelas 4 ( PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM )

  PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM Nama Sekolah             :  .........................................                                                                                                                Kelas/semester          : IV (Empat) 1 ( Satu) Mata Pelajaran           :  Pendidikan Kewarganegaraan                                                                           Tahun Pelajaran                     : 2009/2010 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA PENENTUAN KKM Hasil KKM dalam Aspek KKM % Kompleksitas Daya Dukung Intake Siswa Pemahaman Konsep Penerapan 1.                Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan 1.1.          Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan Pemerintahan kecamatan -         Mengidenifikasi